Biografi Suharto

Obituary:

SUHARTO (8 June 1921- 27 January 2008)
Seorang Militer Karir yang Memerintah sebuah Negara

Oleh: John Roosa

Tidak suka bicara, tidak terbuka, suka menyendiri, tanpa emosi, Suharto memerintah Indonesia selama 32 tahun sebagai seorang misterius, seorang diktator yang tampil sebagai tokoh tanpa wajah, yang tidak menonjol di dalam suatu pemerintahan yang a-politis. Pidato-pidatonya menjemukan, mudah terlupakan, penuh dengan kata-kata birokrat yang menjemukan, klise-klise yang usang, dan nasehat-nasehat yang saleh. Tidak ada satu pun pernyataannya yang bisa membuat orang terkenang padanya sekarang. Orang Indonesia, jika ditanya, akan sia-sia berusaha mengingat suatu kutipan pun yang berasal dari dia, sedangkan di lain pihak, bahkan anak muda bisa mengutip kata-kata Sukarno, presiden yang digulingkannya pada tahun 1965. Suharto meninggalkan kenangan tanpa kata.

Jarang diwawancarai, tapi sering dipotret, ia dikenang dari sebuah gerak tubuh: senyum. Begitulah ia ingin dikenal: biografi yang disuruhnya buat pada tahun 1969 berjudul: “Jenderal yang Tersenyum”. Itu adalah senyum “kucing Cheshire”(*), terpaku di tempatnya, menyembunyikan sesuatu, tidak mengungkapkan isi hatinya, dan menimbulkan tanda-tanya tentang intrik-intrik dan kekerasan apalagi yang tengah disulap di dalam otak yang ada di baliknya.
————
(*) “Cheshire cat”, kucing yang diceritakan dalam kisah khayalan terkenal, “Alice’s Adventures in Wonderland”, karya Lewis Carroll. Kucing itu bisa muncul dan lenyap sesuka hati; akhirnya ia berangsung-angsur lenyap dan hanya tinggal senyumnya saja, sehingga Alice berkata: “Saya sering melihat kucing tanpa senyum, tapi belum pernah melihat senyum tanpa kucing.”
————-

Orang tua Suharto merupakan misteri. Dalam “otobiografi”-nya, yang ditulis oleh orang yang paling bertanggung-jawab atas pembentukan citra publiknya, G. Dwipayana, Suharto mengklaim bahwa ia dilahirkan di kalangan petani miskin di desa Kemusuk di dekat Yogyakarta. Sebuah majalah yang dimiliki oleh bos intelijen militer yang dipercayanya mengklaim pada tahun 1974, bahwa ayahnya seorang ningrat. Dalam sebuah jawaban yang mungkin disiapkan lebih dulu, Suharto mengundang wartawan ke ruang kerjanya di istana kepresidenan untuk menjelaskan garis keturunannya dan mengajukan saksi-saksi yang dapat menguatkan bahwa ia sungguh-sungguh orang yang baik, jujur dan dapat dipercaya. Sekalipun ia menyanggah, garis keturunannya tetap diragukan. Di kalangan orang Indonesia tersebar luas cerita bahwa ia anak tidak sah dari seorang pedagang Cina.

Karir yang menyenangkan

Apa pun asal-mulanya dan pengalaman masa kanak-kanaknya, di masa dewasa ia jelas adalah seorang militer karir. Ia masuk militer Belanda pada tahun 1940, yang merupakan peristiwa yang dalam “otobiografi”-nya dikatakannya sebagai “kunci yang membuka pintu kepada sebuah kehidupan yang menyenangkan”. Kehidupan menyenangkan yang terdiri dari baris-berbaris dan latihan itu berlanjut pada masa pendudukan Jepang, ketika ia menjadi anggota milisi Peta. Seperti anggota milisi lain, ia bergabung dengan tentara nasional Indonesia yang baru dibentuk begitu militer Jepang menyerah pada Agustus 1945. Tidak dimungkinkan lagi untuk kembali mengabdi pada Belanda, karena Belanda telah dilucuti kekuasaan dan kekayaannya oleh Jepang dan menjalani tahun-tahun perang di dalam kamp-kamp konsentrasi yang kotor dan tidak nyaman.

Berkat latihan militer yang pernah diikutinya, Suharto diberi pangkat tinggi (letnan kolonel) dalam tentara Indonesia yang baru itu, yang dibentuk untuk melakukan perang gerilya melawan tentara Belanda yang datang kembali. Pada tahun 1948 ia telah menjadi komandan sebuah brigade pasukan yang ditempatkan di dalam dan di sekitar Yogyakarta, ibukota Republik. Serangan-serangan gerilya tentara itu tidak banyak bermanfaat dalam menghambat kemajuan pasukan Belanda.

Sekalipun lebih menguasai medan di kandang sendiri, Suharto dikejutkan pada 19 Desember 1948 ketika pasukan Belanda menyerbu Yogyakarta dan menguasainya pada hari yang sama tanpa menghadapi perlawanan sedikit pun. Entah bagaimana, keempat batalyon Suharto sedang berada di luar kota. Itu merupakan kemunduran terburuk bagi Republik: kedua orang pimpinan tertingginya, Sukarno dan Hatta, tertawan.

“Politik saya terletak di ujung bayonet.”

Suharto mendapat kesempatan untuk memperbaiki diri ketika ia memimpin sebuah serangan terhadap kota Yogyakarta pada 1 Maret 1949. Serangan itu hanya menimbulkan kerusakan kecil di kalangan pasukan Belanda yang menduduki kota itu dan dipukul mundur dalam waktu enam jam. Namun, Suharto dan para komandan militer lain mengklaim bahwa mereka telah menguasai kota untuk sementara waktu dan membuktikan kehebatan angkatan bersenjata Republik kepada dunia. Setelah Suharto berkuasa pada tahun 1965, peristiwa itu disulap menjadi kemenangan yang menentukan dalam perang kemerdekaan, dan dibuatlah film tentang peristiwa itu, “Janur Kuning” (1979), dan di kota Yogya didirikan sebuah monumen besar untuk mengenangnya (1985).

Sebagai orang yang pernah bekerja dalam tiga tentara yang berbeda dalam kurun waktu satu dasawarsa, Suharto mempunyai komitmen politik yang enteng. Salah satu kolega militernya belakangan berkata pada seorang wartawan, bahwa pada tahun 1948 Suharto pernah berkata, “Politik saya terletak di ujung bayonet.” Tidak heran bahwa Sukarno dan menteri pertahanannya yang berhaluan kiri memasukkan komisaris politik di dalam tentara. Seperti banyak tentara yang dilatih di bawah perwira Belanda dan Jepang, Suharto tidak punya pengalaman didalam gerakan nasionalis populer yang telah berjuang melawan imperialisme.

Menapak jenjang kepangkatan

Setelah kemerdekaan tercapai dalam tahun 1949, Suharto menanjak pangkatnya: kolonel, brigadir jenderal, mayor jenderal. Ia pernah mengalami kemunduran pada tahun 1959, ketika ia diberhentikan sebagai komandan tentara di Jawa Tengah karena korupsi. Tetapi peristiwa itu ditutupi dan ia direhabilitasi dengan cepat. Ia ditugasi memimpin operasi merebut Irian Barat dari Belanda pada tahun 1962 – operasi itu dihentikan pada saat terakhir dengan tercapainya kesepakatan diplomatik. Ia lalu dipindahkan ke Jakarta dan diberi jabatan sebagai komandan cadangan angkatan darat, Kostrad, pada tahun 1963. Dengan catatan karir yang tidak menonjol, pendidikan yang rendah, dan tidak menguasai bahasa asing, pada tahun 1965 ia menjadi calon utama untuk menduduki jabatan tertinggi di angkatan darat, dan bertindak menggantikan panglima angkatan darat, Yani, bila ia pergi keluar negeri.

Suharto naik ke puncak militer yang kemudian menjadi semacam negara di dalam negara, memiliki komandan teritorial, yang pada mulanya didesain untuk pertahanan terhadap invasi asing, tetapi kemudian memerintah masyarakat sipil.

