XII IA-3

Kebiasaan manusia Indonesia adalah membanding-bandingkan. Menurut anda apa yang menarik dari pemerintahan Sukarno dan apa yang menarik dari pemerintahan Soeharto! Beri uraian sesuai dengan fakta yang ada dalam sejarah, jika perlu gunakan literatur dalam penjelasan anda!

This entry was posted on Agustus 16, 2007, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. 45 Komentar

45 thoughts on “XII IA-3

  1. menurut saya :

    masa pemerintahan Soekarno :
    lebih mementingkan pandangan negara lain ketimbang kesejahteraan rakyatnya sendiri. dengan politik mercusuarnya,Indonesia terlihat baik dimata dunia padahal kesejahteraan rakyatnya kurang diperhatikan.

    masa pemerintahan Soeharto :
    lebih mementingkan pembangunan untuk menarik penanaman modal asing di Indonesia.kesejahteraaan rakyat memang diperhatikan namun korupsi mulai merajalela dalam segala aspek.

    sekian pendapat saya, mohon maaf jika kurang tepat.

  2. Menurut saya,

    Hal yang menarik pada masa pemerintahan Soekarno :

    Soekarno lebih mementingkan harga diri bangsa Indonesia, Beliau yakin bahwa Indonesia dapat berkembang tanpa bantuan dari siapapun. Sehingga Indonesia dikucilkan dalam pergaulan internasional.

    Sedangkan pada masa pemerintahan Soeharto :

    Pada awalnya beliau masih bisa untuk dikritik oleh rakyatnya tetapi lama-kelamaan mulai terlihat kepemerintahannya yang otoriter, contohnya pada saat itu pers dibungkam serta tindakan beliau yang tidak mau menerima kritik dari siapapun. Kondisi perekonomian Indonesia saat itu cukup bisa dibilang makmur, namun negara terlilit hutang oleh negara lain.

    sekian pak..

  3. Menurut saya, yang menarik pada pemerintahan Soekarno adalah pada masa itu dari luar Indonesia adalah terlihat sebagai negara yang kuat dibidang ekonomi dengan membangun berbagai macam fasilitas umum yang baik seperti monas, senayan, dll.Tetapi dalamnya rusak karena kemiskinan semakin banyak dan keadaan negara semakin tidak kondusif pasca G 30 S PKI.Lalu pada masa Soeharto negara menjadi aman lalu ekonomi menjadi lebih baik tetapi,banyak terjadi korupsi dimana-mana sehingga terjadi krisis moneter pada tahun 1998 yang menyebabkan Indonesia harus berhutang pada luar negri.

  4. Yang menarik dari pemerintahan Soekarno :

    Yang menarik meenurut saya dari pemerinyahan Soekarno itu adalah kepercayaan dirinya dalam kanca internasionalnya. Beliau sempat dikenal sebagai selebritis politisi internasional pada masanya karena sifat terbuka dan demokratiknya.
    Menurut saya politik mercusuarnya njuga menarik karena hal tersebut membuat Indonasia tambak bersinar berkembang, walaupun sebenarnya bobrok pada kesejahteraan rakyatnya.
    Ketertarikan saya juga terdapat dalam diri Soekarno sendiri. Dengan titel insinyurnya, beliau berhasil membangun Stadium Gelora Bung Karno dan MoNas.

    Yang menarik dari masa pemerintahan Soeharto :

    Ketertarikan saya dari masa pemerintahannya adalah adanya reaksi nyata dalam perubahan ekonomi. Memang sih niat dan usahanya bagus, tapi akhirnya ditilep sendiri oleh keluarganya cendana dan temen-temennya. Hal ini dapat terlihat dari sikapnya bahwa aset negara sebagian besar dijadikan miliknya sendiri9.
    Bukan cuma itu aja, yang menarik dari “beliau” adalah usaha peduli rakyat dengajn NGUTANG pada negara lain. Emang sih lumayan makmur waktu itu, tapi efek sampingnya masih terasa sampe sekarang, udah rakyat miskin, utang banyak pula.

    Demikian ketertarikan saya mengenai dua tokoh ini, kurang lebihnya saya mohon maaf….

  5. Menurut saya yang menarik dari pemerintahan Soekarno ialah:
    Sistem pemerintahan Soekarno sangat bagus, hal ini dikarenakan para menteri atau pejabat tinggi negara diangkat dari tingkat kaum elit atau keturunan bangsawan.Hal ini menyebabkan dalam sistem pemerintahannya, para pejabat negara tidak mencari kekayaan tapi memajukan bangsa serta mensejahterakan rakyat.Dalam pemerintahannya Soekarno juga bersifat “arogan” dan “anti negara Amerika”.Hal ini tidak hanya diucapkan oleh beliau saja,tapi juga dilaksanakan,seperti pada perlombaan yang diadakan di Indonesia pada masa pemerintahannya, yang pada perwakilan dari Amerika tidak diperikutkan.

    Sedangkan menurut saya pemerintahan Soeharto:
    Orde Baru memilih perbaikan dan perkembangan ekonomi sebagai tujuan utamanya dan menempuh kebijakannya melalui struktur administratif yang didominasi militer namun dengan nasehat dari ahli ekonomi didikan Barat. DPR dan MPR tidak berfungsi secara efektif. Anggotanya bahkan seringkali dipilih dari kalangan militer, khususnya mereka yang dekat dengan Cendana. Hal ini mengakibatkan aspirasi rakyat sering kurang didengar oleh pusat.Orde baru yang datang dengan maksud “koreksi total”,malah lebih terpuruk dengan korupsi yang meraja-lela.Berkas yang masih tersisa dari orde baru pada saat ini ialah “HUTANG”.Hal ini diakibatkan dari pinjaman-pinjaman luar negri pada masa orde baru.Tapi pada masa orde baru,pada sektor pembangunanlah,PLTA dibangun, walaupun penyebarannya belum merata.

    —————-SEKIAN———————————-

    Nama : Rakhma Diana Bastomi
    kelas: XII IA 3

  6. Menurut saya hal yang menarik dari kedua pemimpin pemerintahan itu adalah:

    Soekarno

    pada pemerintahannya soekarno menganut politik mercusuar yang merupakan politik yang memebuat bangsa Indonesia terlihat sebagai negara yang maju dan berkembang do mata negara luar negeri, tetapi pada kenyataannya terdapat banyak kekurangannya seperti tidak teratasinnya masalah rakyat miskin di Indonesia.

    Soeharto

    pada pemerintahan soeharto terjadi perbaikan ekonomi pada bangsa Indonesia, tetapi pada akhirnya terjadi banyak korupsi dikalangan penjabat negara, yang puncaknya mengakibatkan terjadi krisis moneter di Indonesia tahun 1998.

  7. masa pemerintahan soeharto:
    soeharto lebih mengedepankan masalah ekonomi.jadinya ekonominya cukup berkembang baik.tapi ujung2nya ada korupsinya juga,sih..
    masa pemerintahan soekarno:
    soekarno seperti mercusuar.dari jauh terlihat bagus,indah,kokoh,menjulang tinggi,tapi dari dekat tidak sebagus yang dikira.mungkin dimata luar,keadaan indonesia sudah bagus,tapi pada kenyataannya belum tentu seperti itu.masih ada kemiskinan dan kekurangan.

    udah ya pak..segitu aja.maap kalo ada yang kurang tepat..

  8. Soekarno dan Soeharto memang mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam memimpin negara kita ini, tapi yang menarik dari mereka adalah kebijakan hutang dan manfaatya sekarang:

    Soekarno :
    Pada masa Soekarno kita miskin karena Presiden Soekarno
    berhutang banyak untuk membeli senjata dan pesawat terbang, mulai dari konflik irian barat sampai konfrontasi dengan malaysia telah membuat kita mengutang dengan banyak.
    nasib alusista tersebut tidak bertahan lama karena habis terkena embargo setelah soekarno lengser dan dengan kata lain tidak ada manfaatnya bagi rakyat indonesia sekarang kecuali menjadi pajangan di museum
    Soeharto:
    Pada masa ini Soeharto mengutang sebagian besar untuk membangun infrastruktur bangsa (pembangunan) dan memenuhi kantongnya sendiri hal ini membuat kita menjadi negara yang banyak hutangnya. berbeda degan Soekarno manfaat yang dapat diterima sekarang masih ada karena walaupun uang hasil korupsi Soeharto tidak pernah dikembalikan infrastruktur yang sudah dibangun masih bisa dimanfaatkan walaupun hanya berlaku bagi daerah-daerah yang terena cipratan pembangunan.

