D.N Aidit

D.N Aidit: Sebuah Pengantar

Memahami peranan D.N Aidit, dalam konstelasi politik Orde Soekarno tidaklah sulit. Aidit dapat kita kenal dalam lembaran sejarah Orde Soeharto sebagai seorang tokoh penting dalam PKI. Selain itu ia dikenal dekat Sukarno dan juga diduga menjadi otak intelektual terjadinya peristiwa G 30 S. Akan tetapi pemaparan Aidit sebagai bagian konstruksi sejarah politik di Indonesia, tentunya agak sedikit menyulitkan. Terutama karena tokoh Aidit selama kurun 32 tahun telah sedemikian rupa didistorsikan sebagai simbolisme negativa ketokohan politik di Indonesia. Sehingga terjadi kesulitan menjelaskan mengenai peran sejarah tokoh ini pada “apa yang ada pada realita historisnya sendiri”.

Walaupun ia adalah tokoh penting dalam kesejarahan Indonesia, seluruh kehidupan D.N Aidit tampak, masih sebagai sebuah teka-teki yang urung terselesaikan. Aidit memulai karir politiknya sejak awal bersama ideology komunis yang diyakininya. Aidit pun mati ditembak oleh sekawanan tentara “Pancasilais”, karena ideologinya yang komunis serta tuduhan makar tanpa adanya proses peradilan.

Tulisan ini sedikitnya ingin berupaya memberi gambaran selintas mengenai sang tokoh. Terutama mengenai perjalanan sejarah tokoh Aidit secara ideologis. Dalam hal ini Aidit dilihat sebagai seorang tokoh penting PKI yang menjalankan arah kebijakan Partai Komunis itu hingga dihancurkan dalam tragedy Gestok. .

Masa Muda Aidit
Soegiarso Soerojo menyebutkan bahwa nama lengkap D.N Aidit sebenarnya bukanlah Dipa Nusantara Aidit yang sebagaimana kita kenal luas. Melainkan nama sebenarnya adalah Djafar Nawawi, anak haji Aidid dari bangka. Tak begitu jelas bagaimana Aidit menghabiskan masa kecilnya, yang pasti sebagaimana anak desa kebanyakan ia bergaul dengan teman sebayanya, setiap sore pergi mengaji dan ketika malam tidur di Surau. Latar belakang demikian, justru memberi jejak asal-muasal yang kontras bagi pribadinya, ketika kelak ia menjadi petinggi partai komunis, yang justru sering dianggap anti-Tuhan.

Ketika menginjak usia remaja, pemuda Aidit pergi merantau ke Jawa. Di Jawa ia berguru kepada tokoh pergerakan islam terkemuka, H.O.S Tjokrominoto. Tjokro, banyak mengajarkan sebuah hal-hal yang selama ini jauh dari ia bayangkan. Kesenjangan antara kelompok kaya-miskin, persoalan kolonialisme dan cita-cita kemerdekaan secara utuh adalah tema-tema pelajaran yang cukup mempengaruhi Aidit. Konon, dari Tjokro-lah Aidit mengenal dan meyakini komunis sebagai ideology politik yang cocok baginya. Patut diingat bahwa dari Tjokro juga lahir cabang gerakan ideology lainnya: Soekarno yang nasionalis dan Kartosuwiryo yang islamis. Sehingga kita dapat saksikan bahwa antara, Soekarno, Kartosuwiryo dan Aidit (baca: Nasakom), sesungguhnya bermuara kepada satu sumber yang sama (?).

Menjelang pecahnya revolusi agustus 1945, Aidit adalah salah seorang tokoh terkemuka pemuda menteng 31. Bersama Chaerul Saleh, Adam Malik, Wikana, A.M Hanafi dan Soekarni, ia adalah tokoh yang cukup aktif dalam menekan tokoh-tokoh angkatan tua untuk mendeklarasikan proklamasi.

Seusai proklamasi, sehubungan dengan anjuran berdirinya partai-partai akibat maklumat X Hatta maka berdirilah Partai Komunis Indonesia (PKI). sifat kepemudaan yang revolusioner serta ideology partai yang dianggap sepaham dengan keyakinan individualnya, membawa Aidit memasuki Partai Komunis Indonesia tersebut. Peran Aidit dalam partai, antara 1945 hingga dihancurkannya PKI dalam peristiwa Madiun 1948 tidaklah begitu banyak. Tak begitu dikenal bagaimana kehidupan Aidit antara masa-masa ini, selain daripada ia dicatat sering menghadiri rapat-rapat yang diadakan PKI. Yang pasti, ketika PKI dihancurkan pada 1948, Aidit berhasil lolos dari kejaran tentara Hatta dan kemudian menyingkir keluar negeri guna menimba ilmu (Peking?).

Aidit, PKI dan Demokrasi Terpimpin
Ketika kembali ke Indonesia pada awal 1950-an. Situasi Indonesia sudah sejak jauh berbeda. Sukarno membuka pemahaman rekonsiliasi terhadap seluruh komponen yang ada dalam kehidupan bernegara dari kelompok ideology manapun, untuk mempertahankan bersama keutuhan dan kemerdekaan negeri ini dari rongrongan neo-kolonialisme dan imperialisme (Nekolim). Anjuran Sukarno tersebut, membuka ruang bagi tokoh-tokoh PKI muda untuk membangun kembali organisasinya. PKI yang sempat dibangun oleh tokoh tua, Alimin dan Pono. Kemudian berhasil direbut oleh tokoh yang lebih muda: Aidit, Nyono, Waluyo dan lain lain. Jabatan tertinggi dalam kepartaian yaitu Sekretaris Djendral dipegang oleh D.N Aidit.

Dibawah pimpinan D.N Aidit, PKI mulai menggalakkan kembali membangun kinerja organisasinya. PKI menjelaskan kepada komponen bangsa lainnya bahwa partainya adalah partai kader yang mengedepankan Indonesia yang bermartabat. Aidit amat rajin membangun organisasinya secara sistematis, dengan masa garapannya meliputi masa tani dan buruh terutama yang berasal dari status sosial menengah-kebawah. Secara khusus Aidit menyebut partainya sebagai partai ploretariat, partainya rakyat banyak. Untuk membela partainya terhadap cemoohan peristiwa madiun 1948. Aidit kemudian menulis pembelaan partainya lewat tulisan Menggugat peristiwa Madiun, sebuah tulisan yang isinya menyebutkan bahwa saat itu PKI adalah pihak yang diprovokasi oleh Hatta dan menjadi korban (bukan pelaku!).