Kebanyakan dari jenderal-jenderal lain, termasuk yang paling senior, A.H. Nasution, sangat anti-komunis dan bertekad menahan kekuatan PKI yang tengah meningkat pada awal 1960an. Untuk menandingi partai itu, mereka pun membentuk serikat buruh, perhimpunan seniman, dan surat kabar. Mereka berhubungan dengan organisasi-organisasi keagamaan dan partai-partai politik, dan meyakinkan mereka bahwa bila perlu militer akan menggunakan kekerasan terhadap PKI.

Suharto tidak secara jelas memihak pada salah satu pihak. Seorang mantan anggota PKI di parlemen mengatakan kepada saya, bahwa DN Aidit, ketua PKI, pada awal 1965 mengira bahwa Suharto seorang perwira yang “demokratis” oleh karena ia mendukung pengakhiran SOB (keadaan perang) pada tahun 1963. Tetapi Suharto juga berhubungan dengan golongan anti-komunis dalam usaha tertutupnya untuk mengerem kampanye anti-Malaysia Sukarno yang dimulai pada tahun 1963.

Hari yang beruntung baginya

Duduk di pinggiran ternyata membawa Suharto pada puncak kekuasaan. Ketika para perwira militer yang pro-PKI dan pro-Sukarno memutuskan bertindak terhadap para perwira saingan mereka, mereka beranggapan Suharto akan mendukung mereka. Sekelompok perwira junior mengorganisir penculikan tujuh jenderal angkatan darat pada 1 Oktober 1965. Dua di antara komplotan itu adalah sahabat dekat Suharto, dan seorang di antaranya menceritakan kepada Suharto rencana komplotan itu sebelum terjadi. Para penculik, yang menamakan diri Gerakan 30 September, akhirnya membunuh enam jenderal, termasuk di antaranya panglima angkatan darat, Yani. Itu adalah hari yang menguntungkan bagi Suharto. Dengan absennya Yani, ia menjadi panglima angkatan darat. Gerakan 30 September tidak diotaki oleh Suharto tetapi peristiwa itu justru memberi kesempatan baginya untuk mencapai cita-citanya.

Sebagai komandan militer, Suharto mulai menentang perintah-perintah presiden dan menerapkan agenda yang sejak lama dimiliki oleh para perwira anti-komunis, yakni mengurangi pengaruh Sukarno sehingga menjadi presiden tanpa kekuasaan, menghancurkan PKI, dan menegakkan kediktatoran militer. Sikap anti-komunis Suharto bukan berasal dari komitmen ideologis yang mendalam.

Seandainya Gerakan 30 September berhasil dan kaum komunis meraih kekuasaan lebih besar, kita bisa dengan mudah membayangkan bagaimana Suharto yang selalu oportunistik itu menyesuaikan diri dengan rejim yang baru. Ia adalah perwira yang biasa dan sama sekali tidak menonjol, sehingga pada minggu-minggu pertama Oktober itu banyak pengamat mengira bahwa ia sekadar mengikuti pimpinan Nasution.

Kudeta merangkak

Menyingkirkan Presiden Sukarno ternyata tidak terlalu sulit. Tokoh besar nasionalisme Indonesia, “penyambung lidah rakyat”, terus-menerus memprotes, tetapi tidak berbuat sesuatu untuk menyetop meriam Suharto. Ia menguatkan Suharto sebagai panglima angkatan darat, menaikkan pangkatnya, dan memberinya kekuasaan darurat. Puncak dari kudeta merangkak terjadi pada Maret 1966, ketika Suharto menggunakan perintah yang kata-katanya samar tentang “menjamin keamanan” dari Sukarno sebagai justifikasi untuk menangkap 15 menteri dan membubarkan kabinet Sukarno–seolah-olah presiden memerintahkan penggulingan dirinya sendiri.

Penghancuran PKI–prakondisi untuk menerapkan suatu kebijakan politik baru yang didominasi militer–ternyata juga tidak terlalu sulit. Pimpinan PKI, yang kalang kabut setelah 1 Oktober, menyerukan kepada para anggotanya untuk tidak melawan supaya Presiden Sukarno dapat mengatur suatu pemecahan politis terhadap krisis itu. Tetapi presiden tidak berkuasa atas tentara Suharto. Bekerja sama dengan milisi sipil, tentara mengorganisir sebuah pertumpahan darah yang paling buruk dari abad ke-20, menangkap lebih dari sejuta orang, lalu dengan diam-diam membunuh banyak di antara mereka. Tahanan-tahanan lenyap di waktu malam. Kuburan-kuburan massal terisi mayat-mayat yang tak terhitung banyaknya tersebar tanpa tanda di seluruh Sumatra, Jawa dan Bali.

Tidak ada dokumen yang membuktikan bahwa Suharto memerintahkan satu pembunuhan pun. Dalam beberapa kesempatan yang jarang, ketika ia berbicara tentang pembunuhan-pembunuhan itu pada tahun-tahun belakangan, ia menyalahkan orang-orang sipil yang mengamuk. Penyelidikan yang saksama terhadap siapa, di mana, kapan dan bagaimana berkaitan dengan pembunuhan-pembunuhan itu mengungkapkan bahwa militerlah yang paling bertanggung-jawab dan bahwa Suharto setidak-tidaknya menyetujuinya, kalau bukan ia yang memberikan perintah lisan atau tertulis yang eksplisit untuk melakukannya.

Wortel & cemeti

Dalam merebut kekuasaan, Suharto dan perwira-perwira militer kliknya menyadari bahwa stabilitas jangka panjang dari kekuasaan mereka akan bergantung pada kemampuan mereka untuk meningkatkan taraf kehidupan rakyat. Mereka berpaling pada bantuan, penanaman modal dan pasar luar negeri untuk memberikan rangsangan utama bagi pertumbuhan ekonomi. Modal Barat yang memboikot Indonesia karena kebijakan politik Sukarno dulu mendapati permadani selamat datang terhampar menyambut mereka. Suharto sendiri campur tangan pada akhir 1965 untuk menghentikan usaha menteri perindustrian Sukarno untuk menasionalisir sektor minyak. Dengan kampanye teror militer terhadap serikat buruh di ladang-ladang minyak, kebun-kebun karet, dan pabrik-pabrik, modal Barat memperoleh tenaga kerja yang patuh.

Salah satu alasan bagi kemampuan Suharto yang mencolok untuk mempertahankan kekuasaan begitu lama adalah kebijakannya memperluas kesempatan kerja di sektor publik. Pada akhir kekuasaannya, 4,6 juta orang mendapat gaji dari pemerintah, tiga kali lebih banyak daripada pada awal tahun 1970an. Jutaan orang lagi merupakan tanggungan para pegawai makan gaji ini. Jaminan gaji bulanan itu menarik, sekalipun pendapatannya rendah. Di samping itu, sejumlah jabatan di pemerintahan memungkinkan orang untuk mendapat lebih banyak uang dengan korupsi.

Para pegawai negeri ini beserta sanak keluarganya merupakan basis pendukung kunci bagi rejim ini, dengan memberikan suara dan berkampanye bagi partai pemerintah, Golkar, pada setiap pemilihan umum. Mereka yang tidak memilik Golkar dipersalahkan karena menggigit tangan yang memberi mereka makan, dan kehilangan kesempatan untuk naik pangkat.

Tanggapan Suharto terhadap pembangkangan–menggunakan bahasa sekarang–adalah ‘gertak & bikin takut’. Di Papua, ia menempatkan tentara pendudukan yang memperlakukan penduduk asli sebagai lebih rendah dari manusia, yang harus ditundukkan dengan kekerasan. Selama bertahun-tahun, satu-satunya wajah Indonesia yang dilihat oleh orang Papua adalah tentara. Suharto bertanggung jawab bagi puluhan ribu orang Papua yang tewas dalam perang melawan pemberontakan dari akhir 1960an sampai 1998. Ia juga bertanggung jawab atas perang agresi terhadap Timor Timur pada tahun 1975, dan atas terbunuhnya lebih dari 100 ribu orang di sana akibat perang di separuh pulau itu. Ia juga bertanggung jawab atas terbunuhnya ribuan orang di Aceh yang juga merupakan korban perang melawan pemberontakan (1990-98), yang didesain untuk meneror penduduk sipil agar tidak mendukung gerilya, dan bukan menawarkan alternatif
yang lebih positif kepada warga sipil.