  9. perbedaan masa pemerintahan zaman Soekarno dan Soeharto:

    # Soekarno

    kalau menurut saya diantara kedua mantan pemimpin negara ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. hal yang menarik dari soekarno adalah beliau sangat ingin membawa nama Indonesia di mata dunia, soekarno menginginkan semua negara di dunia memandang tinggi Indonesia. Berbagai hal yang telah dilakukan soekarno salah satunya adalah politik mercusuar. Sejarah sebelumnya yaitu soekarno pernah menentang pembentukan Federasi Malaysia — dia mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebuah “rencana neo-kolonial” untuk mempermudah rencana komersial inggris di wilayah tersebut. Ini kemudian mengakibatkan pertempuran antara pasukan Indonesia dan Malaysia dan Inggris. Indonesia sempat keluar dari PBB yang dikarenakan Malaysia dipilih sebagai dewan keamanan sementara PBB (kalo gak salah ya Pak). Karena Soekarno tidak terima dengan perlakuan tersebut, jadi Indonesia keluar dari PBB. Tidak lama setelah itu soekarno membuat Stadion utama Bung Karno untuk melakukan Olimpiade sendiri(Ganefo) dan yang diundang hanya sebagian negara-negara yang disukai soekarno saja. Jadi soekarno menginginkan agar Indonesia tidak bergantung dengan negara lain. Di samping itu soekarno juga membangun banyak bangunan-bangunan bersejarah, diantaranya Monas, Sarinah, masjid Istiqlal,dll.
    Sebenarnya masih banyak hal yang dapat dibicarakan mengenai pemerintan soekarno, namun menurut saya politik mercusuar yang paling menarik pak!
    Satu lagi, sampai sekarang saya masih sangat kecewa dengan soeharto karena sebab kecerdikan beliau, Supersemar jatuh juga ke tangn beliau dan soekarno menjadi kambing hitam nya, meskipun soekarno pernah melakukan kesalahan yaitu menganut paham NASAKOMunis namun di samping itu soekarno memiliki niat baik yaitu ingin bangsa Indonesia memiliki nama yang harum di mata dunia…MERDEKA

    # Soeharto

    soeharto adalah mantan presiden ke-2 RI. Soeharto dikenal dengan pemerintahan tangan besi.pada saat masa pemerintahannya, tidak ada yang namanya demokrasi, demonstrasi, dan kekuasaan di tangn rakyat. Semua kekuasaan di tangan soeharto. Tidak ada seorang pun yang berani dengan beliau,setiap ada orang yang ingin menentang nya atau mengkritiknya langsung ditangkap dan dipenjarakan, contoh Iwan Fals waktu menyanyikan lagu bento (kalo gak salah ya Pak).
    Lalu soeharto juga lebih mementingkan nasib keluarga dan drinya sendiri tanpa memikirkan nasib rakyat nya. Beliau banyak membangun tempat-tempat/perusahaan-perusahaan sendiri atas nama keluarga nya dengan menghutang negara atau bahkan menghutang ke luar negeri.
    oya pak, saya pernah dengar kalau dulu pada jaman pemerintahan soeharto, beliau pernah memerintahkan salah seorang menteri untuk membangun sirkuit sentul,bogor untuk menuruti permintaan anak bungsunya yaitu tommi soeharto, namun soeharto tidak memberikan uang untuk biaya pembangunan itu. lalu mau tidak mau menteri tersebut mencari uang, kalau tidak menggunakan uang negara, bagaimana lagi kalu tidak korupsi ?
    namun di samping itu, pemerintahan soeharto juga memiliki kebaikan-kebaikan. Karena tidak ada lagi yang demo-demo, dan semua memiliki hukum yang tegas, meskipun korupsi dimana-mana. Pokoknya pemerintahan soeharto meninggalkan hutang dimana-mana dan merugikan anak cucunya yang sekarang.

    sekian ya pak komentar saya, mohon maaf kalu banyak kekurangan.

    —ratih kusumadiwati—-

  10. Dekrit 5 Juli 1959, adalah awal periode yang dalam sejarah politik kita disebut sebagai “Demokrasi Terpimpin”.Peristiwa ini menandai berakhirnya eksperimen bangsa Indonesia dengan sistem demokrasi yang liberal.
    Sedangkan SuperSemar (Surat Perintah 11 maret 1966), menandai dimulainya periode yang dalam sejarah politik kita disebut sebagai “Orde Baru”.
    Kedua sejarah politik Indonesia ini dibangun dengan inti politik yang sama yaitu dengan Pemerintahan yang OTORITER.

    Pemerintahan Soekarno [Orde Lama (1945 – 1968)]
    Soekarno, Presiden pertama RI dikenal sebagai orator yang ulung, yang dapat berpidato secara amat berapi-api tentang revolusi nasional, neokolonialisme dan imperialisme. Ia juga amat percaya pada kekuatan massa, kekuatan rakyat. Tapi, Soekarno menganggap dirinya seperti Sultan Keraton Yogya yang punya istri banyak, dipuja rakyat, dan punya harta banyak.
    Soekarno adalah pemimpin yang selalu menjunjung tinggi persatuan bangsa, bahkan beliau menuduh partai politik di Indonesia sebagai biang keladi terpecah-belahnya bangsa, dan sempat mengajak rakyat untuk “mengubur” partai-partai tersebut. Dengan mengubur partai politik, Soekarno menganggap bahwa bangsa Indonesia dapat kembali kepada “rel” revolusi yang sejati dengan semangat persatuan.
    Pada awal kemerdekaan Indonesia memakai sistem ekonomi Liberal, soekarno adalah orang yang mengubah sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi komando. Menurut saya ada beberapa hal yang menarik dari sistem ekonomi komando, salah satunya adalah politik ekonomi mersucuar, dengan adanya politik ekonomi seperti ini bangsa indonesia mendapat pengakuan dari bangsa lain sebagai salah satu negara berkembang yang dapat disamakan dengan korea selatan, philipina, dan Thailand saat itu. Dengan adanya sistem ini, banyak dibangun monumen-monumen dan bangunan megah seperti GELORA BUNG KARNO, Monumen Nasional, Masjid Agung Istiqlal, dan lain-lain. jika saat itu tidak dibangun monumen dan bangunan seperti itu mungkin sekarang bangsa indonesia tidak akan mempunyai tempat yang bisa dibangga-banggakan dalam pergaulan internasionl. TAPI, seandainya Soekarno tidak melakukan politik ekonomi mercusuar, mungkin kita tidak akan mempunyai hutang luar negeri yang sampai sekarang belum terlunasi, tapi BAGAIMANA BISA LUNAS !!! setiap tahun kita hanya bisa membayar BUNGAnya saja BUKAN HUTANGNYA. Nah itulah KEBOBROKAN negeri kita.
    Menurut saya. Satu hal yang baik dari pemerintahan Soekarno adalah pengambil alihan semua asset milik asing menjadi milik Bangsa Indonesia. TAPI asset milik bangsa malah dijual sama anaknya, Indosat dijual ke Singapura KATAnya seharga kurang-lebih 6 milyar padahal pemasukan perharinya juga 6 milyar, nah itulah Begonya Bangsa Indonesia.

    Kelebihan Pemerintahan Soekarno:
    -Indonesia mendapat pengakuan dari Internasional.
    -Dibangunnya Monumen Nasional dan bangunan-bangunan megah lainnya.
    -Asset-asset milik asing diambil alih indonesia

    Pada saat pemerintahan soekarno, terjadi beberapa penyimpangan UUD 1945 yaitu:
    1. Soekarno sebagai presiden seumur hidup yang bertentangan dengan UUD 45 yaitu jabatan presiden adalah 5 tahun.
    2. Pidato Soekarno dijadikan GBHN, padahal GBHN seharusnya dibentuk oleh MPR.
    3. Soekarno juga mengubah Politik Luar Negeri kita menjadi NASAKOM, padahalnya seharusnya politik luar negeri kita adalah Bebas-Aktif.
    4. DLL…..

    Pemerintahan Soeharto [Orde Baru (1968-1998)]
    Soeharto, Presiden kedua RI sama sekali bukan orator, jauh lebih tertutup, serta dikenal sebagai orang yang-meskipun pemerintahannya penuh dengan kasus kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN)-memimpin proses bergabung kembalinya Indonesia dengan sistem kapitalisme internasional,. Ia juga terkesan curiga dengan kekuatan rakyat: kebijaksanaan “massa mengambang” Orde Baru didasari premis bahwa rakyat harus dipisahkan dari politik. Soeharto adalah orang yang otoriter, konon katanya jatuhnya orde lama adalah salah satu akibat perbuatan Soeharto yang bekerja sama dengan berbagai pihak lain, yang salah satunya adalah PKI. Buktinya, Mengapa pada G 30 S PKI soeharto tidak dibunuh malah 6 jendral yang jelas-jelas pangkatnya dibawah soeharto yang dibunuh.
    Soeharto dikenal sebagai orang yang antipartai politik, ia merekayasa sebuah sistem yang didominasi oleh satu “partai negara”, yakni Golkar, dan dua partai “pajangan” yaitu PPP (gabungan dari partai islam) dan PDI (gabungan dari partai kristen). KATAnya alasan dari penggabungan partai Kristen menjadi PDI dan partai islam menjadi PPP adalah untuk menyederhanakan kehidupan politik di Indonesia TAPI Menurut saya, arti dari penggabungan itu adalah demi tidak tergoyahkannya jabatan soeharto sebagai presiden indonesia. Karna semakin banyak partai yang memperebutkan kursi pemerintahan semakin banyak sudut pandang rakyat akan ideologi dan cita-cita bangsa yang lebih baik dari ideologi soeharto sehingga dapat menyebabkan tergoyahkannya pemerintahan Soeharto.
    Menurut saya, ada beberapa hal yang menarik dari pemerintahan Soeharto yaitu salah satunya adalah pada tujuan negaranya yeng memfokuskan pada pembangunan perekonomian negara. Demi mencapai tujuannya dengan cerdasnya soeharto menyuruh Mafia-mafia Berkeley untuk membangun perekonomian negara, hasilnya bangsa indonesia mendapat bantuan-bantuan dari berbagai organisasi dunia sebut saja IGGI dan CGI. Tapi karna Soeharto terlalu tergantung sama bantuan bangsa lain, pada saat krisis tahun 1997 indonesia tidak siap dan hutang negara pun menggunung.
    Yang paling menarik saat pemerintahan Soeharto adalah Soeharto menganggap Indonesia sebagai rumah sendiri, buktinya SIAPA yang punya Freeport??? Pangeran Charles!… yang punya Freeport adalah Soeharto. Selama ini bangsa kita dibohongi oleh Soeharto dan cecunguknya, dulunya freeport dibilang penambangan tembaga, TAPI freeport sebenarnya adalah penambangan EMAS. Udah berapa TON emas kita yang dimonopoli soeharto jawabannya SEGUNUNG….!!!