Lewat pola pengorganisasian yang rapi dan terkoordinasi, PKI dengan cepat dapat memperluas keanggotaannya. Terlebih, ketika itu PKI adalah satu-satunya partai yang selalu mengambil bagian terdepan untuk membela kepentingan masyarakat yang termarjinalkan, sebagaimana issue land reform yang menjadi issue utamanya pada era 60-an. Selain itu dukungan secara tidak langsung Sukarno terhadap partai ini, membuat daya tarik sendiri bagi masyarakat luas. Secara garis besar dukungan atau simpati Sukarno tampak, karena PKI lah satu-satunya partai yang terdepan dalam mendukung setiap kebijakan presiden.
Aidit, pada akhirnya terbujuk untuk berpartisipasi melakukan kolaborasi dengan Sukarno. Ada kesan bahwa Aidit telah terbentur kepada kepentingan pragmatis (yang tergesa-gesa) untuk membangun partai. Secara ideologis, Soekarno atau PNI merepresentasikan basis kepentingan borjuasi nasional yaitu kelompok priyayi jawa-abangan, yang dalam teoritisi marx termasuk dalam kelompok lawan yang harus dihantam. Dengan demikian, terjadi perselingkungan ideologis Aidit terhadap Marx, karena Aidit bertindak bersekutu dengan kelompok non-ploretar. Aidit tentu saja memiliki sandaran argumentasi ideologis pada basis teori Lenin mengenai revolusi dua tahap yaitu melawan imperialisme dan kapitalisme. Untuk sementara dalam melawan kekuatan Nekolim maka kompromi dengan kekuatan borjuasi nasional dibolehkan, demikian interpretasi Aidit.

Secara meyakinkan apa yang dilakukan Aidit menuai keberhasilan dalam PEMILU 1955. PKI dibawah Aidit telah membuktikan bahwa partainya menjadi salah satu dari empat kekuatan besar di Indonesia, mengalahkan PSI Sjahrir, IPKI-nya Nasution atau Murba warisan Tan Malaka. Hasil ini secara meyakinkan kembali meningkat dalam PEMILU 57, dimana didaerah jawa PKI mendapat suara peringkat pertama mengalahkan PNI, NU dan. Masjumi.

Hasil ini membuat Sukarno memaksa partai lain bahwa diperlukannya strategi pembangunan tiga kaki yang berlandaskan pada ajaran Nasakom. Untuk itu PKI sebagai bagian kekuatan empat besar, kiranya berhak untuk menduduki kursi dalam pemerintahan. Sebuah tawaran yang kemudian mendapat tanggapan sengit dari pihak islam (NU dan Masyumi). Padahal maksud Sukarno untuk memasukkan PKI dalam pemerintahan, justru secara ekonomis, sangat tidak menguntungkan partai. Sukarno ingin memaksa PKI turut bertanggung-jawab dalam pemerintahan. Sehingga PKI kelak tidak memiliki alasan untuk melakukan aksi makar atau aksi pemogokan buruh, yang dapat merugikan atau mengurangi kewibawaaan pemerintah. Ketika pada akhirnya PKI dimasukkan dalam struktur kabinet, hasil ini terlihat, karena PKI tidak diberikan kursi kabinet yang singnifikan atau menguntungkan secara ekonomi.

Menjelang 65, kekuatan PKI dan Aidit, bisa dikatakan sudah berada diatas angin. Musuh ideologis yang non-kompromis terhadap mereka yaitu PSI, Masyumi dan Murba sudah dibubarkan. Dengan demikian jalan perebutan kekuasaan secara kompromis lewat parlemen yang legal, amat terbuka lebar bagi PKI. Apalagi saat itu Presiden Soekarno bertindak seakan-akan pelindung bagi PKI. Baik itu lewat konsepsi revolusi dua tahapnya, ataupula lewat proyek Dwikora dan konfrontasi dengan blok kapitalis yang semakin menjadi-jadi.

Posisi PKI yang saat itu sudah amat diuntungkan, akhirnya berakhir dengan peristiwa G 30 S. Peristiwa G 30 S yang diduga atau dituduhkan dilakukan oleh PKI, anehnya justru berdampak buruk bagi perkembangan PKI sendiri. Peristiwa ini menjadi alasan bagi penghancuran serta pembunuhan terorganisir kader dan simpatisan PKI oleh tentara. Dan terbesar tentunya bagi pemarjinalan secara politis PKI dari panggung politik di Indonesia untuk selamanya.

Aidit sebagai tokoh nomer wahid PKI, tak lepas dari proses penghancuran itu. Walau keterlibatannya tidak secara jelas dapat dibuktikan oleh lembaga peradilan -karena semuanya masih samar-. Tokoh kemerdekaan dan pembangunan Indonesia yang demokratis-kerakyatan itu, akhirnya harus merelakan darahnya menjadi tumbal bangsanya ditangan tentara pancasila. Aidit harus rela menyusul amir Syarifuddin, Maruto Darusman, Musso, orang-orang yang menjadi panutan dan telah mendahuluinya ditangan tentara. Ada orang yang bergembira atas kematiannya, ada juga yang menangisinya.

About these ads

114 thoughts on “D.N Aidit

  1. Saya sangat mengagumi PKI sebagai partainya rakyat kecil. PKI hancur berantakan di tangan orang2 yang berkedok agama yang Ber TUHAN. ideologi komunis bukan menentang Tuhan tapi tetap menghormati Tuhan.

    • ku sejtuju banget,,,,, ku malah komunis pengen hadir pesat di indonesia….. biar bs maju negaraku,,,, kayak rusia dan cina,,,,,,, biar america takut ato setidak nya menghormati indonesia,,,,,,,,
      ngak malah di kuras oleh nya,,,,

      • PKI KAMBING HITAM…coy…secara hukum PKI blm trbukti slama ini hnya scara KEKUASAAN ORDE-BARU,Pikiran anda hasil dri sejarah REKAYASA ORDE-BARU,SEJARAH PESANAN”NEKOLIM”.TARGET NEKOLIM mmbunuh 1)Ahmad Yani 2)Bung karno 3)D.N Aidit,krn k 3 tokoh ini sangat ANTI NEKOLIM,Anda pljri..stiap PMIMPIN NEGARA yn anti NEKOLIM akn dihncurkn/dibunuh dgn mnghalalkn sgl cara mlalui ANTEK2/KAKI-TANGAN nya.Contoh:Bung karno,Saddam husein dll

  2. Logikanya diseluruh negara yang demokratis PKI itu tetap ada dan ikut pemilu seperti di Italia,Perancis dll walau jarang menang tapi kalau partai sudah berontak itu namanya makar.Mungkin eyang Aidit salah perhitungan karena Embah Karno udah sakit-sakitan dan jaman itu enggak ada pemilu kapan PKI bisa menang?? sehingga kegiatan makar dilakukan. Kalau PKI hidup lagi di Indonesia dengan nama lain dan ikut pemilu menang enggak yaa….?

  3. menggabungkan nasakom dalam satu wadah adalah konyol, seperti mencampurkan air dan minyak. negara kita adalah negara yang berketuhanan yang maha esa tentu tidak bisa menerima komunis sebagai salah satu ideologi yang diyakini. kembali saja ke UUD 45 sebagai sumber hukum dinegara ini. pengkhianat adalah pengkhianat berapa kalipun kesempatan yang diberikan dia akan tetap berkhianat.

    • saya tidak setuju dengan konsep yg anda utarakan …berarti anda tidak bisa memahammi apa itu ideologi partai dan ideologi negara…jelas komunis bukan ideologi yg anti tuhan ..bahkan Marx sendirpun penganut katolik…D.N aidit juga muslim…jadi yg benar Komunis itu menghormati agama para penganutnya,bukan memaksa pengnutnya untuk memeluk satu agama..in yg di sebut demokrasi yg sesunggunya bahkan anggota yg tidak bertuhan pun tidak jadi masalah..karena itu urusan pribadi anggota…jelas BUNG….belajar Marxis biar tahu….biar nggak menyalakan komunis komunis lahir dari rakyat miskin ingat itu…

    • agama itu urusan antara perorangan dan tuhan,
      klo urusan dunia …….atau ekonomi khusus’y,
      tinggal pilih,
      kapitalisme liberal ato komunisme,

      nasakom saat itu presiden loh yg bikin kebijakan,
      klo mendukung kebijakan presiden yg notabene’y kepala’y pemerintahan apa itu memberontak ??

      binggung kan ?
      belajar lg deh bareng bareng,

      yg jelas agama bukan bahan perdebatan,
      ndak ada habis’y.