Suharto dengan keras kepala berpegang pada strateginya bahkan setelah terbukti kontra-produktif, ketika teror yang dilancarkan di Papua, Timor Timur dan Aceh menghasilkan lebih banyak perlawanan yang meluas. Hanya setelah Suharto jatuh, para politisi Indonesia mendapat kesempatan untuk mengupayakan pemecahan politis & diplomatis yang lebih manusiawi terhadap perang-perang ini: Presiden Habibie mengizinkan suatu referendum yang dilaksanakan oleh PBB di Timor Timur pada tahun 1999, dan Presiden Yudhoyono menandatangani perjanjian perdamaian dengan kaum nasionalis Aceh pada tahun 2005.

‘Program Ponzi’(*) raksasa itu pun ambruk

Dalam menilai pemerintahan Suharto, apa yang disebut pendekatan “seimbang” dari banyak sarjana Barat adalah mengkritisi Suharto tentang pelanggaran-pelanggaran HAM-nya, tetapi memuji kinerja ekonomisnya. Mereka yang terkesan oleh pertumbuhan enam persen setahun tidak berbeda dengan para investor yang mudah dikibuli dalam suatu ‘Program Ponzi’(*) raksasa, yang yakin bahwa penghasilan tinggi yang terlihat di permukaan merupakan bukti tak terbantahkan dari sebuah sukses. Pertumbuhan ekonomi pada tahun-tahun Suharto sebagian besar dihasilkan dengan menjual secara liar sumberdaya-sumberdaya alam negeri itu. Itu adalah pertumbuhan yang memakan dirinya sendiri, dan yang tak mungkin akan lestari.

Sektor-sektor utama adalah minyak dan kayu. Keduanya mengalami salah urus yang hebat karena korupsi. Pada hari ini Indonesia secara bersih adalah negara pengimpor minyak dan hutan-hutannya menghilang dengan cepat, dibabat oleh para logger atau dibakar oleh pemilik perkebunan kelapa sawit. Pendapatan dari semua ekspor itu tidak diinvestasikan kembali ke dalam sektor-sektor lain; uang itu lenyap masuk rekening bank dari keluarga Suharto & para kroninya (seperti Bob Hasan), dan para pejabat pemerintah.
—————
‘Program Ponzi’ : suatu operasi investasi palsu & kriminal, yang di situ para penanam modal awal mendapat hasil (“laba”) yang sangat besar yang dibayar dari investasi oleh para penanam modal yang datang belakangan, dan bukan dari hasil bersih yang berasal dari kegiatan bisnis yang benar.
—————

Setelah tiga dasawarsa pertumbuhan ekonomi a la Suharto, pemerintah Indonesia dibebani hutang banyak, dan perekonomian Indonesia tidak memiliki basis industri yang didanai dari dalam negeri. Sungguh pas kalau Suharto, yang pengikut-pengikutnya memujinya sebagai “Bapak Pembangunan”, meninggal dunia di rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan minyak negara (Pertamina) yang oleh keluarganya dan kroninya (seperti Ibnu Sutowo) diperas habis-habisan.

Rejim Suharto hidup dari modal asing dan mati karena modal asing. Liberalisasi sektor keuangan yang didesakkan oleh A.S. kepada Indonesia supaya dianut pada awal 1990an berakibat kerentanan yang lebih besar terhadap perubahan mendadak dalam aliran modal internasional. Uang mengalir masuk ke dalam gerombolan kleptokrat Suharto dan bank-banknya yang palsu, lalu tiba-tiba mengalir keluar lagi. ‘Program Ponzi’ raksasa itu pun runtuh dengan terjadinya krisis ekonomi Asia pada tahun 1997. Satu-satunya legitimasi yang dimiliki oleh Suharto adalah apa yang seolah-olah tampak merupakan kemampuannya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomis. Begitu itu berakhir, maka kelas menengah yang biasanya menurut saja membalik terhadapnya, tidak mau mentolerir korupsinya, anak-anaknya yang serakah dan kroni-kroninya yang sangat immoral mencolok kekayaannya. Gerakan yang secara spontan terbentuk bagi “reformasi” ini menyatakan musuh utama mereka adalah KKN: Korupsi, Kolusi & Nepotisme. Kampanye keluarga Suharto sendiri, “Saya Cinta Rupiah”, yang datang dari mereka yang justru punya dollar paling banyak, tidak mempunyai bobot yang sama dengan slogan gerakan itu.

Segudang paranormal yang dimiliki keluarga itu tidak bisa menyelamatkan mereka; tidak pula jenderal-jenderal penjilat mereka, bahkan tidak Letnan Jenderal Prabowo, menantu Suharto yang menguasai pasukan elite di Jakarta, dan yang selalu bergelimang uang dari saudaranya yang memiliki satu-satunya pabrik baja di negeri itu. Suharto lengser pada 21 Mei 1998, ketika Jakarta masih mengepulkan asap bekas kerusuhan misterius, yang di situ toko-toko yang dimiliki oleh orang-orang Indonesia keturunan Cina dibakar.

Mr. Minus

Mungkin yang terbaik dapat dikatakan tentang 32 tahun pemerintahan Suharto ialah bahwa salah-salah keadaannya bisa lebih buruk dari sekarang. Ia tidak memilih strategi jenderal-jenderal Burma dan mengisolasi negeri ini. Bergantung pada modal asing, ia rentan terhadap tekanan internasional. Pelepasan puluhan ribu tahanan politik pada akhir 1970an sebagian besar disebabkan oleh tekanan dari luar negeri. Ia tidak memilih untuk mencari legitimasi dirinya melalui agama dan menerapkan hukum Islam. Negara Indonesia sebagian besar tetap sekuler. Ia tidak memupuk kultus pribadi di seputar dirinya. Ketika menghadapi protes massal pada tahun 1998, ia tidak memilih mempertahankan kekuasaan dengan segala cara.

Almarhum sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, yang menjadi tahanan politik Suharto selama 14 tahun, pernah menulis bahwa ia tidak bisa memaksa dirinya menulis tentang rejim Suharto. Sementara ia menulis banyak novel historis tentang Jawa di zaman pra-kolonial dan gerakan nasionalis Indonesia, ia berpendapat tidak ada apa-apa yang menarik untuk ditulis tentang orang yang bertanggung jawab memenjarakannya dan melarang buku-bukunya itu. Baginya, Suharto adalah suatu negativitas, apa yang dinamakannya suatu “minus X”, suatu kemunduran kembali ke zaman para aristokrat kolonial, yang menindas bawahan mereka bagi kepentingan bisnis Eropa, namun membusungkan dada memamerkan kekuatan kosmik mereka yang hebat, dan tetap berpandangan sempit dan tidak peduli terhadap sains dan seni dari Eropa yang telah menaklukkan mereka. Tidak diragukan bahwa beberapa orang akan mengingat Suharto bagi beberapa hal yang positif, tetapi sementara Indonesia berjuang mengatasi warisannya yang buruk, kita bertanya-tanya, apakah orang bisa menilai gelarnya sebagai “Bapak Pembangunan” itu sebagai sesuatu yang sahih selain sebagai sebuah guyonan yang
kejam.***

Sumber: http://insideindonesia.org/content/view/1042/47/

95 thoughts on “Biografi Suharto

  1. Saya pun trut berduka cita ayas meninggalnya pak harto……..

    Saya sangat berterimakasih sekali krn beliau bapak pembangunan…………

    • suharto pemimpin gagah berani,,,memimpin sebagai presiden terlama di negeri kita ini negeri nusantara,,32 tahun indonesia di pimpin suharto,,,,,,begitu gagahnya beliau,,, mari kawan2 kita mengenang jasa2 beliau sebagai presiden kita.