    Kelebihan Pemerintahan Soeharto
    -perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.000
    -sukses transmigrasi, yang disertai segala dampak negatifnya
    -sukses KB
    -sukses memerangi buta huruf
    -sukses swasembada pangan
    -pengangguran minimum
    -sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun)
    -sukses Gerakan Wajib Belajar
    -sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh
    -sukses keamanan dalam negeri
    -Investor asing mau menanamkan modal di Indonesia
    -sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri

    Kekurangan Pemerintahan Soeharto
    -semaraknya korupsi, kolusi, nepotisme
    -pembangunan Indonesia yang tidak merata dan timbulnya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah, sebagian disebabkan karena kekayaan daerah sebagian besar disedot ke pusat
    -munculnya rasa ketidakpuasan di sejumlah daerah karena kesenjangan pembangunan, terutama di Aceh dan Papua
    -kecemburuan antara penduduk setempat dengan para transmigran yang memperoleh tunjangan pemerintah yang cukup besar pada tahun-tahun pertamanya
    -bertambahnya kesenjangan sosial (perbedaan pendapatan yang tidak merata bagi si kaya dan si miskin)
    -kritik dibungkam dan oposisi diharamkan
    -kebebasan pers sangat terbatas, diwarnai oleh banyak koran dan majalah yang dibreidel
    -penggunaan kekerasan untuk menciptakan keamanan, antara lain dengan program “Penembakan Misterius” (petrus)

  11. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saya tidak bisa mengungkap banyak terhadap permasalahan ini karena menurut pendapat saya pribadi menarik atau tidaknya apa yang dilakukan seseorang itu relatif, umum, serta luas maknanya…

    Baik saya langsung ke point saja..

    Seorang presiden ditunjuk oleh rakyatnya untuk memimpin suatu negara karena kelebihan – kelebihan yang dipercaya akan membawa rakyatnya ke arah yang lebih baik. Namun, mereka hanyalah manusia yang -seperti yang kita ketahui- memiliki banyak kekurangan. Tidak akan pernah bisa semua hal yang kita “tuntut dan impikan” bisa terkabul. Akan selalu ada sisi hitam dibalik putihnya sosok mereka dimata rakyatnya. Tak ada yang sempurna.

    Sosok seorang “Bung Karno” dalam pemerintahan di mata saya..

    Beliau itu merupakan sosok seorang pahlawan, pelopor kemerdekaan dan pejuang yang sangat berjasa dalam negara kita. Menurut saya beliau sangat mencintai negaranya dan begitu bekerja keras dalam membela negaranya. Soekarno sangat mementingkan harga diri di depan bangsa lain, beliau adalah orang yang anti berhutang, dan gigih meningkatkan derajat negara tercintanya. Berkat jasa beliau kita merdeka, negara kita dihargai oleh bangsa lain, kita punya Monas dan Gelora Bung Karno (hal yang cukup patut dibanggakan), dsb. Belum lagi dengan pribadi beliau yang senang berorasi dan bijak, semangat beliau menentang penjajah juga PKI yang merupakan dalang dari berbagai malapetaka, bertambahlah deretan keistimewaan beliau.

    Namun, dibalik semua itu dibidang politik, soekarno cenderung presidensil dan agak otoriter. Hampir semua kegiatan ia kepalai sehingga demokrasi yang merupakan tujuan negar kita tidak dapat tercapai. Organisasi tidak sepenuhnya aktif dan ia cenderung egois dan memaksakan kehendaknya.

    Pujian dapat saya berikan kepada Bung Karno kita atas kegigihannya membangun negara kita. Contoh yang sangat saya kagumi dari beliau adalah kemampuan beliau untuk “membeli” dan keengganannya untuk “menjual”. Keteguhannya menjadi inspirasi bagi saya.

    Kemudian mengenai Pak Harto..

    Menurut pendapat saya Pak Harto adalah sosok yang sangat berbeda dengan Bung Karno itu tertutup dan penuh misteri. Apalagi dalam pemerintahannya, banyak yang bilang sangat dipenuhi oleh KKN. Bagi saya beliau sangatlah ambisius dan “peduli jabatan”. Dia adalah tipe orang yang “menghalalkan” segala cara untuk menjadikan dirinya berkuasa. Tapi entahlah pendapat saya ini benar atau tidak. Saya rasa mungkin pandangan kita akan berbeda.

    Beberapa hal yang tidak saya sukai dari pemerintahan soeharto yaitu:
    – Beliau cenderung memilih bekerja sama dengan musuh kita yaitu PKI demi menjaga dirinya sendiri
    – Beliau salah mempersepsikan bahwa membangun negara dapat dilakukan dengan berhutang, namun pada akhirnya negara justru yang menanggung kesalahannya sedangkan dirinya sendiri serta keluarganya hidup “senang” sampai sekarang
    – Dengan menjual saham kita kepada negara lain, bukankah itu sama saja menjual diri?

    Entah apalagi yang saya harus ungkap.. Saya rasa tidak adil menghakimi beliau begitu saja..
    Namun dibalik semua kesalahan yang diperbuat, tak sedikit pula jasa-jasa yang telah beliau beri bagi negara kita..

    Berkat beliau, demokrasi di negara kita menjadi lebih terwujud.
    Berkat beliau, kita pernah swasembada beras yang kini tak lagi kita rasakan.
    Berkat beliau, ekonomi kita stabil dalam waktu yang cukup lama.
    Berkat jasa beliau pula negara kita menjadi terarah dan teratur..

    Tak banyak pendapat yang dapat saya berikan untuk membedakan keduanya. Karena bagi saya pribadi, tidak ada yang lebih baik diantara mereka..

    Karena mereka adalah yang TERBAIK…

    Sekian

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  12. Soekarno

    Beliau memiliki kealian yang sangat luar biasa di dalam bidang apapun. Sebagai presiden, ia pun mampu membuat berbagai bangunan megah di Indonesia. Beliau mampu membuat Indonesia mencapai puncak kejayaan dengan pidatonya di sidang PBB yang disaksikan oleh petinggi-petinggi pemerintahan negara lain.

    Beliau juga mampu mencetuskan politik mercusuar yang berarti beliau menginginkan Indonesia yang terlihat berjaya di luar walaupun keadaan sebenarnya di Indonesia sangat memprihatinkan.

    Beliau adalah orang yang sangat nasionalisme, namun agak otoriter dan memaksakan kehendaknya. Namun berkat beliau, saat ini kita bisa menikmati kemerdekaan yang baru saja menginjak usia ke 62 tahun. Karena ia adalah tokoh yang membacakan teks proklamasi Indonesia..

    Makasiiii buat bapak Soekarno….

    Soeharto

    Mantan presiden kita yang satu ini, sangat membuat saya agak kebingungan. Di satu sisi, ia membuat negara Indonesia pada masa itu sangat menikmati kemakmuran. Di sisi lain,ia juga disangsikan tidak memiliki hubungan dengan pemberontakan G 30 S/PKI yang sempat membuat memporak porandakan negara Indonesia dan melumpuhkan pemerintahan di Indonesia.

    Banyak yang senang dengan pemerintahan beliau, namun banyak juga yang menentang dan melaknat pemerintahan beliau.

    Beliau mampu memerintah Indonesia selama 32 tahun dan pada masa pemerintahannya, ia menerapkan aturan yang sangat mengekang dan tidak demokratis. Rakyat biasa tidak diperkenankan bicara semaunya dan pimpinanlah yang berhak bertindak dan berkata semaunya.

    Hutang Indonesia yang dibebankan oleh Soekarno diperparah oleh pemerintahan Soeharto dengan seringnya melakukan pinjaman ke IMF atau World Bank. walaupun berkat pinjaman itu, pada masa Soeharto harga-harga barang dapat subsidi dan menjadi murah….