  4. kalau PKI tetap berkuasa kita semua akan tidak akan mempunyai semangat untuk menjalani hidup, karena prinsip kesamarataan di dalam rakyat. dan tidak akan ada energi yang berputar di dalam masyarakat.
    monoton,
    semua dilarang, dari pers, media, diisolasi dari dunia luar, penggunaan elektronika luar dilarang. lihat saja korea utara, laos, kamboja, kuba. yang masih komunis konservatif. dan china yang selalu melanggar HAM terhadap rakyatnya.

    • anda memahami komunis terlalu dangkal ..sehingga beranggapan semua rata..yg di maksud rata di sini adalah mendapatkan pelindungan dari negara secara sama baik itu miskin atau kaya..semua mendapatkan perlindungan yg sama bahkan hukum yg sama..tidak seperti sekarang dimana orang kaya tidak tersentuh hukum..sedangkan yg miskin mencuri makanan saja di hukum..pikiran itu..

      • komunisme harus di hancurkan di negara indonesia karena tidak sesuai dengan masyarakat indonesia kita harus mengawasi gerakan gerakan komunisme yang baru .karena mereka masih mau membuat negara indonesia komunisme ,

  5. tidak ada organisasi yang besar tanpa dipimpin oleh orang “BESAR” dan PKI adalah partai besar yang pernah kita punya, yang dipimpin oleh orang “BESAR” tentunya.
    dan hanya orang yang berhati”BESAR” yang bisa menerima besar semacam itu.

    seberapapun banyaknya orang yg mengecam ‘KAMU’ tapi hanya ‘KAMU’ yang mampu memperjuangkan hak rakyat menjadi NYATA.

    doa seluruh rakyat jelata indonesia menyertaimu,yang akan mengangkatmu ke SURGA.

  6. Aidit engkau korban sebuah sejarah , tumbal permainan politik . Sang sutradara menharapkan engkau hanya memerankan kesuksesan sesaat tetapi salut atas keajegan pendirian hingga engkau dijemput ajal . soeharto dalang dari semua ini sampai kapanpun namamu tertera dihati pejuang-pejuang PKI sebagai hitlernya indonesia

  7. great people and great spirit….tapi itulah kehidupan..akibat nila setitik rusak susu sebelanga…perjuangan yang telah diperbuat seakan sirna oleh dosa sekejap mskipun kita gak tau…berdosa kah dia….atau hanya terjebak dalam lingkaran setan arus POLITIK…???? Tapi perlu diingat, SEJARAH ADALAH MILIK JENDERAL YANG MENANG.Yang kalah, meskipun benar tetap saja disalahkan.

  8. Beberapa waktu terakhir sy tertarik pada masalah seputar G 30 S/PKI. Kita merayakan kesaktian Pancasila setiap tahun tapi kebenaran yg melatarbelakangi hari yg kita peringati itu sampai saat ini masih saja tidak jelas. Tragedi itu memang perlu kita maafkan tapi sejarah harus tetap ditulis demi sains dan bangsa ini.
    BTW, saya ingin tahu banyak mengenai D.N.Aidit, ada yg bisa membantu saya cari source-nya?

  9. komunisme hanya akan berhasil bila pemimpinnya malaikat (tidak memiliki hawa nafsu).

    BTW. sekedar mengetahui saja, bahwasanya PKI pernah ada dan pernah menjadi partai mayoritas di Indonesia, tanpa mempercayai sejarah yang beredar (sejarah adalah alat propaganda pemerintah yang sah oleh karena itu sejarah selalu berubah-2)

    In Indonesia We know :
    “Today Hero, Tommorow Villain”

  10. jikalau saat ini kita bisa berbicara dengan arwah D.N Aidit, maka dia akan sangat marah besar karena bangsa ini sedang menuju kehancuran, karakternya sudah diambil bangsa lain bahkan diperkosa bangsa sendiri. semuanya hanya harapan dan mujizat saja yang dapat memperbaiki keadaan bangsa indonesia.
    Bhineka tunggal ika sekarang berubah nama menjadi ” Bhineka Tinggal Aku “. saya sangatn sedih melihat bangsa ini…….!!!

    D.N. Aidit engkau bagian dari sejarah bangsa ini dan perjuanganmu masih kami lanjutkan

  11. Meskipun dengan cara yang berbeda & sempat menjadi Kambing Hitam Revolusi,Kau tetap Pejuang Bangsa,yang berjuang demi rakyat.
    Tabir tetap akan terungkap,kelak rakyat akan mengerti siapa Kau sebenarnya.
    Satu D.N Aidit telah gugur,tapi beribu-ribu D.N Aidit akan terus lahir untuk Indonesia.
    D.N Aidit,namamu akan selalu dikenang.

  12. guys..kl ada yg punya info tentang DN Aidit, please share ma aku ya. aku pengen bgt dapet info yg detil bgt soal aidit. setauq adiknya DN Aidit, murad aidit, udah meninggal. murad aidit tu adiknya DN Aidit yg tinggal di indonesia.

    please share to me everything about DN Aidit.

    thank you

    • Dasar Goblok ..asal cuap….baca dulu artikel tentang komunis…tuh di google berserakan artikelnya…
      TIDAK SEMUA KOMUNIS ATHEIS!!!! HAJI MISBACH SALAH SATUNYA…DASAR GAK BERPENDIDIKAN GOBLOK !!! NEKOLIM !! ANTEK IMPERIALIS !!!

    • kayaknya anda perlu sekolah lagi deh,…!!! Komunis sebetulnya tidak identik dengan anti Tuhan,..itu propaganda ORBA saja,…aidit anak seorang haji,..dan pernah belajar pada Haji Oemar Said Cokroaminoto,..

  13. Saya adalah orang awam tidak banyak tau politik. saya hanya prihatin dengan orang-orang yang terkutubkan hanya karena nama tanpa mau melihat substansinya. saya tidak tau banyak tentang komunis dan PKI itu sendiri, yang saya tau hingga saat ini “PKI” dicap sebagai sekelompok anti tuhan yang juga berperilaku kasar (baca-memaksakan kehendak).
    namun yang jadi pertanyaan besar saya adalah bagaimana hal-nya dengan rentetan kejadian yang terjadi akhir-akhir ini pada bangsa ini dengan banyaknya pertikaian-pertikaian yang kalau dirunut berujung pada suatu kesimpulan pada pemaksaan kehendak. apakah kelompok tersebut bukan termasuk golongan “PKI” yang berkedok atas nama Tuhan. dan jangan-jangan nama Tuhan ini oleh orang-orang yang disebut terakhir digunakan sebagai kedok untuk menutupi kesombongan, keserakahan dan nafsu dari hati yang rapuh. Padahal Tuhan sendiri (bagi yang merasa bertuhan) tentunya menjadikan sesuatu kondisi itu untuk bisa hidup berdampingan secara damai untuk menjalankan peran masing-masing sesuai tugasnya dilahirkan dimuka bumi untuk meraih ridho-Nya, bukan atas dasar pamrih sesama manusia.
    sebagai penutup, se-Orang Besar tidak minta untuk dikenang, namun cukup dengan melihat bangsanya menjadi besar, makmur dan bermartabat seperti seharusnya kehidupan dunia ini diciptakan.