    • sudah sekian lama mbah harto wafat, kapan ya ada manusia seperti suharto lagi ygbs jadi presiden? Kangen nih, jaman kini pada amburadul, sakenake dewe, korupsi mrajalela dari ujung ke ujung, gitu bilang jaman harto jelek, emang orang lagi sakit hati apapun ya dibilang jelek. Mbah harto!!!! kami merindukan org spt mu.

    • pembangunan pd masa pak harto lebih dinikmati rakyat, bandingkan dg skrg, smua jalan hancur,kalau dulu mski ktay byk utang,tapi bisa buat rakyat sejahtera,skrg jg msih byk utang akan tetapi rakyat banyak yang sengsara.

  2. wow ada penjilat Suharto juga rupanya. Suarto hanya menjarah habis harta Indonesia selama 32 tahun. Rakyat dijajah kembali oleh suarto dan keluarganya setelah di merdekakan oleh Bapak Presiden Soekarno. Tidak ada keadilan di bumi pertiwi ini, anak2 penjarah samai sekarang bebas berkeliaran

    • Wajahmu yg wajah Penjilat…Krn skrg muka penjilat, bisa menjilat & menguras uang rakyat di Era Reformasi (Repot Mencari Sesuap Nasi) & Demokrasi (Demo Setiap Hari)dg Cara KKN dll …Buka Mata Hatimu…Mana Lebih Baik dLu at Sekarang…!!

  3. cieeee, mas didi layout nya baru nie……..

    mas, the smiling general udh wafat. knp mas ga membicarakan tema penuntasan kasus soeharto aja? memang secara pidana udh ga mungkin krn si tersangka udh wafat tp sy qra msh enk dibicarain………..

  4. seharusnya Suharto digantung di Monas dan harta keluarga nya semua disita untuk rakyat Indonesia yg telah dikompas abis2 an selama 32 tahun

      • jgn prna kita mnyalkn semuanya kpd pakharto
        pakharto jga mnusia .smua mnusia pasti pnya ksalahan .
        hargaila dia sbagai presiden kita yg ke dua ….
        yg memimpin slama 32 thn .
        mnjadi seorang pemimpn bkanya ngampang…
        bkan pak harto aja yg prna korupsi
        para pjabat ngara kaita msik bnyak yg korupsi
        yg pnting bagi kita bagaimna kita bisa memajukn ngara kita
        itu yg hrus kita lkukn skarang?????

    • janganlah seperti itu kawan. kita penerus bangsa, apapun latar belakang sejrah kita, siapapun dia, apa pangkatnya, apa jasanyam dan apapun kesalahannya tetap kita yang bodoh. bukan salah dia, , , , ,, darah muda memang sok2an. tapi darah mudalah yang telah membuat NKRI Merdeka tahun1945. apa Bapakmu, Mbahmu, bahkan nenk moyangmu ikut dalam mengucurkan darah, tidak usah darah, kita bicara malsah keringat saja. apa keluargamu ikut serta? bicaramu terlalu jumawa kawan, kalau tidak ada dia, mungkin kita sudah habis dilibas kejamnya Perang ketika itu. Teruslah Maju dan terbanglah yang tinggi untuk Garudaku. tetap 1 kalimat. NKRI HARGA MATI

    • kalau belum mengenyam kekuasaan biasannya seperti baik tetapi bila telah berkuasa ternyata lebih buruk dari yang sebelumnya.. nyantai aja bung pak harto adalah orang biasa bukan dewa

    • Org2 yg Anti Almarhum H.M Suharto adLh Org2 yg Hatinya Busuk, krn tdk kekuasaan pd Zaman Itu..Buktinya sekarang banyak yg berkuasa tp lebih menyengsarakan Rakyat…KKN menjadi tradisi dikalangan Para Elit Politikus Berdasi Berkepala Botak…Baik itu Partai yg Mengatasnamakan Islam maupun Partai Nasionalis…Bakar Habis Para Koruptor it…!!!

  5. Awalnya kan dibilang “Tidak suka bicara, tidak terbuka, suka menyendiri” lah kok saya banget ya mas…

    tapi baca selanjutnya mudah-mudahan gak sama deh masa depannya: gak disukain orang gitu…

    tapi yang ini pengen banget : “Tajir bo! tapi uang halal loh…

  6. Maafkan saja pak Harto. Kasihan sudah meninggal. Lagipula kehidupan kita sekarang ini lebih sengsara daripada saat pak Harto dulu. lihat saja…..

  7. hai kawan – kawan dan warga bangsa pertiwi yang senasib dalam menghadapi kehidupan di negeri ini… tidaklah kalian menyadari hasil kerja keras bapak harto selama puluhan tahun…sehingga negeri kita pernah mendapatkan gelar macan asia dan di segani oleh bangsa – bangsa dunia. tanpa beliau entah apakah kita sekarang lahir dan menghirup udara dunia.. itu semua karena pak harto, kita jangan hanya melihat sisi negatifnya saja, tetapi kita juga harus melihat sisi positifnya, setiap manusia kan pasti tidak memiliki kesempurnaan, salahkan saja mereka yang sekarang korup dan tidak menghasilkan apa-apa malah tambah menyengsarakan masyarakat bumi negeri pertiwi ini….dan enak – enakan hidup tanpa di bebani rasa bersalah…

    • SE7 WALAU KATANYA PAK HARTO KORUPSI BANYAK,TAPI RAKYAT LEBIH SEJAHTERA DARI SEKARANG, DULU KORUPSI TAPI RAKYAT SEJAHTERA, SKARANG KORUPSI RAKYAT TAMBAH SENGSARA

  8. huekkk, masih ada yang cinta banget sama suharto (dasar dungu). kita pernah macan asia, sayangnya cuma macan kertas, negara kita ngauzubilah kaya nya tapi rakyatnya ngauzubilah miskinnya. kekayaan disedot sama asing, asing ngasih beberapa tetes ke kroni suharto (tapi beberapa tetes itu udah bisa bikin si kroni itu basah kuyup kebanjiran kekayaan), sementara rakyat cuman gigit jari. tutut, tomi, bambang, dan anak2nya yang lain luar biasa tamak, ngumpulin harta bukan lagi untuk 7 turunan, tapi untuk ratusan turunan, padahal mereka makannya sehari juga cuma 3 kali. mudah2an mereka dapat balasan yang setimpal di neraka ! negara ini korup sampai sekarang karena sistem korup yang dibangun suharto sudah mengakar dalam sekali, dan sudah menyatu di aliran darah tiap orang indonesia.

    • Sorry .. mas ikutan ya.. serbetulnya yg dungu siapa? he.. he…he sepertinya orang ini klu jadi presiden lebih paraaaaaaa… dari semua presiden yg ada hwk hwk hwk kaya lagu aja sindiran tak bermanfaat . mas sekarang lah masanya untuk bicara yg jujur dan bekerja keras agar negeri kita tidak semakin parah dan anda buka lebar2 tu mata sama otak klu perlu dibelah aja biar keliatan . kita juga sama2 punya utang apalagi negara klu rakyat mau niat bayar ya pelan2 dibayar . sekarang kamu liat sendiri semakin tak jelas dan amburadul anggota2 DPR, ni sudah jelas wakil kita sudah tak saling menghormati apalagi kammmmmu! sorry jgn marah ya….

    • yang dungu itu adalah, anak negeri yang tak pernah menyadari, siapa dirinya. yang hanya menikmati kemerdekaan yang asal tau beras itu enak. dan tidak mau tau bahkan tak peduli bagaimana memperjuangkan kemerdekaan.

  9. Sepertinya, memang perlu kita kaji lagi tentang sejarah Indonesia. Apakah benar P. Harto pantas mendapat gelar “Bapak Pembangunan”. Melihat apa yang diberikannya selama 32 tahun ini bagi sebagian banyak rakyat tidak ada artinya yang bisa memberikan panduan hidup yang kuat. Karena semua hal hampir dinilai dari segi ekonomi (uang). Tidak banyak yang kita lihat dan kita lakukan untuk rasa Nasionalisme (rasa yang bisa menggulingkan apa saja untuk mengutamakan kepentingan bersama.