    Sekian dari saya….
    Makasii…

    -R.Pertiwi…XII IA 3-

  13. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Menurut saya :

    Pemerintahan Soekarno :
    Pada zaman ini keuangan Indonesia sangat baik (Di mata negara luar)meskipun keadaan sesungguhnya tidak sebaik kenyataannya, dimana realitanya pinjaman Negara Indonesia dengan negara asing seperti contoh IMF sangat “blabar”. Utang-utang tersebut digunakan bukan untuk memperbaiki keadaan ekonomi Indonesia, melainkan untuk sarana “unjuk gigi” Soekarno kepada negara luar, seperti membuat monumen-monumen atau bangunan-bangunan yang sangat “megah” yang dapat membuat mata dunia melihat kepadanya. Alhasil, keuangan Indonesia pun menjadi sangat terangkat di mata dunia.
    Sedangkan di segi politik, pada zaman ini Indonesia pernah menganut sistem Liberal atau boleh dibilang kekuasaan tertinggi negara sepenuhnya berada di tangan Presiden, sehingga segala macam keputusan yang berhak memutuskan pada pemerintahan ini adalah Soekarno.

    Pemerintahan Soeharto :
    Pada zaman ini sistem keuangannya sudah sangat amat membaik dibanding sebelumnya. Utang -utang sudah mulai terbayarkan, kesejahteraan penduduk pun meningkat meskipun sedikit. Sehingga boleh dikatakan Indonesia termasuk negara yang cukup kaya. Hanya disayangkan dibalik kesuksesan tersebut “antek-antek” nya kurang dapat dipercaya untuk menangani keuangan Indonesia, sehingga perlahan-lahan keuangan Indonesia mulai terperosok.

    Terima kasih ya Pak Didi, mohon mav bgt kl ada data yang salah.

  14. Menurut saya :

    Pemerintahan Soekarno :
    Indonesia di mata dunia menjadi negara yang tenar. namun, akibatnya Indonesia terlilit hutang luar negeri yang sangat besar. dari segi politik, Indonesia menganut sistem liberal dimana kekuasaan tertinggi di tangan presiden.

    Pemerintahan Soeharto :
    Pada masa ini, ekonomi Indonesia berkembang pesat. namun kejayaan itu hanya bertahan selama 3 dekade. Korupsi pun mulai merajalela di indonesia.Pada masa ini pun Indonesia mengalami krisis ekonomi terbesar sepanjang sejarah.

    Thx berat bro!! kasi nilai nyang bagus ocee!!

  15. Pada masa Pemerintahan Soekarno yang menarik adalah :

    Beliau adalah presiden pertama Indonesia yang juga sebagai pelopor nasionalisme di Indonesia. Ia sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di Indonesia.
    Ia lebih mementingkan kejayaan di luar negeri dibanding dalam negeri. Ia pun sangat berjasa pada bangsa Indonesia khususnya di bidang-bidang politik dan pembangunan gedung-gedung megah di Indonesia.
    Soekarno adalah seorang pemimpin yang otoriter dan ia lebih memihak pada blok timur.

    Beliau adalah satu-satunya pemimpin Indonesia yang memiliki istri banyak. (kalo ga salah y pak) Beliau juga punya semacam ilmu-ilmu gitu…hahahaha…

    beliau sangat berwibawa bahkan saat berada di negara-negara blok barat….

    Pada masa Pemerintahan Soeharto yang menarik adalah :

    Beliau adalah presiden yang berkuasa selama 32 tahun.
    Pada saat pemerintahannya, ia sangat menekan terhadap warga keturuna Tionghoa dengan melarang penggunaan tulisan dan menutup organisasi Tionghoa. Beliau juga menggabungkan beberapa partai menjadi hanya 2 partai.

    berkat jasanya, Indonesia pernah menduduki peringkat 3 besar dalam bidang militer (persenjataan) di Asia. Ia pun membuat ABRI menjadi dwifungsional yaitu sebagai kekuatan pertahanan keamanan dan sosial dan juga politik.

    Beliau juga sebagai bapak pembangunan. Karena berkatnya, Indonesia memiliki bangunan yang bisa kita nikmati sampai saat ini. Perekonomian Indonesia pada saat itu juga sangat baik walaupun sebenarnya, memiliki hutang yang sangat banyak yang sampai saat ini belum terbayarkan….

    udah ya pak….
    Bingung mw nulis apa lagi…

    -M.Laila-

  16. menurut saya kedua presiden tersebut pada masa jabatanya memiliki hal yang menarik untuk di bahas dan untuk dijelaskan dalam segala bidang. Presiden Soekarno dan Soehartio pada masa jabatanya memiliki hal yang menarik

    * Presiden Soekarno
    Pada masa sebelum soekarno menjadi presiden banyak yang sudah mengetahui bahwa ia adalah orang yang pantas unuk menjadi seorang presiden Di indonesia karena ia telah melakukan banyak hal yang membuat negara indonesia menjadi merdeka dan membawa indonesia menjadi terkenal dimata dunia . Ia adalah presiden pertama yang ada di indonesia . Tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 bersama Hatta ia enjalankan roda pemerintahan . Banyak kebijakan yang telah ia keluakan pada masa kepemerintahanya salah satunya adalah indonesia sebagai anggota PBB.
    Hal yang menarik pada saat kepimpinanya adalah
    dalam
    *bidang politik:
    1 . masuk dalam keanggotaan PBB
    2. Menganut paham komunis yang sebenarnya bertentang dengan Pancasila
    3.Mengeluarkan dekrit presiden
    4.mengadakan kerjasama dengan negara di ASEAN
    5.mengirimkan pasukan garuda kenegara Korea
    Selaitu ia juga memilki paham yang bertolak belakng yaitu komunis ( NASAKOM). dan ia juga mengikuti paham yang mengatakan paham tersebut adalah NEFO yaitu anti dengan imprealisme dan kolonialisme. Ia juga termasuk orang yang akatif dalam organisasi tingkat dunia seperti konferensi ASIA DAN Afrika . Dan ia juga menganut politik mercusuar .Politik mercuasar yang dikeluarkan loh soekarni akibat ketidak sukaan i dengan malaysia karena ia sebagai anggota dewan tidak tetap PBB.

    *bidang Ekonomi
    Mengadakan kerjasama dengan negara maju dengan cara mengeksport barang indonesia kenegara lain dan mengimport barang yang dibutuhkan oeh negara indonesia . Selain itu Soekarno Juga mengunakan sistem ekonomi terpimpin yaitu mengendalikan semua kebijakan ekonomi di bawah pengawasanya .Dan perekonomi tersebut sehingga terpusat pada pemerintah pusat .Karena hal tersebut pada Zamn demokrasi terpimpin seolah – olah ekonomi bisa ia pimpin dengan semua kekuasaannya . Dari perekonomian yang dianutnya mengakibatkan hal yang buruk seperti :Penyelesaian masalah ekonomi yang tidak rasinal dan lebih bersifat politis dan tanpa kendali ,Tidak ada Ukuran yang obyektif dalam menilai suatu usaha / Hasil orang lain.
    Ia juga menyatukan semua Bank menjadi Bank sentral

    *bidang sosial Dan budaya
    mengirim duta – duta budaya saling tujar menukar budaya agar dapat berdampak pada sistem perekonomian indonesia . Membangunan saran dan prsarana seperti monas dan gelora bunga karno. Selein itu ia juga mengadakan proyek besar yaitu penyeengaraan Ganefo ( games Of New Emerging Forces). Saling tukar pelajar dengan negara – negar yang ada di ASEAN khususnya

    Keunikan pada masa pemerintah SOEHARTO
    Pada masa awal ia menjadi seorang presiden apakah ia menjadi presiden atas kehendaknya atau dengan pemilihan yang dilakukan oleh MPR . Dia adalah presiden yang paling lama dan banyak terjadi kontroversi pada pemerintahanya mulai din emnjabt hingga ia berhenti menjadi presiden . Pada awal jabatanya yang di mulai pada saat supersemar keluar dan hal tersebut banyak kontoversi melai dari suratn yang di berikan oleh soekarno mengenai surat tugas atau surat pengalihan kekuasan . Surat tersebut apakah melelui banyak paksaan oleh antek – antek Soeharto .Keunikan dalam bidang politik:
    ia mengembalikan kembali paham negara indonesia yang dianut oleh soekarno yang mengarah kekomunis menjadi nasinalid dan menjadi negara yang menganut paham bebas dan aktif .Mengurang / mempersempit parti yang ada di indonesia yang tadinya ada 10 partai menjadi 3 parta yaitu PPP( yang berisi dengan partai – Partai Islam ) PDI ( yang berisi dengan partai – partai nasionalis dan non islam ) dan Golkar , dengan hal tersebut ia dapat mengawasi para pembesar sehingga ia dapat bertahan selama 32tahun menjabat sebagai presiden Di indonesia . Ia memasukan dwi fungsi ABRI. Sehingga abri sangat berpengaru pada sat itu dan saat ini

    Bidang ekonomi
    Pada bidang ekonomi pada masa pemerintahan nya ia mendatangkan para ahli ekonomi daro belanda yang s\di sebut dengan mafia barkeley . Dan memperbaiki sistem perekonomi negara indonesia . Melekukan swasembada pangan . Melakukan REPELITA sampai 5 dan terlihat hasil yang sangat maksimal dari hal tersebut , tak bisa dipungkiri bahhwa ekonomi berkembang pesat dan maju pada masa pemerintahan soeharto
    Bidang Sosial & budaya
    Banyak hal yg di alaukun sperti membanguna taman bauh mekar sari yang terkenal di asia dan menbangun masjid Istiqlal yang juga terkenal di asia .
    Dari semua banyk hal yang masih dalam pertanya pakah ia terlibat dalam G30 ski dan apakah ia masuk dalam pemaksaan soekarno dan Banyak juga terjadi penyimpangan dalam masa soeharto

  17. Assalamu’alaikum wr. wb.

    menurut saya, kedua manatn pemimpin di indonesia tersebut sama-sama memiliki sisi menarik..