  14. buat orang2 yang bilang pki itu anti tuhan,
    masuk tk dulu sana… belajar baca!
    biar gak buta dan goblok2 amat!!! jd bisa bedain arti anti tuhan dengan pemahaman.

  15. jadi begini menurutku sebagai orang bingung,aku merasa kebingungan dan kekaguman adalah wilayah yang hampir sama letak kesamaanya ada pada sama-sama gak ngerti PKI,tetapi menurutku siapapun orangnya yang mau menjustifikasi bahwa PKI tak bertuhan itulah namanya Pemuda/pemudi kurang Informasi(plesetan PKI)dengan semangat Ilmiah,objektif dan akademis mari bersama kita belajar sejarah bangsa kita,berusaha memahami sedikit arti Penting dari filsofi komunis itu,biar jangan kblinger mendefinisikan…..Aidit adalah aktor demokrasi indonesia peletak dasar intelektual kiri pro Rakyat/”el paublo unido hama siera fencido.

  16. jika memang engkau (aidit)tidak melakukan pemberontakan ditahun 1965, maka berikan petunjuk pada ahli warismu untuk memperjuangkan kebenaran itu. dan apabila kau melakukannya maka apa keterkaitanmu dengan Mayjen Soeharto?

  17. Saya senang sekali dengan tulisan Kawan New Historian. Baik Aidit maupun PKI mengusung panji perjuangan yang berkomitmen kerakyatan. Kalau pun benar ia melakukan avonturir politik bersama Sjam yang bermuara pada penghancuran PKI, Aidit tetap orang besar. Perihal pelabelan “ateis” kepada PKI (dan dengan demikian tidak boleh hidup di bumi Pancasila), menurut pendapat saya menunjukkan betapa berhasilnya propaganda hitam musuh-musuh PKI (dan Bung Karno) yang kemudian kita kenal dan alami sebagai Orde Baru. Perlu juga dipikirkan cara berpikir ini: PKI = komunis = ateis = biadab. Kelihatannya benar, tapi tidak sahih. PKI memang komunis, tapi praksis komunis bervariasi sehubungan dengan konteks sosio-historis masyarakatnya. Berdasarkan materialisme-dialektik, komunisme (Marxis-Leninis) memang ateis, tapi seorang komunis tidak harus ateis. Ini pernah dikemukakan Lenin dlm “Socialism and Religion” (1905). Lalu, ateis tidak niscaya biadab. Motivasi kebanyakan Marxis terkemuka adalah keberpihakan pada kaum miskin-tertindas. Memang ada juga yang kiprahnya tidak berperikemanusiaan. Tapi itu bukan konsekuensi logis dari ateismenya. Bukankah tidak sedikit pula kekerasan bahkan kebiadaban dilakukan oleh orang-orang bertuhan dengan mengatasnamakan Tuhan? Sedikit catatan untuk Kawan New Historian, “priyayi abangan” belum tentu tepat digolongkan ke dalam klas burjuasi-nasional. Klas burjuis mempunyai kepemilikan, kontrol, dan akses thd alat-alat produksi massal. Burjuasi nasional adalah mereka dari klas burjuis yang menuntut kedaulatan nasional sepenuhnya. Pada zaman BK jumlahnya belum banyak (mungkin sekarang juga). Sedangkan “priyayi-abangan” tergolong klas feodal, namun di antara mereka berpandangan nasionalistik. Sedangkan “Teori Dua Tahap Revolusi” sebenarnya bukan ajaran Lenin. Mula-mula ini merupakan ajaran kaum Menshevik, yang justru ditentang Lenin. Beberapa orang dari kaum Bolshevik, misalnya Stalin, rupanya setuju dengan ajaran tersebut. Setelah Lenin wafat, Stalin meresmikan ortodoksi “Marxisme-Leninisme”, yang secara ironis mengikutkan ajaran tentang Teori Dua Tahap Revolusi. Teori ini berkali-kali membawa malapetaka bagi klas buruh: Tiongkok (1927), Sudan (1967), termasuk Indonesia (1965-66). Dalam pada itu, saya berterimakasih kepada Kawan New Historian. Teruskan berbicara tentang sejarah yang bukan bikinan penguasa. Ya, sejarah yang membebaskan!

  18. PKi adalah partai yang berlandaskan komunis tapi kami tidak setuju, karena itu adalah urusan dunia saja. kami setuju klo ideologi di indonesia ini adalah nasionalis islamic karena islam mengajarkan kesejahtraan yang menyangkut kehidupan masyarakat . lenin adalah tokoh komunis dan aidit adalah pengikutnya. tapi tokoh saya adalah nabi muhammad beserta pengikutnya karena dia yang mengajarkan masyarakat,aqidah, ekonomi dan klo di laksanakan dunia akan tentram dunia dan akhirat.amin

    • berkaca pada negara2 Timur Tengah yg berlandaskan Islam tidak pernah damai dan jauh dari makmur..perbedaan aliran saja saling bermusuhan,…ingat bung dari sabang sampai merauke,…beratus – ratus suku,..dan beragam agama dan kepercayaan,.,..emang Indonesia milik orang Islam doang,…terus yg lain di kemanain,..???? pemahaman anda sempit,..dan rasis,..!!!!

      • jgn samain negara indonesia sama arab,negara arab seperti itu karna …….loe tau sendiri yg suka adu domba siapa,toloooong jgn bawa2 agama yaaaah,jgn2 loe termasuk orang yg suka adu domba agama nih……….

    • Berarti pemahaman anda tentang agama masih sangat dangkal…!! Anda perlu belajar banyak tentang keTuhanan dan agama…Saya juga orang Islam tapi tidak pernah menentang ajaran agama lain..

  19. PKI=GOLKAR.Fuck buat 2 organisasi keparat ini yg punya ambisi THE MAYORITY.FUCK DN.AIDIT..FUCK MUSO..FUCK LOEKMAN..FUCK NYOTO..FUCK SOEHATO..FUCK SOEDARMONO..FUCK HARMOKO..FUCK AKBAR TANJUNG..FUCK JUSUF KALLA..FUCK KELUARGA CENDANA!!!!!Bangsa ini gak butuh manusia2 macam kalian!Orang2 yang muji2 PKI adalah manusia2 tolol yg belagu melek sejarah!!!Orang2 yg menyanjung2 GOLKAR adalah manusia2 OPORTUNIS yg gak mau tau penderitaan sodara2nya yg tertindas!!!FUCK KALIAN SEMUA!!!!!!!

