Pesan dan Kesan

Bagi Para pengunjung, silahkan menuliskan pesan dan kesannya untuk blog ini. Semoga blog ini memberi manfaat bagi para pengunjung dan mampu melakukan perbaikan ke depan, baik secara substansi maupun tampilannya.

Terima kasih!

33 Komentar

33 thoughts on “Pesan dan Kesan

  1. salam setengah merdeka!!! hidup rakyat indonesia!!! sepertinya anda dari dulu adalah aktifis. jadi anda bukan bagian dari KMSO(keluarga mahasiswa study oriented). saya berharap anda tetap semangat mendidik next generation sbg pembela2 hak2 rakyat. bukan sebagai pemangsa rakyat. revolusi belum selesai!!!!

  2. blognya sudah berevolusi,,,lebih”sejarah”!

    AUTO-biografi ya pak,,,pantesaann aga”gmn gitu,,

    pak tolong persiapkan”mereka”menghadapi universitas pak,,,satu2nya guru sma yang’pantas’ dan memberi persiapan yang cukup adalah bapak didi,,eh salah kak didi!

    salam hangat dengan rindu..(bener lo pak eh kak saya kangen)

    imam solihin

  3. assalamualaikum……. kyanya lebih enak klo sy panggil mas didi aj y. mas, gmn udah ada calon bini belom? lg usaha bikin biografi, mas? kya org penting aj

  4. Ass..!!

    Pa kabar pak..??!!

    Asik juga baca autobiografinya..

    lebih berhasil dari soe hok gie..

    haha..

    ada rencana buat debat nasional ntar pak bulan januari..

    dateng pak..

    oia,jaman sekarang udah ga ada lagi orang idealis..

    maw makan apa..??

    apakah idealis mati..??

    kalah dong sama soe hok gie..??

  5. assalamu’alaikum ya shohib

    Rasanya sdh lama bgt kita tdk diskusi, biarkanlah di blog antum ini aku coba tuk bernostalgia dalam kerinduan akademis yang pernah kita sama2 enyam dahulu.

    Ada satu hal yang aku menjadi tertarik untuk mendiskusikannya…yakni: WAHABI
    Kebetulan sudah beberapa tahun terakhir ini aku memang sangat tertarik juga untuk mencoba masuk ke etos keberagamaan mereka, yang memang cenderung literal dan dogmatis.

    Afwan ya akhi,
    kalau boleh tahu, mengapa akhir-akhir ini santri nahdhliyin sangat intens dengan perbincangan tentang tema-tema revivalisme islam, terutama yang terselebrasi dalam istilah-istilah seperti arabisme/arabisasi, ideologi transnasional, dan yang terakhir ini adalah salafi atau wahabi. Apakah keberadaan kelompok2 ini memang dirasakan BERBAHAYA bagi ummat? sehingga akhir-akhir ini perlu ada himbuan tersistematis untuk mewaspadainya.

    Bila kita tengok secara historis, aku sangat faham mengapa konfrontasi ini bisa terjadi. Tapi yang tidak pernah bisa aku fahami adalah kapankah semua dialektika ini bisa berubah menjadi simbiose yang saling melengkapi…

    Allahu yu barrik fik…

    History Teacher at Citra Nusa School Cibinong
    0813 1521 1407 (sms ya!)

  6. Assalamualaikum boss… weiks.. udah sukses nih kyknya…
    inget ane ga ente?? satu skul dulu di 84… secara ente diem2 aje jd kite jarang komunikasi de..
    oiyaa… dapet salam juga nih dari ruang sidang anggota dewan yg terhormat…hahaha..
    klo ente mo tau ane ente liat aje email ane ntar ente kroscek di FS..
    Wassalam..

  7. Barakallahu Laka Wa Baraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir. Semoga menjadi keluarga yang sakinah wamaddah wa rahmah, banyak rezekinya, banyak anak dan banyak istri (ups!).

    M’f ya pak,kalau seandainya g sempet hadir di walimatul ursynya…Kami mohon ampun pada Allah seandainya g memenuhi undangan dan mohon maaf dari bapak ‘n istri…maklum anak sekolah yang mau ujian…agak ngak punya waktu luang pak…

  8. Waalaikum Salam.

    Sahabatku, Agung. Kami, kaum Nahdliyyin melihat wahabi sebagai suatu pemikiran dalam Islam yang terlampau digeneralisasikan menjadi “Islam” dalam pemahaman dunia. Hal ini menjadi berbahaya, karena dalam Islam kebenaran hanyalah milik Allah, rabbul izzati. Tidak ada manusia yang memonopoli kebenaran untuk kelompoknya sendiri dan mengatasnamakan perspektif itu untuk mencaci-maki golongan lain.Wahabi terlampau mudah mengklaim “sesat-menyesatkan” atau “murtad” terhadap kelompok lain. Ana kira ini bukanlah cita-cita Islam yang sesungguhnya.

    Pemahaman wahabi yang cenderung “fasis” inilah yang sangat berbahaya untuk digeneralisasikan dan mewakili Islam secara keseluruhan. Islam, bagaimanapun, harus ditempatkan sesuai dengan tujuannya yakni rahmatan lil-alamiin. Ana kira wahabi cenderung menyederhanakan Islam sebagai agama yang formal-kaku dan ritualistik, tidak menyentuh aspek manusiawiah.