  10. saudara2 sekalian…suharto memang salah….
    suharto memang diktator….suharto memang kejam…suharto juga benci kritik….tapi…….suharto juga manusia…
    manusia ga luput dari kesalahan….
    anda juga manusia….tanya pada hati anda….apa anda sudah berbuat suatu untuk negara selain bayar pajak…saya rasa anda2 sekalian cuma meminta sesuatu pada negara..tidak berbuat….kita salahkan suharto…kita sendiri….belum berbuat untuk negara ini….ga ada gunannya membenci suharto…sudah ada yg mengadilinya…..yaitu ALLAH S.W.T . mari kita berbuat demi indonesia…berbuat apa saja yang kita bisa….yang penting berbuat kebaikan untuk orang banyak…justru ALLAH S.W.T akan membantu kita……..tapi kalo kita terus membenci…justru ALLAH S.W.T akan murka. ok saudara se INDONESIA…kita harus berusaha. setujuuuuuu!!!!!!!

  11. Sukarno,Suharto<Habibie,Gusdur,Megawati,SBY adalah nama2 president kita yang harus kita hargai, karena mereka menjadi presiden bukan karena keturunan tapi pemilihan umum, klo mereka salah yah salahin yang milih donk…

  12. Emang bener bagaimanapun baik suharto dan presiden yang lain sudah memberikan yang terbaik untuk bangsa ini. Kalo ada lebih kurangnya manusiawi krn tidak ada didunia ini yg sempurna.smua pasti pny kelemahan dalam memimpin.yang penting sekarang kita maju kedepan bersatu membangun negeri. kita isi aja kemerdekaan ini dgn pembangunan tidak usah saling menghujat b, bagaimana mau maju kalo sama saudara sebangsa saling benci. ingat majapahit yang menguasai nusantara hancur karena perang saudara,ingat kerajaan demak runtuh karena perselisihan keluarga.”crah agawe bubrah rukun agawe santoso”

  13. walah-walah…
    udang donk…pro dan kontra mang selalu ada…
    dimaklumi aja…
    ga usah pada ribut mulu dah..
    mending sekarang kita kerja baek2..cari duit yang halal sebanyak-banyak nya…
    jangan berharap terus ma bangsa ini…
    para pemimpinya kan juga manusia…
    pasti akan mengecewakan juga pada akhirnya…
    okeyyyy?????

    • syiip…dech … yg komen jadilah orang/bangsa indonesia yg berwibawa dan berbicara dgn sopan . ayam betina kalau berkokok pasti dia mau bertelur..hahahahahaha
      sorry bukan nyindir………………

  14. Sangat tidak pantas bagi saya jika saudara sekalian menjelekkan pak harto karena jasanya terhadap negara ini. Saya pun mulai ragu jika pak harto melakukan tindakan-tindakan yang menyengsarakan rakyat. Saya yakin dia sebenarnya orang yang baik.

  15. Coba bandingkan kondisi negara pada saat negara dipimpin sukarno dengan Bapak Soeharto. dari situ bisa dilihat dg jelas.
    Orang yang banyak omong malah ga ada kontribusi sama sekali pada negara. NATO (No Action Talk Only). Hanya orang yg goblok segoblok-gobloknya yg mengatakan sukarno lebih baik dari The “Smiling Jenderal” Bapak Soeharto. Jadi ga usah “kakean cangkem” (banyak bicara).

      • Mr. Rese,,,, kl anda bisa dan tau sejarah. saya mau tanya, perbedaan zaman orde lama dan orde baru. jangan asal njiplak bos. sadar atau tidak, kata-kata anda itu jika dibaca sama negara lain, trutama Malaysia,,, Anda hanya membuat bodoh wajah NKRI

  16. hanya orang tercela tak mau terima kasih yang hanya bisa mencela tanpa melihat dirinya seperti anda dan Megawati Sukarnoputri yang cuma bisa nge GOMBAL tentang Almarhum Jendral Besar H.M. Suharto.
    silahkan anda mencela Beliau Suharto tapi jangan lahir di Indonesia tercinta dan jangan makan dari bumi Indonesia.

  17. sunami..lapindo..gempa..penganguran di mana-mana…KKN masih tetap berjalan tegap..negara di injak2 oleh bangsa asing…yang kaya tambah kaya..yang miskin tambah miskin..ya..ALLAH YA TUHAN KAMI,AMPUNKAN LAH DOSA2 PARA PEMIMPIN KAMI YANG TERDAHULU DAN YANG SEKARANG ..SAMPAI ENGKAU MENURUN KAN AZAB KEPADA KAMI BANGSA INDONESIA…ENGKAU TUHAN YANG MAHA MENGUASAI LANGIT DAN BUMI ..BERKAHILAH BANGSA INI MENJADI BANGSA YANG KUAT YANG AMAN DAN MENJADI BERKAH BUAT SEMUA PENGHUNI BANGSA INDONESIA TERCINTA INI..DAN BERILAH KAMI PEMIMPIN YANG BERSIH DAN TULUS UNTUK MEMIMPIN BANGSA YANG TERCINTA INI…AMIN

    • mna mungkin soeharto d.siksa dlm kubur
      dy kn sdg mmbela negara.a (bkn RI/negara asing)
      sprti wrna prtainya
      dan smpai skrg koloni”.a sdg brjuang mnguasai pemerintahan Indonesia
      dgn Strategi mngadudombakan suku” Indonesia , dgn mmbntuk 2 organisasi utk di adu dombakan.
      Mengadu dombakn Malaysia dn Indonesia”
      dan mmprluas krja sama dgn China

      #IngatSelaluPerjuangan45

  18. Suharto tetaplah pahlawan apapun alasannya, sekarang andalah yang hidup dinegeri ini, berikan yang terbaik tuk negeri ini tanpa hrs minta pamrihnya. Dapatkah anda menjadi orang yang bersih seputih melati setelah anda menjadi penguasa negeri ini??????????

  19. Yang penting sekarang kita buka lembar baru.
    Tentunya sangat berat. Namun kita sebagai manusia wajib berusaha. Masalah kesalahan pemimpin itu wajar. Mungkin kita jika dijadikan presiden belum tentu sebaik beliau-beliau.
    Bicara itu mudah. Namun susah untuk berbuat.
    Jaga persatuan dan kesatuan kita. Junjung tinggi Nasionalisme kita. Kalo ga’ mau brarti itu musuh Indonesia.
    harus dibasmi orang seperti itu.
    Dari Soekarno sampai SBY semua baik. Namun pasti jg ada kekurangannya. MANUSIA gitu. Kalau kalian masih pada ribut dan saling menjelek-jelekan satu sama lain itu berarti kalian ga’ punya rasa persaudaraan.
    Salam Indonesia..
    I love Indonesia..
    Allahu Akbar…

  20. Apapun alasannya Pak Soeharto tetap salah satu tokoh penting di negri ini. Sampai negara lain seperti Malaysia ga’ brani nglakuin hal seperti belum lama di kalimantan itu. Waktu Beliau memimpin Indonesia ini, negara tetangga pada segan terhadap Indonesia. Yang Utama marilah kita sama-sama koreksi dan ambil hikmahnya. Yang baik kita ambil dan yang buruk kita kubur dalem2. Kita sebagai generasi sebaiknya memikirkan bagaimana negeri ini kembali makmur. wujudkan Nasionalisme kita. Mungkin dengan memulai hal yang sedikit seperti menggunakan produk dalam negeri. Indonesia MAMPU, Indonesia BISA, dan Indonesia JAYA.
    Amien..

  21. buat jodangdut dan devita..
    kalian sama-sam salah. Media ini media bagus untuk mengekspresikan pikiran kita. Tapi jangan menggunakan kata-kata kotor seperti itu. Maaf kurang enak aja untuk dibaca n didengar. Betul ga’?
    Mungkin kalian terbawa emosi, tapi sebaiknya kita discuss dengan Positif. saling menghargai tanpa adanya fanatik.
    Kita sebangsa se tanah air. jangan ampe’ pecaH gara-gara adu argument. Jangan mencontoh para wakil rakyat kita itu yang sering adu mulut bahkan saling memukul. itu memalukan.
    Ok. Salam Indonesia.