  20. PKI besar terutama di Jawa karena slogannya bro…”Tanah milik Negara maka semua orang berhak untuk menggarapnya, sehingga harus gantian jangan terfokus pada satu orang”, makanya muncullah istilah kafir2 besar salah satunya tuan tanah. Kakek dan nenek saya yang muslim yang bukan tuan tanah juga ikut jadi korban kekejaman PKI. Siapa bilang PKI menghargai agama… pada saat pementasan drama oleh generasi muda PKI mengambil judul “Matinya Tuhan” sebagai sindiran kepada saudara2 sebangsa kita dari agama nasrani. Jangan beri kesempatan hidup bagi organisasi yang ateisme……ganyang sampai tuntas.

    • Tanah milik Negara,semua orang berhak menggarap,hingga tidak terfokus pada satu orang dan berkeadilan,bukankah itu jg seperti amanah UUD45,tanah,air,udara milik semua rakyat dan dipergunakan sepenuh penuhnya utk kemakmuran rakyat. bukannya memang harusnya seperti itu, tp amanah yg dikhianati penguasa sekrang ini…bukankah dlm islam Allah Swt.dlm firmannya jg tidak suka dgn org2 yg serakah n suka berlebih lebihan.,bagi org2 yg menghamba pada dunia semata tanpa mau tau penderitaan org lain,seluruh waktunya habis untuk bersenang2 dan mengumpulkan uang utk dirinya sendiri seperti tuan tanah,kaum pemodal/kapitalis,berarti dia itu menyembah hartanya dan bukan Tuhan,karna yg dia lakukan bertentangan dengan ajaran2 Tuhan,salahkah sindiran drama mereka tentang matinya Tuhan..???

  21. PKI tidak punya sumber yang jelas dalam ajarannya. Apa sumber ideologi mereka? PKI hanya meminjam-minjam ideologi daRI Soviet (kini sudah runtuh), dari Lenin.
    Islam, sebagai rahmatan lil alamin punya sumber yang jelas: Quran dan sunnah. Kenapa sibuk (mencari) pedoman dan sumber keselamatan, padahal Allah Azza wa Jalla telah memberikannya kepada kita. Ambilah kedua kitab itu sebagai pedoman. Sumber keselamatan.
    Rasulullah saw seorang penggembala
    Rasulullah saw seorang pedagang, saudagar, bussinesman
    Rasulullah saw seorang guru
    rasulullah saw seorang suami, ayah bagi anak2nya
    Rasulullah seorang negarawan, juga Rasulullah seorang pemimpin, seorang kepala negara
    rasulullah seorang panglima perang
    Rasulullah seorang Presiden……
    Mau cari panutan yang mana lagi?
    Anda mau ke WC untu kencing? ingin buang air besar, ingin makan ? ingin bertetangga, ada mau apa? Allah dan Rasul-Nya sudah mengaturnya sejak 15 abad yang lalu, sebelum DN Aidit lahir.
    Islam dan Rasulullah sudah mengajarkan bagaimana caranya masuk WC, dan sekaligus bagaimana caranya menjadi pemimpin, menjadi presiden. Rasul telah mencontohkan. jadi kalian mau cari sumber yang mana lagi? Mau cari apa lagi?
    Islam adalah agama dan negara sekaligus…
    Jadi, kalian mau kencing saja diatur dalam Islam. Apalagi mau belajar ngurus negara. Islam adalah solusi.

      • wah.. anda membaca tulisan saudaraku abdul ma’ruf secara sepotong-2 dong….
        Rasulullah SAW adalah contoh yang sempurna… dan jika ente claim kolot, bukankah pada zaman Umar bin Khattab memimpin penemuan-penemuan cabang pemerintahan, ekonomi, jizyah, PERDA terus diperbaharui?

    • justru ideologi islam tidak tepat di terapkan sebagai ideologi negara karena negara kita bermacam-macam agama…maka dari itu bungkarno menciptakan pancasila yg menjembatani semua ideologi yg ada..dalam haluan manipol usdek dan nasakom yg merupakan sari pati ancasila…yg jika disederhanakan lagi akan menapakan ketuhanan yg maha esa…lebih jelasnya BACA BUKU “DIBAWA BENDERA REVOLUSI “karya BUNGKARNO…biar yg mengaku pancasilain tidak GOBLOK _GOBLOK amat…

  22. Aidit itu adl satu tokoh yg beranggapan bwh komunis satu – satunya cara untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan rakyat untuk Indonesiayg maju dan tanpa kemiskinan. Tetapi sebagai seorang manusia yg ketimuran dia tidak berpikir yg rasional sehingga perhitungannya akan PKI yg berkuasa setelah Soekarno mangkat adalah salah satu contoh pemikiran yang salah . Dimana dia harus berpikir rasional dan mempelajari banyak hal dari filsafat barat dan tidak hanya mempelajari hal – hal dari Uni Soviet. Dan Buat saya secara pribadi D.N Aidit adlh salah satu pribadi yg harus dicontoh oleh rakyat Indonesia tanpa melihat langsung Ideologi. Serta buat orang- orang belajar lah tentang KOMUNISME dr sisi lain bukan hanya dr Orde Baru yg hanya melihat dari kacamata AS tentang komunisme bukan dari pemikiran Karl Marx dan Frederich Engels dlm buku “Das Kapital”.

    • ngarep komunis reborn ya bbossss,paling2 ente yang dimutilasi dloe kayak di cina, hidup dalam bayang bayang para agen rahasia seperti di unisovyet , pembersihan etnis seperti yang terjadi di serbia,
      menurut ente paragh nggk gan itu?

  23. Pokoknya buat saya pribadi choy,,,,,,,!
    d.n aidit adalah pemimpin sebuah partai besar yg
    mengedepankan kepentingan rakyatnya.jgn kita
    memandang dari isu bahwa PKI itu anti Tuhan
    tp lihat cita2nya.smoga allah memberi hidayah buat kita semua agar kita tahu siapa dalang dari semua kejadian ini.amin yaa robbal aalamin

    • jiakakakakka.pki aja mengarah pada teori evolusi darwin (yang secara jelas2 menolak teori penciptaan ,itu yang namannya isu bahwa pki anti tuhan).paragh

  24. Kalo ada yg bilang aidit adl korban itu wajar aja,krn skrg mrk sdg dlm usaha pembalikan sejarah…tp rakyat indonesia skrg sudah pintar..jgn samakan spt th 65 dulu bung…

  25. realita telah menjawab bahwa setiap negara yang di pimpin komonis, sejak awal kemunculannya pasti di akhiri dengan gejolak dan ke gagalan besar.karna komonis di bangun dengan asas ketidak pastian yang bertamengkan rakyat kecil. cuma orng-orang yangtak mengerti sejarah yang mengi ginkan komonis hidup lagi
    JANGAN SAMPAI KEHILANGAN TONGKAT YANG KEDUAKALINYA!!!

    • ngemeng apa sih ga jelas?
      ente demokrat? demokrasi? lebih maju dari komunis? iyaa? jawab dong..
      ente babu amerika?slave? indonesia kan babu amerika ..ya kan?
      freeport di jual, antam di jual smua sumber kekayaan alam di jual..?
      ente pake komputer buatan mana gan? china/taiwan? pake otak dong gan jangan asal nyeplos..

  26. Khilafah Islam sudah terbukti handal, adil dan mensejahterakan rakyat dunia selama 13 abad… Apa ada ideologi lain yg pantas dibicarakan… Untuk kesejahteraan manusia kok coba2…

  27. yg harus kita cari dan buktikan… !!!!!