    Soekarno

    Menurut saya, hal yang cukup menarik dari pemerintahan Soekarno adalah “biar ngutang asal keren” dan ke egoisme-an nya yang membuat bangsa Indonesia dikenal di dunia..pada zaman Soekarno,Indonesia berhutang ke negara-negara timur (seperti Uni Soviet,dll) untuk membeli senjata-senjata dan perlengkapan perang lainnya agar Indonesia cukup ditakuti dan dikagumi oleh negara-negara lain..meskipun berhutang,tapi niatnya sungguh bagus (menurut saya),,karena dengan hal tersebut,Indonesia cukup di pandang oleh negara-negara lain..belum lagi dengan dibangunnya Monas, gedung Sarinah (yang namanya di ambil dari nama asisten rumah tangga Bung Karno),dan stadio Gelora Bung Karno..Semua itu agar bangsa kita di pandang oleh bangsa lain….

    Soeharto

    Menurut saya,hal yang menarik dari Soeharto adalah fusi partai (hanya ada PPP,PDI dan Golkar),dan keberhasilannya dalam memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia (meskipun pada akhirnya tidak),dan kesederhanaan dari Pak Harto itu sendiri..Dengan adanya fusi partai,partai-partai yang ada sudah jelas adanya (tidak seperti sekarang,banyak partai,yang menang itu-itu aja,ga jelas pula)..Meskipun Golkar terlalu menguasai pemerintahan (pegawai negeri hanya boleh memilih Golkar),tapi dengan hanya adanya 3 partai tersebut,kita lebih mengetahui tujuan,visi,dan misi partai yang akan kita dukung..Pada masa pemerintahan pak Harto,kondisi perekonomian bangsa Indonesia bisa dibilang baik,meskipun harus berhutang sana-sini agar kondisinya “normal”..Seperti hal yang saya cantumkan pada pembahasan Soekarno tadi,”biar ngutang asal keren”..Dan hal yang cukup menarik dari Pak Harto adalah kesederhanaannya..Saya melihat (diceritakan lebih tepatnya),Pak Harto adalah orang yang sederhana dengan tidak tinggal di Istana Negara,melainkan di kediamannya milik dia sendiri (tidak seperti sekarang,presiden maunya tinggal di Istana Negara),dan jika hendak melakukan pertemuan atau bertugas di dalam negeri,dia memakai kendaraan milik dia sendiri (tidak seperti sekarang,dari presiden sampai wakil rakyat harus dapet mobil dari negara)….

    kurang lebih begini saja,maaf jika ada salah-salah kata..itu tidak lain karena kesalahan saya dan cara saya untuk mengeluarkan pendapat saya saja..

    akhir kata,
    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Ya-Ha!

  18. Assalamualaikum wr.wb…
    Menurut saya sisi menarik dari kedua mantan presiden R.I adalah :
    >> Soekarno
    Pada masa pemerintahannya,beliau berani mengambil keputusan untuk keluar dari PBB yang disebabkan kecewanya beliau karena malaysia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB.Kemudian beliau melaksanakan politik mercusuar,walaupun hanya terlihat dari luarnya saja yang baik sedangkan keadaan rakyatnya yang jauh dari sejahtera,setidaknya kita punya sesuatu yang bisa kita kenang dan banggakan.Seperti pembuatan masjid istiqlal,gelora bung karno,dll.Walaupun berhutang dari negara lain,beliau juga membeli senjata dan alat perang lainnya.Namun setelah peristiwa G30S,keadaan ekonomi, politik serta hankam indonesia makin terpuruk,hingga akhirnya keluarnya Supersemar.

    >> Soeharto
    Pada masa pemerintahan soeharto,keadaan ekonomi mulai membaik,utang-utang indonesia mulai terbayarkan.Namun tetap saja masih banyak rakyat yang kurang perhatian serta banyaknya konglomerat yang tidak bertanggungjawab korupsi sehingga menyengsarakan banyak pihak.Pemerintahannya termasuk otoriter karena kekuasaan penuh ditangan beliau.Pada saat itu terjadi kebijakan ekonomi yaitu dengan meminjam uang kembali kepada IGGI dan CGI,namun hal itu tidak banyak membantu.kemudian indonesia mengalami swasembada pangan namun tidak bertahan lama.
    Dalam bidang politik,soeharto melakukan fusi partai yaitu penggabungan partai2 yang memiliki satu visi.Maksudnya adalah supaya partai2 tersebut mudah di kontrol pergerakannya.Serta memanfaatkan kekuasaan yang ada dengan adanya sistem patronase pegawai negri pada waktu itu wajib mendukung GOLKAR sehingga selama 32 tahun tetap berjaya.Pada saat itu juga indonesia sudah miskin alat2 perang.
    sekian pak……….

  19. perbedaan masa pemerintahan zaman Soekarno dan Soeharto:

    Soekarno

    hal yang menarik dari soekarno adalah seorang pemimpin yang di segani di dunia, karena kecerdasan dan kempuan dalam memimpin ia dikenal. Beliau sangat ingin membawa nama Indonesia di mata dunia, soekarno menginginkan semua negara di dunia memandang tinggi Indonesia. Berbagai hal yang telah dilakukan soekarno salah satunya adalah politik mercusuar.Jadi soekarno menginginkan agar Indonesia tidak bergantung dengan negara lain. Di samping itu soekarno juga membangun banyak bangunan-bangunan bersejarah, diantaranya Monas, Sarinah, masjid Istiqlal,dll.
    soekarno, yg paling menarik..
    politik mercusuar dan cara kepemimpinan yang tegas.
    dan karena beliau lah, kita bs merdeka..merdeka

    Soeharto

    beliau adalah orang yang telah memimpin negara indonesia selama 32th, ia menjadikan negara ini makmur pada saat ia memerintah. pada dasarny kemakmuran ada karena segala kebutuhan negara, kita meminjam atau hutang ke luar negri dan ini berakibat ketika lengserny pak harto, indonesia mengalami krisis moneter

    sekian ya pak komentar saya, mohon maaf kalu banyak kekurangan.

  20. Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut pendapat saya,

    >>Soekarno: Pemerintahan yang didirikan oleh soekarno ada lah yg terbaik sepanjang sejarah indonesia walaupun ada kekurangannya, seperti contoh dahulu pada masa soekarno masih menjabat sebagai presiden Indonesia menjadi negara yg cukup ditakuti oleh negara2 lain, karena ketangguhan militernya, dan juga soekarno sendiri yang terkenal dengan ke otoriterannya. Dahulu dari semua negara asia, indonesia sering disebut2 sebagai macanasia karena militernya yang sangat bagus, tapi disamping itu semua ternyata ekonomi indonesia sangat lemah, hutang dimana2, itulah yg menjadi kelemahan dalam pemerintahan soekarno.

    >>Soeharto: Pemerintahan soeharto juga termasuk yang terbaik dalam sejarah indonesia, dalam pemerintahan soeharto, ekonomi indonesia sangatlah baik seperti contoh, dollar pada saat itu bisa menguat hingga kurang lebih 6000 Rupiah per dollarnya. tapi pada saat yang sama kekuatan militer indonesia juga menurun, karena kestabilannya kesejahteraan rakyat, soeharto tidak terlalu memikirkan pandangan bangsa lain terhadap indonesia, yang selalu dipikirkannya adalah bagaimana rakyat indonesia bisa mencapai kesejahteraan.

    Sekian dan terima kasih.

  21. ini sih Menurut pendapat saya:

    bung karno:
    pada masa pemerintahan beliau rakyat sangat makmur dan memiliki jiwa nasionalis yang tinggi.selain itu pada masa pemerintahan beliau harkat martabat bangsa Indonesia sangat di hargai oleh bangsa lain.sifat nasionalis yang dimiliki oleh bung karno mampu membangun mental bangsa indonesia dengan baik.beliau juga berani untuk menolak bekerja sama dengan orang barat.pada masa pemerintahan beliau indonesia terlihat begitu kaya dan makmur,terbukti dengan di bangunnya beberapa bangunan seperti MONAS,GELORA BUNG KARNO,MESJID ISTIQLAL,dsb.beliau juga berani mengambil keputusan untuk keluar dari PBB,karena Malaysia masuk menjadi anggota sementara dewan keamanaan PBB.sikap-sikap tegas yang diambil beliau sangat berani.beliau juga menganut anti mperalisme dan kolonialisme.