  22. seorang jendral yg menjual gunung emas terbesar didunia di papua sama freeport …ampe2 pemerintahan skrg ga bs apa2 ngadepinya, coba anda semua liat kubanganya dah sebesar kabupaten

    • maaf..mgkn sblm ngebacot belajar terlbh dahulu…
      pelajari dl tuh sejarah berdirinya freeport di indo…
      belajar dulu ya nak…jgn cuma ngebacot doank yg digedein…
      manusia gd yg sempurna, bila menginginkan sesuatu maka ada harga yg dibayar…dan sy rasa suharto sebagai manusia biasa sdh berusaha sebaik mgkn..
      suharto ttp pahlawan bg sy…krn sy merasa dulu lebih baik dr sekarang meski demokrasi skrg lebih baik dr dulu…
      biografi diatas br dr satu versi…cb bandingkan dgn versi2 yg lain..cantumin jg sumber & narasumbernya..jo dumeh ra seneng njuk mosting sak karepe dewe…uasuuuuuuuuuu

      • sampean pro suharto to, hehehehehe
        memang bener juga itu postingan. dan g msalah sumbernya darimana, yang penting dimata kita wae pak, piye to asline sosok suharto neng awa’e dewe? dudu’ nyalahne umong pak? hehehehehe Istigfar pak,,

        lek menurutku,, Suharto berperan penting kemajuan dan martabat NKRI, berkat jasa Beliau, RI ditakuti dinegara lain. bukan karena Militernya yang kuat, tapi karena Rakyatnya yang Loyal. msalah kenapa SBY g mau perang dengan malaysia? apa semua sudah pada emnyadari? kalau seandainya terjadi perang?
        1. berapa anak2 yang akan menjadi yatim karena ayahnya gugur
        2. kedamaian yang biasanya sudah sirna
        3. berapa anak2 yang akan jadi kelaparan, karena orangtuanya terpaksa nganggur
        4. perang itu kejam

  23. Terimakasih untuk biografi ini..
    banyak hal yang perlu dipelajari dari perjalanan hidup Soeharto..
    Saya pikir, ini saatnya kita ambil semangatnya dan perjuangannya dalam merebut sesuatu yang menjadi impiannya..
    Terlepas dari impian tersebut disalahgunakannya, akan tetapi semangat dan pantang menyerah selalu melekat di pundak yang mengklaim dirinya anak petani ini..
    Jadi, kita anak-anak muda pasti bisa,, soalnya Soeharto sudah memulainya..
    Kejar impian tanpa mengenal rasa lelah, berjuang terus dan Setia Sampai Akhir…

  24. Lo smua sok tau, buat yg benci p.harto! mampus aja loh.. tau dri lo… pngetahuan sgde kacang udh koar2..kaya bunyi mencret..otak lo dngkal kya comberan.! skli lg bwt lo smua yg bnci p.harto : org blang bner klo klian tolol mrip wario yg g pnya kontol..! tong ksong bunyi nyring.. otak udang g pnya nyali.. kya ktak dlm tmpurung.. bsanya cm ngmong tp nol bsar..smpah msrkat..bhkan hrga dri lo lbih rndah dri tai anjing di berakin kmpret…!

    • g usah seperti itu , , , , , apapun yang ada, mau suharto itu jahat, kejam, biadap. yang pasti 1, suhartolah yang membebaskan kita dari PKI. dan untuk yang kontra suharto, tolong ditilik kembali, apa yang sudah angga makan, pakai, dan nikmati sekrang ini, bukan lain salah satunya karena beliau. orang lain aja fine2 aja,,, kok anda yang repot. hehehe

  25. itu semua yg ngebelain harto pasti anak pejabat, plg ngga yg pd ikut ngerasain nikmatnya ikut harto. bgmn dgn mrk yg menyaksikan sanak keluarga mrk pd 1965/66 disembelih didpn mata mrk ? yg dipenjara slm puluhan tahun tanpa tahu apa salah mrk ? yg tdk bisa plg ke indo gara2 tiba2 paspor mrk dicabut lalu menjadi gelandangan di negeri org ? para anggota gerwani yg diperkosa melalui dubur beramai2 utk kemudian dipotong2 payudaranya? mrk itu semua adlh korban tragedi 65 yg tdk bisa lepas dr peran harto…

    • Sorry mas …saya bukan anak pejabat . saya orang biasa yg sehari-harinya bekerja diperu. swasta yg sampai skrg masih kuroco , tapi alhamdulillah rezeki itu kepunyaan yg kuasa . dan tak lupa saya bersukur trus,tak perlu ribut2 he’e.

  26. suhartoi tu orang licik dan penjarah harta bangsa,masa ga ada yg tau soal dia dan teman2nya utk memberi tambang2 besar ke amerika cs?dan masa ga ada yg tau kalo di suka ngutang?trus kok disini (di indonesia)ga pernah ngebahas kalo dia presiden no 1 terkorup di dunia??orang yg bodo saja yg menganggap dia pahlawan….

  27. coba apa yang negara lain pikirin,kalo kita malah ngasih gelar buat pak harto…wah…,udah sarap kali ya.
    nah mending kita liat lebih dalam apa yg dia perbuat buat negara ini,sudah gak tanggung jawab ama KKNnya,warisan politiknya masih kental.., jadi pahlawan utk kroni,amerika cs,dan orang2 (yg tergiur cuma beras,sama macan asia doank),turunannya(yg dikasih makan pake harta haram).

  28. Generasi muda sekarang harus baca sejarah bangsa secara benar karena sekarang jaman keterbukaan setelah sekian lama kita dijejali dengan hal-hal yang semu dan pemutar balikan fakta sejarah. Kita tidak bisa menyalahkan yang tidak paham tapi perlu diingatkan bahwa negeri kita dulu dibangun oleh orang-2 yang luar biasa hebatnya. Pengabdian terhadap nusa dan bangsa u/ melawan penjajah dimulai sejak awal penjajahan sampai diproklamirkan oleh 2 wakil rakyat yang luar biasa hebatnya. Bung Karno selalu mendengunkan pentingnya persatuan bangsa dan ekonomi berazaskan Kerakyatan yaitu dengan sistem BERDIKARI (berdiri diatas kaki sendiri) jadi tidak dengan modal asing untuk mengelola sumberdayanya dan disedot seperti sekarang ini. Kalau Suharto jelas-2 merusak semua tatanan dari segala segment kehidupan berbangsa dan bernegara yang telah dilandaskan oleh PEMIMPIN BESAR REVOLOSI/ PENGGALI PANCASILA & PELETAK DASAR KEHIDUPAN BERNEGARA SECARA BENAR DAN KENSEKWEN. VIVA BUNG KARNO DAN PARA PENGIKUTNYA MARI KITA TERUSKAN PERJUANGANNYA MEMBANGUN NEGARA INI