    -mengapa d.n aidit dibunuh tanpa pengadilan oleh ORBA(soeharto)???
    -mengapa para pengikut dan tokoh2 PKI dibantai oleh ORBA(soeharto)???
    -apakah PKI itu atheis seperti yg dikatakan pd jaman ORBA(soeharto)???
    -apakah ada bukti nyata PKI dalang G30s/pki???
    -apakah PKI itu makar kpd NKRI???

    klo dah kebukti baru bacot.. ok ok..

    • apakah PKI itu atheis seperti yg dikatakan pd jaman ORBA(soeharto)?

      bisa anda jelaskan bagaimana peristiwa kanigoro ,peristiwa di bandar betsy .dimana sekelompok jemaat sebuah masjid yang sedang menjalankan ibadah Sholat shubuh diserang oleh sekelompok orang2 pki.

  28. yang menghalalkan segala cara itu bukan PKI, tapi SOEHARTO(ORBA) DAN TENTARANYA….logika macam apa yg dipakai kalo smpe mengganggap”pembantai”3juta rakyat sebagai pahlawan.

    Buat DN Aidit, namamu akan tetap tercatat dalam sejarah bangsa.Bahwa di negeri ini pernah ada Partai dan Pemimpin Partai yang berani melawan kaum kapitalis penindas.

  29. bagaimanapun kesalahan maupun kebaikan seorang D.N Aidit dia tetap seorang manusia yang menginginkan negeri indonesia lebih baik dari sebelumnya yang dipimpin oleh manusia-manusia yang tidak becus mengurus.
    dengan membawa bendera dan paham komunis dia yakin bahwa paham ideologi ini akan berdampak lebih baik dibandingkan pancasila.
    di sebalik semua kisah perjalanan hidupnya dia baktikan untuk perjuangan kemerdekaan indonesia yang buahnya kita nikmati sekarang ini.

  30. sudah sepatutnya kita membungkuk hormat kepada beliau, cintanya kepada rakyat lebih dari cintanya kepada diri sendiri dan keluarga,
    menelusuri kisah hidupnya seperti membaca novel hidup tiada ujung, selalu ada kisah menarik untuk kita baca dan angankan………………………………… yang pasti dia adalah legenda
    salam hormat ku kepadamu …………………… pahlawan tanpamu kami tidak akan hidup enak seperti ini.

  31. jiakakaakakakakkakaak,
    ngarep ya komunis ,ada di bumi ini .perlu ente ketahui aja komunisme bersandar pada teori karl marx ama teori evolusinya darwin. terus apa jadinnya klo negara menjadi komunis ,pasti para masyarakat beragama pastilah akan dimutilasi.jiakakakak ,emang ente mau ,klo ente dimutilasi

    • perlu anda ketahui bahwa komunisme yg bersandar pada filsafat MDH yg diperkenalkan oleh DR.KarlMark itu adalah ideologi yg sepenuhnya bertujuan untuk perbaikan umat manusia dgn sosialismenya,kekuasaan diktatur proletariannya.dlm komunisme/sosialisme tidak pernah ada paksaan terhadap sbuah keyakinan/agama.karna sosialisme menjunjung tinggi hak asasi manusia.seperti yg selalu dikatakan mark dan lenin.jadi anda ngak usah kuatir dengan komunisme.adapun katanya komunis itu memusuhi agama,itu hanyalah propaganda orde baru/org2 borjuasi berkedok agama yg menyesatkan dan tidak berdasar sama sekali.ideologi ini lahir karna banyaknya penjajahan/penindasan yg dialami rakyat,selama masih ada penindasan,maka ideologi ini pasti ada slm dsksi…,

  32. DARWINISME: SUMBER KEKEJAMAN KOMUNIS

    Abad yang baru saja kita tinggalkan dipenuhi dengan berbagai tindak kekerasan dan kebiadaban. Tidak diragukan lagi, ideologi pembawa bencana terbesar bagi umat manusia di abad tersebut adalah Komunisme, paham yang paling tersebar luas di seluruh dunia. Komunisme, yang mencapai puncak sejarahnya melalui dua tokoh filsuf Jerman, Karl Mark dan Friedrich Engels pada abad ke-19, telah begitu banyak menumpahkan darah di berbagai belahan bumi, melebihi apa yang dilakukan oleh kaum Nazi dan para penjajah. Paham ini telah merenggut nyawa orang-orang yang tidak berdosa, memunculkan gelombang kekerasan, dan menebarkan rasa ketakutan serta putus asa di kalangan umat manusia. Bahkan kini, ketika orang menyebut-nyebut negara Tirai Besi dan Rusia, segera muncul gambaran tentang masyarakat yang terselimuti kegelapan, kabut, rasa putus asa, beragam persoalan, dan ketakutan; serta jalanan yang tidak menampakkan tanda-tanda kehidupan. Tidak menjadi soal, seberapa dahsyat Komunisme dianggap telah hancur di tahun 1991, puing-puing yang ditinggalkannya masih tetap ada. Tak peduli, meskipun orang-orang Komunis dan Marxis yang “tak pernah jera” tersebut telah menjadi “liberal”, filsafat materialis, yang merupakan sisi gelap Komunisme dan Maxisme, dan yang memalingkan manusia dari agama dan nilai-nilai akhlak, masih tetap berpengaruh pada mereka.

    Ideologi yang menebarkan ketakutan ke seluruh penjuru dunia ini sebenarnya mewakili pemikiran yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Dialektika meyakini bahwa seluruh perkembangan di jagat raya terjadi akibat adanya konflik. Berdasarkan kepercayaan ini, Marx dan Engels melakukan pengkajian terhadap sejarah dunia. Marx menyatakan bahwa sejarah manusia adalah berupa konflik, dan konflik yang ada sekarang adalah antara kaum buruh dan kaum kapitalis. Para buruh ini akan segera bangkit dan memunculkan revolusi Komunis.

    Sebagaimana orang-orang materialis, kedua pendiri komunisme ini memendam kebencian yang mendalam terhadap agama. Marx dan Engels, keduanya adalah atheis tulen yang memandang perlunya menghapuskan keyakinan terhadap agama dilihat dari sudut pandang Komunisme.

    Tetapi, ada satu hal yang belum dimiliki Marx dan Engels: agar dapat menarik pengikut di kalangan masyarakat secara lebih luas, mereka perlu membungkus ideologi mereka dengan penampakan ilmiah. Inilah awal dari terbentuknya ideologi gabungan berbahaya yang kemudian memunculkan penderitaan, kekacauan, pembunuhan masal, pertikaian sesama saudara, dan perpecahan di abad ke-20. Darwin mengemukakan teorinya tentang evolusi dalam bukunya The Origin of Species. Dan sungguh menarik bahwa pernyataan utama yang ia kemukakan adalah penjelasan yang sedang dicari-cari oleh Marx dan Engels. Darwin menyatakan bahwa makhluk hidup muncul menjadi ada sebagai hasil dari “perjuangan untuk mempertahankan hidup” atau “konflik dialektika”. Lebih dari itu, ia mengingkari penciptaan dan menolak keyakinan terhadap agama. Bagi Marx dan Engels hal ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

    Kekaguman Marx dan Engels Terhadap Darwin

    Sedemikian pentingnya Darwinisme bagi komunisme sehingga hanya beberapa bulan setelah buku Darwin terbit, Engels menulis kepada Marx, “Darwin, yang (bukunya) kini sedang saya baca, sungguh mengagumkan.”78

    Marx menjawab tulisan Engels pada tanggal 19 Desember 1860, dengan mengatakan, “Ini adalah buku yang berisi dasar berpijak pada sejarah alam bagi pandangan kita.”79

    • yg anda baca itu karya Harun yahya..jelas dia propagandis kapitalis…yg melihat sedikit kemerosaotan yg di besar-besarkan dan tidak melihat pencapaian selama ini ….