    Pak Harto:
    pada masa pemerintahan beliau menurut saya negara cukup makmur dan sejahtera,walaupun masih banyak rakyat yang berada di bawah garis kemiskinan.terbukti beliau mampu mengembalikan nama baik Indonesia dengan masuk kembali menjadi anggota PBB.program-program beliau seperti PELITA sangat bermanfaat sekali pada masa ini,seperti pembangunan listrik dan jalan raya.beliau juga mampu mempersatukan partai-partai menjadi satu,seperti PPP,PDI, menurut saya itu sih baik,kan kalo jadi satu bukannya semakin erat kesatuannya,jadi jangan selalu berpikir negatif akan sesuatu,,

    Jadi intinya menurut saya kedua pemerintahan baik Bung Karno maupun Pak Harto sangat menarik dan mampu membangun negara dan rakyat dengan baik,,jadi kita jangan saling menjelek-jelekan antara kedua pemerintahan beliau,walaupun masih banyak rakyat yang menderita tapi beliau2 sudah berusaha menjadi pemimpin yang sebaik-baiknya.terima kasih Bung Karno dan Pak Harto atas dedikasi yang diberikan untuk kesejahteraan rakyat,, sekarang tugas kita untuk melanjutkan perjuangan beliau-beliau,,
    Terima kasih

  22. Menurut pendapat saya yang disesuaikan dengan fakta yang ada dalam sejarah :
    A.Hal yang menarik dari pemerintahan Soekarno :
    1.Dalam bidang hubungan internasional, Soekarno menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan menjadi anggota PBB, tetapi kemudian Soekarno memerintahkan untuk keluar dari keanggotaan PBB karena tidak setuju dengan dominasi negara-negara barat dan paham kapitalisme. Dengan keluarnya dari keanggotaan PBB, Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan kekuatannya di Asia Pasifik.
    2.Dalam bidang kemiliteran, Soekarno dikenal dengan sebutan Panglima Revolusi dan sanggup menggerakkan pasukan untuk berperang, diantaranya adalah perang merebutkan Irian Barat yang menjadikan wilayah Papua menjadi wilayah Indonesia, keberanian Soekarno juga berkaitan dengan gerakan ganyang Malaysia dan ingin merebut Kalimantan utara dari Malaysia. Hal ini tidak terwujud karena pemerintahan Soekarno jatuh dan digantikan Soeharto, yang berdamai dengan Malaysia.
    3.Dalam bidang pemerintahan dalam negeri, Soekarno dikenal sebagai pemimpin yang melaksanakan politik mercusuar dan berbagai kegiatan yang luar biasa seperti konferensi Asia, Afrika, olahraga GENEFO dan juga pembangunan fasilitas-fasilitas umum, serta lapangan-lapangan olahraga.
    4.Dalam bidang politik, Soekarno membekukan lembaga yang setingkat DPR yaitu Badan Konstituante. Dengan dibubarkannya Badan Konstituante maka Soekarno menjalankan pemerintahannya sendiri yang disebut dengan Demokrasi Terpimpin, hal ini dijalankan sampai Soekarno digantikan oleh Soeharto.
    5.Dalam bidang komunikasi, Soekarno dikenal sebagai orang yang sangat dikagumi karena kemampuannya untuk mempengaruhi banyak orang. Dengan pidato-pidatonya dapat menjadikan pendengar (rakyat) Indonesia mendekati dan memberikan dukungan kepadanya.
    6.Sekalipun Soekarno dijatuhkan oleh Supersemar yang dibuatnya sendiri tetapi Soekarno adalah contoh seorang pahlawan yang mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa sepanjang hidupnya dari muda sampai tua. Kisah hidupnya unik, keluar masuk penjara, dibuang dan diasingkan ke berbagai tempat tetapi semangat perjuangannya luar biasa tidak pernah padam, itulah yang menarik dari kehidupan Soekarno dan pemerintahannya selama menjadi presiden.

    B.Hal yang menarik dari pemerintahan Soeharto :
    1.Sebagai bapak pembangunan, selama memerintah sebagai presiden, Soeharto melakukan pembangunan disemua sektor pendidikan dan pertanian. Melalui pembangunan pertanian Indonesia pernah mencapai swasembada pangan pada 1984.
    2.Selama memerintah Soeharto dikenal sebagai presiden yang tidak suka tampil berpidato dan lebih banyak diam, serta melimpahkan kegiatan pemerintahan kepada menteri-menterinya, itulah yang menyebabkan menteri-menteri pada masa Soeharto jarang diganti.
    3.Soeharto lebih tertarik pada stabilitas politik dan keamanan dalam negeri, pada masa Soeharto partai politi dikurangi hingga tinggal 3 parpol yaitu GOLKAR, PPP, dan PDI. Dengan partai yang sedikit stabilitas lebih terjamin dan tidak ada gejolak yang berarti.
    4.Soeharto dikenal dekat dengan kebutuhan pokok rakyat, dengan stabilnya harga-harga kebutuhan pokok (sembako) dan dapat terjangkau oleh semua orang sehingga tidak ada anti dalam membeli barang-barang kebutuhan pokok.
    5.Soeharto adalah presiden yang menerima Supersemar, yang sampai saat ini masih misterius tentang kebenarannya, terlibat kontroversi soal G30S/PKI, belum ada keputusan apakah Soeharto ikut G30S/PKI atau tidak, sejarahnya belum lengkap sampai sekarang.
    6.Soeharto merupakan pencetus tentang P4 untuk memasyarakatkan Pancasila sehingga semua orang mengenal Pancasila dan cara-cara pengamalannya dalam kehidupan bermasyarakat.

    Created by : Agung Fajar N XII-IA3

  23. Ass.wr.wb
    Kalau yang menarik menurut saya adalah prestasi/kelebihan dari pemerintahan soekarno dan soeharto itu sendiri. Prestasi itu sangat menarik untuk dibandingkan sebagai tolak ukur berhasil atau tidaknya pemerintahan mereka. Contoh prestasinya adalah:

    SOEKARNO
    – Sistem pemilu yang multi partai yang mencerminkan pelaksanaan demokrasi (pemilu 1955)
    – Adanya sistem pemerintahan parlementer di Indonesia, yaitu dengan adanya perdana menteri (adam malik)
    – Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, yang mendorong indonesia menjadi salah satu negara yang pro aktif mendeklarasikan KAA (Konferensi Asia Afrika), dimana pada saat itu menjadikan indonesia (presiden soekarno) dihormati oleh negara lain.

    SOEHARTO
    – Adanya perbaikan pembangunan dan perekonomian Indonesia, yang dibuktikan diantaranya dengan menurunnya tingkat kemiskinan dan jumlah penganguran, walaupun harus mengorbankan pelaksanaan demokrasi yang sebenarnya.
    – Terciptanya ekonomi indonesia yang stabil, dan tingginya rata-rata pendapatan penduduk indonesia sehingga indonesia tergolong sbg negara asia yg maju

    Sebenarnya setiap pemerintahan pasti punya kekurangan dan kelebihan. Tapi menurut saya baik soekarno ataupun soeharto sudah melakukan apa yang terbaik yg mereka bisa demi negara Indonesia

  24. assalamu’alaikum wr.wb

    menurut saya…

    Sukarno,,

    Sukarno berani keluar dari PBB karena tidak menerina keputusan PBB dalam pengangkatan Malaysia sabagai Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.

    Selama Bung Karno menjadi persiden, beliau tidak bergantung pada blok timur maupun blok barat. Beliau akan berpihak ke Uni Soviet jika Amerika tidak mau membantu Indonesia dan akan berpihak ke Amerika jika Uni Soviet tidak mau membantu. Jadi seperti mainin atau tarik – ulur Amerika dan Uni Soviet deh..

    Melakukan politik mercusuar untuk mengangkat nama baik Indonesia di mata dunia.

    Pada masa kekuasaannya, Indonesia berhasil memperoleh bangunan – bangunan yang megah seperti Glora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Sarina dan lainnya dengan bantuan dari Uni Soviet. Padahal saat itu Uni Soviet belum mempunyai arena olahraga sebesar Gelora Bung Karno.

    Kekuatan militer Indonesia yang tangguh membuat Indonesia dikenal sebagai”Macan Asia”. Angkatan udara Indonesia bahkan lima besar terbaik di dunia.

    Suharto,,

    Suharto berhasil menggantikan Sukarno sebagai persiden. Karena itu bukanlah hal yang sulit, apalagi bangsa Indonesia cukup fanatik terhadap Bung Karno. Bahkan orang asing yang melihat seseorang menggunakan peci dianggap Sukarno. Ini adalah bukti bahwa Bung Karno sangat dikagumi dan sangat terpandang.

    Suharto berhasil menjadi presiden selama 32 tahun. Karena untuk memegang kekuasaan tertinggi disuatu negara membutuhkan tim dan usaha yang baik.

    Memijam dana asing. Karena tidak mudah untuk membuat suatu lembaga atau negara untuk memberikan dana yang cukup besar. Selain itu dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut.

    Suharto membuat REPELITA, sehingga pemerintahan di Indonesia menjadi terarah.

    Suharto dikenal sebagai “Bapak Pembangunan”. Tanpa beliau, Indonesia khususnya Jakarta, akan mempunyai berbagai bangunan dan fasilitas negara seperti sekarang ini.

    Suharto dapat membuat perekonomian di Indonesia stabil.

