kebebasan

Setiap manusia punya hak untuk mengekspresikan diri, terlepas apakah hal itu pantas atau tidak. Atas nama kebebasan, maka dilarang melarang! manusia bebas berteriak, berlari entah dalam daerah kuasanya maupun daerah publik.

Dengan kata lain, sesungguhnya manusia pada teoritisnya adalah makhluk yang maha-bebas.

Namun, kebebasan yang dipikirkan sejauh pikiran di atas sejauh ini tidak pernah ada. kebebasan hanyalah sebuah ilusi yang menyelinap dalam pikiran dan membangkitkan ego hasrat ke-aku-an yang tidak pernah berakhir. Bukankah pada hal tertentu, kebebasan adalah sesuatu yang terbatas. Kebebasan dibatasi oleh hak individu-per-individu. Dengan bahasa lain, ada perbenturan kebebasan yang mengharuskan seseorang menyerahkan kebebasannya pada orang lain.

Sangat wajar, ketika Sartre, sang filsuf perancis memberi peringatan dini kepada kita agar melihat orang lain sebagai neraka. Neraka, karena oranglain membuat kita terbatas dan mengubur kita dalam impian kosong kebebasan.

Sejauh kita melihat orang lain, maka sejauh itu pula tidak ada kebebasan. kebebasan harus tunduk dibawah hukum moral dengan penghormatan hak kehormatan oranglain. itulah  kebebasan yang sungguh kita dapatkan hari ini dan hari esok.

 Jadi, masih pantaskan kita berteriak meminta kebebasan yang absurd!

Sesekali, mungkin patut pula kita meniru kisah narcissus. narcissus adalah seorang yang mengagumi dirinya ketika ia bercermin diatas air, sehingga ia jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Saat jatuh cinta itulah, ia tidak melihat alternatif lain yang patut ia cintai selain dirinya sendiri. Dan kelak, iapun mati jatuh kedalam air dalam kekaguman yang tiada bertepi. Pada akhirnya, kecintaan diripun dikorbankan kepada air sebagai cermin yang pecah. Sebagai kotak pandora yang membuka bencana pada sesuatu rahasia.

Masihkan berfikir akan kebebasan (dan ke-aku-an)?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s