  33. Saya tertarik untuk meneliti pikiran, ucapan, dan tindakan politik DN AIDIT lebih dlm lg. Krn riwayatnya dlm hal tersebut belum utuh tersajikan dgn independen bukan versi sejarah orde baru.

  34. terlalu bodoh untuk mengagumi sosok manusia tak beradab dengan pergerakan revolusi yang dengan sengaja menghilangkan nyawa orang… mungkin soeharto dan DN aidit adalah dalang kehancuran dari pemerintahan saat itu… mungkin aidit terlalu bodoh untuk percaya dengan apa yang direncanaka soeharto…

  35. selain ideologi islam / tauhid di tolak oleh akal, tapi distorsi sejarahlah yang keliru penafsiran sehingga seorang yang berideologi tauhid di bilang

  36. kisruh siapa d.n. aidit harusnya dipandang dengan cara yang lebih objektif, jangan hanya karena dia seorang pemimpin PKI kita langsung menghakiminya sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas G30S tetapi dilain sisi kita boleh pula menanyakan seberapa jauh ia terlibat dengan tragedi tsb. untuk itu sikap kita sebagai orang yang yang sangat peduli dengan sejarah bangsa ini, wajib untuk mengambil hikmah yang terjadi antara d.n. aidit dan PKI-nya. semoga apa yang terjadi dimasa lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita di masa depan

  37. saya kagum dengan semangat DN Aidit secara personal.. tapi kalau komunismenya ga bakal bisa diterima di sini saya kira.. mau kita hidup seperti di korea utara??

  38. Org2 PKI spt Aidit yg katanya tidak beragama, justru dibantai tanpa perikemanusiaan oleh org2 yg mengatasnamakan agama..jd timbul pertanyaan besar…mana yg bener ???

  39. sebenarnya yg anti PKI itu adalah orang yg membolekan tindakan yg tidak sepantasnya dilakukan oleh manusia…dan mereka selalu berteriak anti komunis untuk menutupi kesalahan mereka akibat sifat binatang mereka..karena itu mereka menciptakan pancasila tandingan yg diajarkan di negara yg jelas lahir dari toko-toko Marxis seperti cokroaminoto D.n Aidit Bungkarno dll..begitu banyak korban dari pihak komunis atau PKI yg telah di ucapkan dalam idato Bungkarno apakah ada Partai lain yg berkorban sebesar PKI…seharusnya para digulis ini lah yg berhak mendapatkan penghargaan yg tinggi karena pengobanan mereka indonesia jadi bisa merdeka…

  40. Asyik juga baca-bacaan orang yang banyak baca (mabuk buku tuh) ama orang yang tahu surat Al-A’la tapi gak dipraktekin. Yang jelas prinsif temen@ n Saudaraku di sini menarik untuk dikaji untuk mengetahui dan mencari solusi sistem perpolitikan negara kita yang dikatakan borjuis emang realistis, atheis juga real dengan mendewakan hawa nafsu menghilangkan firman tuhan demi kepentingan dunia semata, tapi yang lebih malu lagi dikatakan agamis tapi gak akur- akur saling maki saling benci ngumbar punya pasukan anulah inilah apa mereka nggak tahu Al quran? Wallohu a’lam yang jelas mari kita kaji sebab musabab negara2 timur tengah bisa kacau dikarenakan ada sebuah negara yang sedang sekarat ekkonominya, dan juga didalangi orang2 pintar yang orang2 islam mungkin bilang nazis untuk belajar disana,negara kita juga sdikit demi sedikit sedang menuju sekarat bila orang2 cerdas yang ada diatas sana dan pemilik blog ini hanya bisa duduk dan tidak pernah melakukan sesuatu untuk negri tercinta ini, entah minggu bulan atau tahun negara kita ini bisa kembali ke zaman dulu lagi, bukankah ada sebuah pepatah mengatakan sejarah itu berulang. Tapi amit2 dah. makasih sahabat2 yang menulis disini walaupun kalian berbeda tetapi sebetulnya memeberikan ilmu baru untukku. semoga menjadi ilmu yang berguna untukku dan mendapat petunjuk dari yang maha kuasa untuk menentukan langkahku selanjutnya,demi agama, negara kita tercinta ini.

  41. Perlu digarisbawahi, negara komunis tidak identik dengan negara anti Tuhan.
    Tokoh besar Rusia seperti Leo Tolstoy adalah penganut Kristen yang sangat patuh, bahkan filosofi-filosofinya menembus dunia.
    Saya pernah tinggal di Beijing, dan saya dengan bebas bisa shalat di Masjid2 yg banyak tersebar di sana. Penduduk Islam di China sekitar 10% dari total penduduknya, itu jumlahnya hampir sama dengan warga Islam di Indonesia!
    Maka, marilah kita berpikir secara jernih, jangan gampang terprovokasi olah propaganda-propaganda politik yang menyesatkan.
    Jika kita melihat negara kita sekarang, bagaimana ulah pembesar-pembesar kita sekarang, bahkan wakil-wakil rakyat di Senayan, juga gejolak-gejolak sarat anarkisme berbau agama di negara kita, apakah kita tidak prihatin..?
    Tempat macam apa ini, yang kita siapkan untuk anak cucu kita hidup kelak….??
    Mari kita renungkan.
    Terimakasih.

  42. Ping-balik: Biografi Singkat D. N. Aidit « Maula

  43. Ping-balik: .daydreamer. - Biografi Singkat D. N. Aidit

  44. Udah Gak Mungkin Nama Partai PKi masuk di Indo, soal nya sudah di binasakan dari semenjak rezim Suharto. dan skr Rezim sby ga jauh beda namanya saja sudah Demokrat itu = Amerika…sangat tidak mungkin..knapa? karena sudah di bodohkan Oleh Amerika dan ingrish bangsa kita itu..
    Komunis biasanya di pahami oleh orang2 pinter yg tidak dapat di beli oleh uang..
    dan di indonesia skr mayoritas pemikiran nya uang..di bodohkan dg uang..
    bagi ente2 yg ngerti dan paham komunis ya sudah lah sementara kita simpan saja dalam hati jika Tuhan menghendaki..akan terbuka jalan nya..siapa yg benar apa yg salah.

  45. fakta sdh bicara komunis tdk diminati lg di berbagai negara contohnya seperti soviet, cina , polandia hunggaria,semua sdh meninggalkan komunis krn komunis lahir dr ketidakpuasan yg identik dgn kemiskinan dan akhirnya setelah makmur baru nyadar ohh kayanya komunis gak seru deh…kita cari ideologi baru deh yg lbh cool…hehehehe org cina ga mau lg komunis rusia jg kenapa indonesia mau?…..Masyarakat sosialis sebagai tercantum dalam doktrin Marx Leninisme, hanya bisa terwujud dengan revolusi. Karena kaum kapitalis tidak akan dengan sukarela melepas hegemoni dalam bidang ekonomi, politik atau kekuasaan. Mereka akan mempertahankan dengan segala cara. Karena itu gerakan komunis untuk mencapai cita-citanya harus menggunakan segala cara pula, meskipun harus mengorbankan nyawa beribu-ribu manusia.
    sekedarf catatan :
    ketika revolusi di Soviet tidak kurang dari seratus ribu orang meninggal dunia, di antara mereka yang menjadi korban banyak para agamawan Kristen Ortodok, Islam dan Budha.