  29. WAHAI WARGA INDONESIA !!! …..
    INDONESIA ADALAH NEGARA DAN BANGSA YANG RAMAH SOPAN SANTUN ANDAP ASOR HORMAT MENGHORMATI TERHADAP SESAMA. SETIAP KEBAIKAN MAKA AKAN MUNCUL KEJAHATAN. SEJARAH INDONESIA YANG DIKENAL BANGSA YANG BAIK, TAPI DIMANFAATKAN OLEH PENJAJAH, HINGGA KITA MENYANDANG BUDAK DI NEGERI SENDIRI. INDONESIA ADALAH ADALAH NEGARA YA\NG KAYA RAYA SEMUA EMAS, MINERAL, BARANG TAMBANG DAN BAHAN GALIAN LAINYA, REMPAH REMPAH, PERTANIAN, PERKEBUNAN, PERIKANAN SEMUA ADA DI NEGARA INI.
    DALAM SEJARAH KITA MUDAH DIADU DOMBA. SEKARANG PUN DIMANFAATKAN MENJADI SENJATA ORANG JAHAT UNTUK MELUMPUHKAN BANGSA INI. SEBENARNYA MEREKA ORANG JAHAT DENGAN ALAT PERANG MODERN MAMPU MEMBUMIHANGUSKAN NEGARA INI, MISALNYA DENGAN NUKLIR. TAPI MEREKA ORANG JAHAT TAKUT KEHILANGAN KEKAYAAN INDONESIA.
    MAKA MEREKA MEMAKAI CARA LAMA “ADU DOMBA BANGSA INI” DENGAN MODAL ISU ISU BISA MEMAKAN HATI BANGSA INI. BUKTINYA KITA SEKARANG INI TIDAK SALING PERCAYA KEPADA SESAMA.
    KETAHUILAH BANGSA INI DI ERA 90-AN GNP HAMPIR MENANDINGI AMERIKA, BAHKAN NEGARA-NEGARA BARAT DAN NEGARA MAJU LAINYA. PERTUMBUHAN YANG MENCENGANGKAN. MEREKA ORANG JAHAT TAKUT KALAH DALAM KANCAH PEREKONOMIAN DUNIA.
    SWASEMBADA ADALAH KUNCI KESUKSESAN NEGARA MANDIRI. KITA SUDAH SWASEMBADA.
    NEGARA KITA SUDAH MENDAPAT PREDIKAT SWASEMBADA.
    KUNCI KESUKSESAN NEGARA KITA TERNYATA TERLETAK DI TANGAN SUHARTO. MEREKA ORAGN JAHAT BERUSAHA MENJATUHKAN MARTABATNYA.
    LIHAT SAJA SEKARANG NEGARA NEGARA TIMUR TENGAH DAN NEGARA ARAB LAINYA DIADUDOMBA SEPERTI INDONESIA. IRAK IRAN PAKISTAN YAMAN LIBIA SURIAH MESIR DLL.
    SIAPA DALANG DIBALIK SEMUA INI ??????
    MEREKA ADALAH ORANG ORANG JAHAT YANG TIDAK MENGINGINKAN ADANYA KETENTRAMAN DI MUKA BUMI INI, HIDUP DAMAI.
    ALHAMDULILLAH WALAU KITA SUDAH DIGOYANG BERBAGAI RINTANGAN DARI PENJAJAHAN KOLONIALISME KAPITALISME TETAPI NEGARA MASIH BERDIRI TEGAK. DIERA REFORMASI TERNYATA NEGARA KITA MENIMBUHKAN EKONOMI CUKUP BAIK. INDIKATOR BANYAK CALIN JEMAAH HAJI INDONESIA ANTRI SAMPAI SEKARANG. 75 PERSEN BIAYA HAJI ADA DI PERBANGKAN INDONESIA. BAYANGKAN JAMAAH HAJI INDONESIA MASA TUNGGU 1.4 JUTA JUMLAH YANG FANTASITS. 20 JUTA KALI 1.4 JUTA BERAPA ????

    WAHAI BANGSAKU !!!!
    BERSYUKURLAH PADA NIKMAT SANG PENCIPTA. KITA TETAP JAYA. NEGARA KITA ADALAH NEGARA BESAR. MEREKA KORANG JAHAT KETAKUTAN AKAN KEMAPANAN BANGSA KITA.
    MEREKA ORANG JAHAT MENCIPTAKN INTRIK-INTRIK JAHAT.
    TETAPI PERTOLONGAN TETAP AKAN TETAP PADA PIHAK KITA. “SEJARAH SUDAH MEMBUKTIKAN”
    BANGSA KITA YANG CENDIKIAWAN BERADA DI NEGARA-NEGARA MAJU SELURUH DUNIA.
    JANGAN TAKUT !!!!!
    MERDEKA….. NKRI HARGA MATI
    BERIBADAHLAH SELAMA MENJADI BANGSA NEGARA NKRI

  30. Apa yang sudah kamu berikan pada negara ini adalah sebagian dari apa yang tidak pernah kamu ingat untuk memberinya,biarkanlah perjalanan negara ini sesuai dengan garis yang sudah di atur dalam setiap langkah pemimpinya….Biarkanlah Pak harto di puja dan biarkanlah Pak Harti di caci….Bagaimana kita yang masih hidup ini berupaya untuk memperbaiki sistem negara ini untuk lebih baik dari yang lalu…Fikirkanlah semua yang sudah memberikan sejengkal energi untuk bangsa ini…Semoga semua memiliki GARUDA di dadanya…Amin

  31. SEkarang bicara kenyataan aja…..itu yg ngoceh jelekin pak harto…km suruh perang paling jg kabur……..itu yg gk seneng pak harto biasanya doyan kawin kayak binatang nafsunya hanya kawin n makan.klo mau makmur semuany tunggu padi dan kapas yg menang skrang bintang ayo dikawal untuk meletakkan tatanan/pondasi dan aturan.

    • Mas…mas…mas… sabar jgn begitu kayak mereka. Mereka itu bener2 belum paham yg ada hanya kebencian aja. yang ada hanya dungu, bego,dan macam kal;imat yang mereka lontarkan. mari kita tunjukan kepada mereka . Marilah kita teruskan pembangunan ini dimulai dengan diri kita masing2,agar tidak semakin parah. apalagi mencontohi tindakan2 anggota DPR kita yg tidak saling menghormati main saling tonjok sana sini hehehehehe…….

  32. Mas…mas…mas… sabar jgn begitu kayak mereka. Mereka itu bener2 belum paham yg ada hanya kebencian aja. yang ada hanya dungu, bego,dan macam kal;imat yang mereka lontarkan. mari kita tunjukan kepada mereka . Marilah kita teruskan pembangunan ini dimulai dengan diri kita masing2,agar tidak semakin parah. apalagi mencontohi tindakan2 anggota DPR kita yg tidak saling menghormati main saling tonjok sana sini hehehehehe…….sorry saya hanya mengingatkan kembali.

  33. Saya suka dengan kepemimpinan soeharto yg otoriter walawpun harus membunuh secara diam2 apalagi BUAT KALIAN YANG CUMA BISA BACOT DOANG BISANYA KRITIK KERJAAN ORANG, SEKARANG DEMOKRASI, APA? HANYA MEMBUAT PEMIMPIN SULIT MEMBUAT KEPUTUSAN, BELUM APA2 RAKYAT SEPERTI KALIAN PENENTANG SOEHARTO UDH DEMON DULUAN. DI BANDING SEKARANG MASIH MENDING JAMAN SOEHARTO.

    • pak suharto itu pembantai umat muslimin yang ikut partai komunis secara tidak sengaja,..
      saksi mata masih banyak

      kalo memakai hukum fiqih islam, beliau adalah seorang yang ZINDIQ..
      berarti ZINDIQ itu harus dibunuh..
      dia telah keluar dari agama islam..
      karena telah memerintahkan kepada rakyat untuk membunuh
      PKI walaupun dia muslim

      http://id.wikipedia.org/wiki/Pembantaian_di_Indonesia_1965%E2%80%931966

      sekarang saya tanya balik kepada antum,..
      pantaskah seorang mengatakan “bunuh semua PKI yang ada” tanpa memilih2 siapa yang muslim siapa yang Atheis (baca:komunis) ??

      telah terbukti bahwa dia itu menyatakan semua anggota PKI terlibat dalam G30S PKI tanpa pengecualian..,,

      kalau antum membela sang pembantai.,, apakah antum muslim??
      jika antum mendukung apa yang dikatakan soeharto tentang PKI, berarti antum bisa dihukumi kafir,…

      wahai saudara ku, sesungguhnya soeharto banyak meminjam dana dari luar negeri, tapi yang menanggung hutang adalah pemerintah masa kini..

      lalu jika ada yang mengatakan pada saya “wah, kamu adalah kelompok teroris, islam radikal..” tentunya kita balik, ” lalu islam ahlusunnah itu bagaimana?” maka antum akan bingung..