    Penyederhanaan partai. Hal itu membuat masyarakan lebih mudah memilih yang terbaik diantara 2 parpol dan GOLKAR. Walaupun pegawai negeri hanya bisa memilih GOLKAR, tapi itu adalah cara agar beliau bertahan.

    maap kalo ada kurang atau salah yaa….

    deby_XII ia 3

  25. Yang menarik dari pemerintahan sukarno:
    Indonesia berhasil menjadi negara yang terkenal dan disegani di mata dunia. Kekuatan militer indonesia pun menjadi salah satu kekuatan yang disegani oleh negara lain. Adanya NASAKOM yaitu nasinalis agama komunis.

    Yang menarik dari pemerintahan suharto:
    Perekoomisn Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Indonesia berhasil melaksanakan swasembada pangan. Walaupun perekonomian tumbuh pesat, korupsi merajalela dan indonesia mengalami krisis ekonomi.

  26. Menurut saya

    yang menarik dari pemerintahan sukarno adalah :
    .Indonesia menjadi negara yang disegani di mata dunia
    .Indonesia tidak bergantung dengan blok barat maupun blok timur
    . Sukarno berhasil membangun gelora sukarno yang dahulu merupakan gelora olahraga yang terbesar di Asia. Dan bung karno pun membangun monumen nasional yang sekarang menjadi ciri khas Indnonesia.
    .Kekuatan militer Indonesia menjadi kuat walaupun untuk membeli peralatan militer tersebut indonesia harus berhutang terhadap negara Uni sovyet.

    yang menarik dari pemerintahan suharto:
    . Presiden suharto menggunakan Abri dan Golkar sebagai Kekeuatannya. ABRI memiliki dua fungsi. saat pemilu pegawai negri diperintahkan untuk memilih golkar,sehingga tak heran jika dia dapa terpilih menjadi presiden selama 32 tahun.
    . Ekonomi saat pemerintahan presiden suharto,pada awalnya perekonomian Indonesia berkembang pesat,bahkan Indonesia sempat menjadi swasembada pangan. Namun karena banyaknya yang melakukan korupsi dan hutang Indonesia yang begitu banyak, Indonesianya pun mengalami krisis ekonomi.

    Sekian dari saya.

    Terima kasih

    Danty.

  27. Menurut saya

    Yang Menarik dari pemerintahan presiden Sukarno adalah :
    . sukarno berani menyatakan pendapatnya ke dunia. contohnya : Indonesia berani keluar dari PBB karena tidak menerima keputusan PBB dalam pengangkatan Malaysia sabagai Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.

    .Indonesia tidak bergantung pada blok timur maupun blok barat.

    .politik mercusuar untuk mengangkat nama baik Indonesia di mata dunia,walaupun sebenarnya kedaan dalam negri Indonesia tidak baik.

    . Indonesia memiliki bangunan2 megah seperti gelora bung karno(yang dahulu adalah sarana olahraga terbesar di asia),Pusat perbelanjaan Sarina,Mesjid Istiqlal dan monumen nasional.

    .Kekuatan militer Indonesia sangat kuat membuat Indonesia dikenal sebagai Macan Asia . Angkatan udara Indonesia bahkan lima besar terbaik di dunia,Walau pun untuk membeli peralatan Militer tersebut Indonesia harus berhutang Terhadap negara uni soviet.

    Yng Menarik dari Pemerintahan Suharto adalah :
    . Suharto dapat menduduki kursi presiden selama 32 tahun. hal ini dikarenakan pegawai negri hanya diperbolehkan memilih partai golkar dan adanya dwifungsi ABRI.
    .Keadaan ekonomi Indonesia berkembang pesat diawalnyabahkan Indonesia menjadi pernah swasembada pangan. tetapi karena banyaknya yang melakukan Korupsi dan hutang Indonesia yang sangat banyak,Indonesia pun mengalami krisis ekonomi.

  28. Assalamualaikum.Wr.Wb

    menurut saya,,

    hal yang menarik dari pemerintahan Ir. Soekarno:

    1. Soekarno dapat memulihkan keadaan politik dan ekonomi Indonesia yang tidak stabil, setelah memproklamasikan kemerdekaannya.
    2. Soekarno menjalankan politik mercusuar yang membuat citra Indonesia baik di mata dunia.
    3. Menjadikan Indonesia sebagai anggota PBB. Namun, beliau mampu mengambil sikap untuk keluar dari PBB, karena Malaysia diangkat menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB ketika Indonesia melakukan konfrontasi dengan Malaysia.
    4. Soekarno berani menasionalisasikan perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia.
    5. Beliau memiliki obsesi untuk menjadikan Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand menjadi satu negara di bawah kepemimpinannya.
    6. Beliau membangun beberapa bangunan megah di Indonesia seperti masjid Istiqlal yang menjadi masjid termegah di asia tenggara, monumen nasional, pusat perbelanjaan sarinah dan stadion gelora bung karno yang menjadi stadion termegah saat itu. (kalo gak salah ya pak)
    7. keamanan indonesia menjadi 3 terbaik di Indonesia.

    hal yang menarik dari pemerintahan Soeharto:

    1. berhasil menstabilkan keadaan Indonesia setelah adanya peristiwa G 30S.
    2. menjadi salah satu pendiri ASEAN.
    3. menjalin kerjasama internasional dengan negara lain, seperti OPEC, CGI, dll.
    4. Pertumbuhan ekonomi Indonesia berkembang pesat.
    5. menjalankan politik luar negri Indonesia yang bebas aktif.
    6. menjalankan kebijakan PELITA.
    7. menjalankan kebijakan swasembada pangan.

    cukup sekian ya pak maaf-maaf pak kalo ada yang salah.
    makasih…..

    Wassalamualaikum.Wr.Wb

  29. Assalamualaikum.Wr.Wb

    menurut saya,,

    pemerintahan Ir. Soekarno:
    Beliau adalah presiden pertama Indonesia. Beliau mempunyai jiwa pemimpin yang rela membela dan memperjuangkan rakyat dan negaranya, sampai pada titik darah penghabisan. Berkat kepemimpinannya, bangsa Indonesia dipandang baik oleh bangsa lain,dengan cara beliau membangun beberapa bangunan megah di Indonesia.Diantaranya, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional, Stadion Gelora Bung Karno.Selain itu, beliau menjalankan politik mercusuar dan Soekarno berani keluar dari keanggotaan PBB untuk menyatakan sikapnya atas pengangkatan Malaysia sebagai Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.

    Pada pemerintahan Soeharto:
    Pada masa Orde Baru,Soeharto banyak melakukan pembangunan-pembangunan yamg membuat perekonomian Indonesia membaik. Padahal dana pembangunan tersebut banyak berasal dari pinjaman luar negeri. Namun ternyata pilihan tersebut ternyata berakibat buruk bagi masyarakat Indonesia ke depan. Akhirnya indonesia mengalami krisis yang berkepanjangan dan rakyatlah yang menaggung resikonya sampai sekarang.

    sekian dari saya,,
    trima kasih

    Wassalamualaikum.Wr.Wb.

  30. Soekarno

    Ia adalah presiden pertama yang ada di indonesia . Tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 bersama Hatta ia enjalankan roda pemerintahan .
    Indonesia berani keluar dari PBB karena tidak menerima keputusan PBB dalam pengangkatan Malaysia sabagai Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.
    Beliau sempat dikenal sebagai selebritis politisi internasional pada masanya karena sifat terbuka dan demokratiknya.
    Menurut saya politik mercusuarnya njuga menarik karena hal tersebut membuat Indonasia tambak bersinar berkembang, walaupun sebenarnya bobrok pada kesejahteraan rakyatnya.

    soeharto

    Pada masa ini, ekonomi Indonesia berkembang pesat. namun kejayaan itu hanya bertahan selama 3 dekade. Korupsi pun mulai merajalela di indonesia.Berkas yang masih tersisa dari orde baru pada saat ini ialah “HUTANG”.
    berhasil menstabilkan keadaan Indonesia setelah adanya peristiwa G 30S.

  31. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maaf Pak baru ngerjain sekarang…
    Menurut saya yang menarik dari pemerintahan soekarno yaitu beliau memiliki jiwa nasionalis. Beliau juga telah membangun monas, stadion gelora bung karno, masjid istiqlal. Padahal dulu bangunan-bangunan tersebut bisa dibilang sangat megah dan mewah. Politik mercusuarnya itu sebenarnya memiliki tujuan yang bagus yang menginginkan agar Indonesia menjadi baik di mata negara lain namun dengan politik mercusuarnya itu Indonesia memiliki banyak hutang dimana-mana.

    menurut saya yang menarik dari pemerintahan soeharto adalah revolusi hijau yang merupakan upaya untuk meningkatkan produksi pertanian mencapai perkembangan pada orde baru. Hasil pertanian Indonesia mengalami peningkatan. Terbukti dengan produksi beras yang memiliki kenaikan pada tahun 1980. Dan juga hasil tanaman perkebunan juga mengalami peningkatan. Namun pada orde baru saya tidak menyukai kesenjangan social yang semakin melebar dan terlalu banyak korupsi.