    Lenin berharap revolusi Oktober di Soviet dapat menjadi contoh di negara-negara sekitarnya, terutama dinegara Eropa Timur. Menurutnya pemerintahan yang tepat dan stabil di negara sosialis komunis ialah diktator proletar. Satu bentuk pemerintahan otoriter yang tujuannya untuk melindungi kaum proletar. Karena tanpa kediktatoran tidak akan menjamin kaum proletar mendapatkan hak-hak dan perlindungan maksimal….lucunya tuh pemimpin komunis udah bisa mewah…hidup senang dgn menjual kemiskinan proletar…apa bedanya dgn borjuis????????
    Komunisme menggunakan dogma kemiskinan sebagai alat perjuangan mencapai tujuan. Orang miskin yang dalam doktrin mereka disebut kaum proletar dimanfaatkan untuk kepentingan politik partai dan juga kepentingan pribadi-pribadi elite partai.

    Doktrin komunis menyatakan bahwa kaum proletar adalah mereka yang tertindas kemerdekaan dan ekonominya oleh sistem kapitalis. Mereka dipersatukan dengan tekad untuk melepaskan diri dengan jalan memaksakan kehendak agar paham komunis berlaku dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.
    di agama saya : ISLAM aksiomanya begini :
    Dalam ajaran Islam kaum dhuafa mendapat perhatian khusus dari Allah Swt, terbukti dalam surat Al Ma’un, Allah memvonis mereka yang menyia-nyiakan anak yatim dan fakir miskin sebagai pendusta agama. Oleh karena itu Allah memerintahkan agar mereka yang mampu untuk memberikan zakat, infaq dan sedekah, bagi penanggulangan kemiskinan dan kepentingan agama yang lain….jd hidup damai itu lebih baik krn damai itu indah.
    oh ya lupa di kampung saya puluhan yg mati digorok PKI.dan menurut ayah saya mrk menyiksa org yg baru keluar dr mesjid di lapangan sambil nyanyi dan nari baik laki dan perempuan (GERWANI)…tp sudahlah yg lalu biar berlalu..KALAU ADA ORG KETABRAK MOBIL JGN SALAHKAN MOBILNYA TP SUPIRNYA…JGN SALAHKAN SISTEM TP THE MAN BEHIND SYSTEM…HEHEH NGINGRIS SEDIKIT BIAR KEREN….ini pandangan saya
    TAPI BIAR KITA BERBEDA PANDANGAN KATA TEMAN MANADO TORANG SAMUA BASUDARA….BELAJAR DARI HARI KEMARIN UNTUK HHIDUP DI HARI INI DAN MENGGAPAI HIDUP LEBIH BAIK DI HARI ESOK…BILLAHI FI SABILIL HAQ..

  46. semua sejarah di tanah air telah di bikin oleh raden mas soeharto….. orba, dia sangat mahir ,,,,,, walau mahir klo curang kebukak jg kan,,,,, siapa yg salah maupun yg benar bs di lihat di jendela politik,,,,, semua hancur karena kursi presiden yg mengatasnamakan wong cilik dan allah,

  47. yang namanya pki adalah partai komunis indonesia.saya emng tidak tau masalh pki krn waktu itu saya belum lahir ,bagus atau nggak pki saya tetap tdk setuju krn mereka brutal dalam menghakimi orang lain ,…….bunuh pki

  48. Aidit adalah pemimpin yang cemerlang selepas Sukarno. Sayangnya dia adalah PKI. Kalau lah dia pemimpin Indonesia selepas Sukarno mungkin Indonesia pasti lebih maju dari sekarang.

    Adit terlalu amat muda apabila menjadi ketua PKI. Itu ertinya dia seorang yang pintar. Organisasi PKI terusun baik dan bersistematik. Tiada jalur kelemahan bodoh di situ.

    Kalaulah Indonesia mempunyai jalur pemerintahan yang kemas seperti PKI pasti Indonesia lebih maju.

    Sayang. Seorang anak muda yang pintar bersifat pemimpin yang mengatur dengan kemas organisasinya seorang komunis. Pada pengamatan saya tiada satu organisasi di Indonesia dalam dan luar kerajaan yang besar teratur kemas seperti PKI sehingga kini. Itu pada tahun 1950an !

    Indonesia kehilangan seorang pemimpin atau tokoh yang terbaik setakat ini selepas Sukarno mungkin juga lebih baik dari Sukarno kerana Sukarno juga menggunakan idea idea Aidit.

    Pemimpin itu sudah berlalu.

    Salam dari Malaysia.

  49. dari sudut LH/ekologi kapitalisme & komunisme itu dua-duanya ‘converter’[perubah] kehidupan[baca:SDA] jadi komoditi untuk diperjual belikan di pasar dunia yang kemudian mengakibatkan ‘pemanasan global’ [dan perubahan iklim]. di millenium yg didominasi oleh ‘aktifitas manusia’ yg dahsyat kita tak butuh ‘isme’ SEMPIT yg kita butuhkan inklusifisme luas yg madani. ingat kita tak mewarisi BUMI dari nenekmoyang dimasasilam melainkan meminjam dari anak cucu dimasadepan manis!

  50. smua ideologi yg brsumber dr manusia lambt laun tp psti akn musnah..
    baik itu kominis..atheis,,dan ideologi di abad akhi yg di namakn demokrasi jg psti hancur..
    kcuali ideologi / faham Islam yg bersumber dari Sang Pencipta alam itu sendiri yaitu ALLAH s.w.t..
    jd g ush di perdebtkn sampai caci maki segla
    kt bs liht komunis / atheis lmbat tp psti sdh mulai lnyp di tlan jaman seiring runtuh ny soviet..
    bgtu jg demokrasi plan ” orng mulai muak dg ideologi buatan napolion bonaparte ini yg hanya memakai rakyat sbagai kdok dmi kemewahan para borjuis..
    dan kt tnggl tunggu waktu di mana sluruh bumi ini menerapkan satu ideologi yaitu islam sbgamana yg Rosulullah nubuwat kan tnttang khalifah akhir jaman yaitu AL-MAHDI yg menerpkn satu ideologi di muka bumi ini yaitu ISLAM

  51. coba pki tumbuh dan mau berkembang lagi di iindonesia apalagi di jawa,,,,, gua akan cincang semua orang pki ,,,,, bagi gua pki haram hukumnya….

    Banser

  52. Dear Banser :

    Baca dulu bos tentang PKI di Indonesia. bagaimana mereka tumbuh menjadi partai yang besar di Indonesia pada masa itu. Coba bandingkan dengan partai2 sekarang system kampanye-kampanyenya. Baru komentar!
    Jangan jadi produk orde baru. atau jangan-jangan belum faham orde baru.
    TQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s