    Bagaimanapun, kita tidak hanya ingin menciptakan surga diakhirat yang fasis, tetapi ingin menciptakan surga didunia secara demokratis….

    • Assalamualaikum…………….

      Kebenaran memang datangnya dari Allah… (Benar dan salah sesuai dengan apa yang Allah tetapkan bukan berdasar hawa nafsu kita).
      Jika kita tidak yakin yang kita lakukan adalah benar maka apa gunanya…… maka kita harus bisa mencari dasar setiap apa yang kita lakukan, bukan hanya ikut2an, apalagi dalam beragama.

      memang yang berhak menCAP kafir atau sesat pada manusia adalah mereka yang berkompenten dengan ilmu Islam, tapi kalau memang sudah jelas ciri2 kekafirannya (sesuai hukum ALLAH) maka kita juga harus yakin bahwa itu kafir/sesat.

      Kalau ente bilang untuk tidak mencaci maki golongan lain mengapa dalam blog ente malah Mencaci Maki

      Mari kita kembali kepada Islam secara kaffah sesuai manhaj Rasulullah dan para sahabat, karena merekalah sebaik2 kaum…. dan sudah pasti dijamin dengan Janah-Nya.

      Wassalam

  9. Assalamualaikum
    Maaf pak, saya lupa nanya kalo ketemu Bapak…itu, tadinya saya mau minjem buku2 yang dari anak2 kelas3..tp sekarang kan sudah masuk liburan dan sepertinya sudah tidak mungkin krn kls 3 sdh lulus…
    Tapi, buku2 itu untuk ditaruh di perpus 47 kan Pak? atau untuk tambah koleksi Bapak? soalnya kalau ditaruh di perpus 47 anak2 masih mungkin u/baca…sedangkan dari kemarin, buku2 itu cuma dipajang di uks…udah gitu dikunci lagi..jadi g bisa dibaca..tx& mohon maaf

  10. Assalamualaikum..
    Pak, di STAN kan ada radio komunitas…
    kalo nanti mereka mau ngadain ajang2 di radio yang ngangkat tema sejarah, bapak mau ngisi nggak?
    Rencananya nanti kalau pas ada momen2 penting…
    Nanti kalo jadi, ada yang bakal hub bpk..
    Tapi Bapak harap maklum ya…namanya juga radio komunitas….

  11. IBRAHIM ISA
    MInggu, 02 Januari 2011
    ———————–——-
    Saudara-saudara y.b.,
    Situs ini, Pojok Sejarah dan Budaya! Sejarah akan Membebaskanku dan Membebaskanmu…., baru hari ini saya melihatnya. Saya menerimanya dari seorang teman: TAN SIE TIK. Terima kasih Bung Tan.
    Dimulai dengan CATATAN KRONOLOGIS G30S oleh Mayjen Pranoto dan kemudian komentar-komentar selanjutnya dari pembaca, saya anggap sangatlah berguna. Sangatlah berharga.
    Ini adalah kegiatan mengenai sejarah dan bersejarah. Maka harus diteruskan. JANGAN BERHENTI!
    Sering dikatakan bahwa SEJARAH DIBUAT OLEH PENGUASA, oleh YANG MENANG.
    Situs ini sudah dan akan terus menunjukkan bahwa sejarah dibuat oleh mereka yang peduli sejarah. Akhirnya sejarah itu dibuat oleh masyrakat, oleh rakyat.
    Selamat mengelola terus SITUS SEJARAH ini.
    BRAVO, BRAVO dan sekali lagi BRAVO.
    Ibrahim Isa
    Publisis
    Sekretaris Wertheim Foundation, Amsterdam.

  12. Assalaamu’alaikum
    Aduh mas, seger banget aku baca-baca di blog sampean. ngomong – ngomong di pesan dan kesannya ada yang sumbunya tersengat ya mas. nabi az penyabar eeee yang ngaku ummatnya cepet marah. jangan gitu boss, ini blog nya mencurahkan ilmu pengetahuan. kalo ada dasar dasar pengetahuan baik dari kitab,buku ato apalah silahkan debatnya pake ilmu. boleh tersungging tapi pake elmu dong ach. eh mas semoga sehat selalu and bisa nulis lebih banyak lagi.
    Salam Pergerakan!!!!!!!!!!!

  13. Assalamualaikum pak didi,,,
    menemukan dan membaca blog ini, Alhamdulillah ternyata blog ini terus berkembang dan memberikan informasi dan ilmu pengetahuan terutama sejarah yang sekarang mulai ditinggalkan para kaum muda…
    semoga dengan blog ini jiwa patriotistisme anak bangsa Indonesia akan bangkit dan melawan penjajahan yang sekarang dialami bangsa ini…
    MERDEKA…!!!

  14. Banyak lagu sejarah yang dinyanyikan oleh Superman Is Dead,band punk rock a billy asli Bali ini juga bangga menyanyikan lagu anak-anak
    dan ku harap Indonesia tidak menjadi negara sampah yang kaya akan boyband

  15. Assalamualaikum, Pak Didi.
    rasa penasaran thd murid-murid Tjokro membawa saya terdampar di blog ini.
    Benar sekali, sejarah telah membebaskanku.
    Salam kenal.

    Aniek, mahasiswa Ilmu Sejarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s