  32. menurut saya soekarno pemerintahannya lebih mementingkan bangsanya menjadi unggul dimata masyarakat dunia,contohnya beliau mendirikan banyak bangunan mewah di indonesia padahal masih banyak rakyat2 yang hidup dibawah garis kemiskinan politik soekarno tersebut dikenal dengan nama politik mercusuar.
    sedangkan soeharto lebih mementingkan masalah ekonomi,dengan salah satu jalannya mengangkat banyak ahli ekonomi yang dikenal dengan mafia berkeley,hasilnya indonesia berhasil dalam ekonominya seperti swasembada beras dan soeharto berhasil menjalankan program KB.
    Jadi menurut saya soeharto lebih bagus…
    Sekian pak

  33. Pada masa pemerintahan Soekarno Indonesia ingin terlihat makmur oleh dunia tanpa bantuan dari negara lain hal itu sangat menarik karena bangsa Indonesia saat itu baru saja merdeka. Pada masa pemerintahan Soekarno kekuatan militer Indonesia menduduki urutan ke 5 Asia itu di sebabkan karena Indonesia membeli peralatan perang dari Rusia. Soekarno juga membuat poros jakarta peking yang lebih condong ke negara komunis tanpa meminta bantuan dari negara lain.

    Pada masa Soeharto Indonesia meninggalkan sistem yang di buat oleh Soekarno dan lebih mengandalkan pinjaman luar negeri, tapi dari hasil pinjaman itu Indonesia terlihat mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi, dan swasembada pangan. Hal ini di buktikan dimana indonesia merupakan salah satu pengekspor beras terbesar di Asia. Dalam bidang ekonomi Indonesia memiliki GNP yang dapat di kategorikan termasuk kelas menengah ke atas. Namun di balik itu semua hasil-hasil yang di capai itu berdasarkan atas pinjaman luar negeri yang di bebankan ke APBN. Tapi kita juga harus berbangga karena Indonesia dapat kembali di kenal oleh dunia

  34. pak didi, maaf saya ikutan ya….. klo menurut saya dijaman BK RI masih labil baik dari segi ekonomi dan keamanan. namun, BK sanggup membangunnya tanpa bantuan asing bahkan tawaran AS pun ditolak. di jaman soeharto walau stabil tp bobrok didalam.apa artinya rumah mewah tapi didalamnya penuh penderitaan dan kesengsaraan. korupsi menjadi nilai minus bagi rapor soeharto. makasih

  35. Perbedaan yang nyata antara Soekarno dan Soeharto adalah pada bagaimana negara ini memiliki kedaulatan.
    Di zaman Soekarno, meski kita dirundung kemiskinan dan ketidakstabilan di pelbagai bidang kehidupan (politik, sosial, ekonomi), namun pantang bagi bangsa yang baru saja merdeka ini mengemis kepada negara-negara lain. Bangsa ini diajak untuk terus berdiri di atas kaki sendiri. Berdikari. Harga diri bangsa dan negara ini dijaga dengan baik. Contoh nyata akan itu adalah bagaimana gigihnya Bung Karno menolak “bantuan” dari asing. Go to hell with your aid, adalah jargon beliau di dalam menjaga harga diri bangsa dan negara ini.
    Logika yang dipakai adalah bangsa ini memiliki potensi kekayaan yang besar, mulai dari sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya. Jika sudah terpenuhi demikian, kan tidak alasan untuk berhutang dengan kedok bantuan itu tadi. Bangsa ini hanya perlu mengelola kekayaan tersebut agar bisa dimanfaatkan dengan baik kepada seluruh komponen bangsa ini.
    Sayangnya, di tengah upaya tersebut, Soekarno dijungkalkan oleh “murid kesayangannya nan durhaka”, Soeharto. Akibat tergodanya Soeharto terhadap kekuasaan dan jabatan, serta ketidaksabarannya di dalam perjalanan suksesi nasional, dia pun berulah. Bekerja sama dengan asing (CIA), dan menjadikan PKI sebagai sarana untuk naik tahta. Sikap pengecut yang tidak pantas disandang oleh seorang jenderal besar.
    Kenyataannya adalah, pasca-tergulingnya Soeharto, kita dibebani hutang yang hampir-hampir tidak kita nikmati, karena dinikmati oleh segelintir orang yang berada di dalam lingkar kekuasaan Soeharto. Kita juga dibebani semua permasalahan hidup yang diperkirakan tidak akan terentaskan hingga turunan ke tujuh.
    Inilah bedanya. Soekarno yang tengah mempersiapkan arah perjalanan bangsa dan negara ini, mewariskan hutang yang kecil dikarenakan ulah asing dan kroninya, Soeharto. Sedangkan, Soeharto mewariskan hutang yang besar dikarenakan ketamakannya beserta keluarga, kroninya dan ulah asing yang sudah muak melihat “the Smilling General”. Ironis, dua orang besar Indonesia terganjal karena hutang yang berbeda penggunaannya.

  36. saya cuma mau menambah sedikit dan mungkin ada sanggahan serta sedikit koreksi. saya rasa perbedaan yg paling dasar antara soekarno dan soeharto adalah soal kewibawaan dan semangat membela rakyat. karena itulah soekarno menolak bantuan AS ia takut jangan sampai rakyat terbebani dengan adanya bantuan itu. ia tidak ingin AS mengacak-acak rakyat yg masih labil dengan kedok kemanusiaannya. ini yg tdk dimiliki soeharto. ia “rajin” menerima bantuan tapi tdk pernah sampai ke tangan rakyat. hasilnya AS bebas merambah tanah rakyat kita. protes rakyat tdk didengar. itu bedanya.

  37. Soekarno
    Pada jaman awal kemerdekaan Pemerintahannya banyak digoncang pemberontakan-2 didalam negeri maupun diluar negeri terhadap masih tidak puasnya terjadinya kemerdekaan Indonesia termasuk Belanda Inggris dan Amerika (negara-2 Kapitalis dan Imperalis)
    didalam negeri kaum-2 garis keras seperti Karto Suwiryo, Kahar Muzakar, PRRI Permesta, dll sampai membebaskan Irian Barat yang masih dikukung oleh Belanda dan antek-2nya tahun 1962. Terjadi penggantian kabinet juga banyak terjadi dimasa itu, tetapi sungguh luar biasa kehebatan pemimpin-2 bangsa saat itu yaitu masih banyak mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, kebangsaannya sangat kuat melekat pada pribadi-2 mereka, dan semua tidak terlepas dari pribadi PEMIMPIM BESAR REVOLUSI BUNG KARNO yang selalu mendengungkan arti persatuan dan kesatuan diantara banyak kepentingan-2 kelompok dan golongan hal itu tercermin dari orang-2 yang duduk di pemerintahan terdiri dari banyak golongan termasuk agama, ras dan suku bangsa. Tentang ekonomi adalah kerakyatan yaitu BERDIKARI (BERDIRI DIATAS KAKI SENDIRI). Musuh-2 politiknya (dalam dan luar negeri) tidak henti-2nyanya ingin menyingkirkannya dan tidak mau Indonesia menjadi negara hebat. Prestasi Indonesia saat itu adalah macan asia. segala bidang olah raga no. 1 di asia tenggara termasuk Sepak bolanya dan bahkan bulutangkis no. 1 di dunia (Malaysia dan China belum ada apa-2nya) Angkatan lautnya no. 1 di asia tenggara dengan adanya KRI Irian Kapal penjelajah terbesar yang pernah dimiliki Indonesia bahkan sampai saat inipun belum ada negara di asia tenggara yang memiliki kapal penjelajah sejenis ini (besarnya hampir menyamai Kapal Induk) Banyak gedung-2 yang saat inipun masih aktif dipakai dan masih menjadi kebanggaan bangsa adalah peninggalan pemerintahan BUNG KARNO.

    Suharto
    Pemerintah yang dibentuknya adalah hasil dari kudeta merangkak dan pengkhianatannya terhadap PEMIMPIN BESAR REVOLUSI serta RAKYAT INDONESIA. Dia bersama kroni-2nyanya termasuk Nasution, Adam malik, dll adalah pion-2 Amerika (antek Inperalis)
    Berapapun biaya penggulingan terhadap BUNG KARNO saat itu diguyurkan oleh Amerika. dasar negara Kapitalis semua itu tidak Gratis/ ada bayarannya salah satunya ekploitasi tambang Freeport sampai saat ini dan entah sampai kapan.
    Malas membahas Suharto Karena penghianatannya terhadap Pancasila sehingga hasilnya KORUPTOR-2, KKN DISEGALA BIDANG, PEMUTAR BALIKAN FAKTA SEJARAH, PEMBUNUHAN MASSAL, JURANG PEMISAH YANG JAUH ANTARA SIKAYA DAN SIMISKIN, KONGLOMERAT-2 KOTOR, GEDUNG-2 BANGUNAN MENJULANG TINGGI MILIK ASING, UTANG YANG LEBIH DARI 300 TRILYUN, DLL YANG KOTOR MUNAFIK, DAN SEMU, SEGALA SEGI KEHIDUPAN BERBANGSA DIRUSAK. prestasi???? apa kebanggaannya ??? REPELITA ??? swasembada beras??? Olah Raga??? LUCU SEMUANYA SEMU DAN HASIL NYOLONG TAHU???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s