      • Pinter juga Anda Bacot…Eee SaudaraQ yg merasa Religius…Jgn bawa2 Identitas Islam. Islam itu Cinta Damai, Dengan Kata2 Anda Itu mengundang reaksi keras & menimbulkan perselisihan antara yg PRO at yg ANTI. Islam mengajarkan Berpikir yg Positif & Berprasangka yg Baik, Pikiran yg Busuk akan selalu melihat yg Busuk puLa…Buka Mata Hati Anda Saudara, Lihatlah Gambaran Indonesia Masa lalu & Masa sekarang in.,,,????…Partai Religius + Partai Nasionalis tdk ad bedanya, Sama2 menyengsarakan Rakyat (KKN jadi Tradisi). REFORMASI=REPOT MENCARI SESUAP NASI. DEMOKRASI=DEMO SETIAP HARI….

  34. sebenarnya,, Intinya sekarnag. Buatlah Garuda terbang tinggi dengan cara yang sesuai dengan Pancasila. dan menurut serta mematuhi Undang-undang Dasar sebagai landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia. jangan saling menyalahkan, malu ah, diliat dan dibaca sama orang lian. kayak anak kecil aja. hehehe

  35. SAUDARAKU SEBANGSA N SETANAH AIR… Bangsa kita sekarang butuh pemimpin2 seperti kalian krna apa ?????? Klo saya tarik garis besar dr koment2 ini, kita n anda2 semua menginginkan pemimpin besar yg jujur, berani n sayang kpd rakyatnya jdi secara ga langsung anda2 yg pro n kontra menunjukkan RASA CINTA KITA KPDA BGSA N NEGARA INI….. Saya bgga atas koment2 anda yg menunjukkan rasa cinta kalian… YG PRO N KNTRA JDILAH PEMIMPIN2 BESAR YG JAUH LEBIH BAIK DR PEMIMPIN2 SEBELUMNYA.. SYA YKIN KITA BSA… SYA GEMBIRA SEKALI KRN GENERASI MUDA SKRG T’NYATA TTP PERHATIAN PADA BANGSA NEGARA INI…

  36. Sukarno, Suharto, Habibi, Gus Dur, Megawati ataupun SBY, Pemimpin yang nyata betul sebagai presiden di republik ini terlepas dari segala kekurangannya, mereka semua punya kelebihan dengan peran dan gaya kepemimpinannya masing-masing, mereka semua putra terbaik bangsa yang harus dihargai, tidak seperti “Orang Yang Bisanya Hanya Menghujat Dan Mencaci Maki, Tanpa Bisa INTROSPEKSI Apalagi Ikut Andil Mengelola Negeri Ini…. Kesannya…. GOBLOK !!!!!

  37. bagi saya pak suharto adalah pemimpin yg sangat pantas buat bangsa ini,….. selama hidup saya hanya menikmati kemakmuran dimasa pak harto memimpin,…… terus terang saya dan keluarga menangis ketika melihat pak harto mengundurkan diri,…. ada rasa khawatir yg dalam untuk masa sepan bangsa,…. dan kini terbukti sudah,… tapi apa mau dikata egoisme yg mengatasnamakan peribahasa “rayap mampu menumbangkan pohon beringin” sudah terjadi,…. dan peribahsa egoisme bodoh yang mengatasnamakan kebebasan sudah kebablasan,…. moral2 bodoh dilindungi, tujuan2 mulia ditutupi,… mau kemana tujuan kita,… cari pemimpin baru yg mereka dan dia yakini,… hah sedangkan kamu dan saya,….????
    stop perfectionalisme dalam penilaian,…. agungkan kepercayaan kepada pemimpin…. sadarlah kita bukan makhluk sempurna,…. hindari budaya turunkan si A,… turunkan si B,… turunkan si C,…tidak akan ada habisnya,……hahahahahahhahaha……!!!

  38. saya lebih bangga suharto,… karena dia sudah menorehkan jasa dalam kurun waktu 32 th,….
    kemakmuran bidang agraris,… yg paling saya nikmati,….
    dimasa sekarang ini,….huhuhuhuh gk ada yg becus bisanya cuma kritik2 coba pimpin sendiri neh bangsa,…. bisa gk,… saya paling gak suka orang yg memounyai nama besar karena sering mengkritik orang2 besar seperti siapa tuh yg mukanya mirip pelawak,.. wahhh emang pinter c,…. tapi mampukah dia memimpin,.. bukan cuma mengamat,….mengkritik,… dan hmmm, sok pintarlah,….padahal BODOH juga kali,….

  39. stiap manusia pada dasarnya punya jiwa maling n korupsi, tinggal jalan n kbrnian ada apa gak, hdup tingkat bawah aja udh korupsi, nyadar diri bloggggg…. dah mojokin yang dah bngun negara ini, paling cuma orang2 yang MATANE RA weruh yang bsanya nyalahin,,,,,,pembangunan di era suharto adalah terbaik d sejarah indonesia. disegani di dunia,,,,, setelah kita reformasi apa jadinya negara ini??? malaysia aja ngrendahin kita!!!! BUKANYA NGRENDAHIN PRESIDEN LAIN, TAPI PEMBANGUNAN SUHARTO ADALAH YANG TERBAIK, RAKYAT MERASAKANYA

    • Mereka yang pro soeharto berarti pula pro amerika, mereka yang pro amerika harus rela untuk melihat bangsa sendiri diinjak2, harus rela melihat rakyat cuma gigit jari melihat tuan2 asing dan tuan2 yang mengaku pribumi tertawa dengan perut buncitnya menginjak2 bangsa sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa zaman soeharto seakan-akan zaman keemasan, dan mengutuk zaman sekarang lebih buruk dari zaman beliau, tapi apakah pernah terfikirkan dari kalian bahwa apa yang terjadi di zaman sekarang adalah akibat tak ada regenerasi berkualitas dari zaman soeharto? apakah tak ada yg melihat bahwa zaman sekarang ini adalah produk dari orde baru juga? Mari buka mata wahai kawan, mari buka hati dan fikiran, sampai kapan kita akan terus terlena dalam kabut kebohongan? ingat maju atau tidaknya suatu kaum tergantung dari kaum itu sendiri

      • Logika tanpa Hati Nurani itu Busuk…Anda Merasa Org beragama..Yg Baik diambil, dicontoh & dpraktikan dan sebaliknya…Lebih Busuk Sekarang daripada Zaman Dulu Tadz…Pengen Bukti survey aj pada rakyat Kecil..Krn Wong Cilik g Bisa berbohong & Lebih Jujur drpd Anda yg Berilmu, Org yg KKN it adlh Org2 yg Berilmu tp tdk Punya Hati Nurani…”Sok-Sok Tau Anda”..

  40. radjawali@yahoo.co.port punya indonesia, perbulan emas. Yg dibawa ke amerika 3000 trilyun, coba uang emas itu buat di bagi bagi ke rakyat indonesia. Kalau katanya indonesia tdk punya tenaga ahli menambang emas, mengapa emas di gunung pongkor bisa di olah oleh keluarga cendana. Sampai kapan freeport kembali milik indonesia murni, sampai hari ini minyak indomesia masih di curi dari bawah laut setiap hari 3 kapal tangker, pantes saja indonesia tdk mau nambah beli kapal selam, karena takut ketahuan malingnya, alasan tdk punya uang beli kapal selam, BOHONG, padahal tinggal ambil as freeport berapa batang sdh bisa beli kapal selam

  41. Cari informasi siapa tokoh terkejam di dunia ? KKN ? Berapa total hasil jarahan soeharto atas negeri ini ? Pembangunan? Siapa pt dan tender yg mengurus itu smua? Untuk rakyat? Ingat kasus 1986 di priok ? Mau jaman harto kembali? Silahkan jika nyawa mu ingin dihargai dengan sembako yg murah meriah, buka mata? Buka hati ? Zaman sudah maju,sudah berkembang, bilang sakit hati pada soeharto? Mendeskrit soeharto? Kenapa bukan soekarno yg di deskrit? Informasi banyak menunjukan bahwa soeharto adalah koruptor,diktator, masih bantah? Maaf saya katakan anda2 semua tidak malu diakatakan “bodoh” percaya doktrin sesat soeharto dan kroni nya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s