Asal Usul “Uncle Sam”

Tidak semua orang mengetahui darimana nama “Uncle Sam” yang menandai ikon Negara Amerika Serikat muncul, bahkan banyak orang yang membuat dugaan-dugaan aneh mengenai makna di balik “Uncle Sam”.

Salah satu informasi di internet dan majalah islam malah menyebutkan bahwa istilah “Uncle Sam” berasal dari Sam anak dari Nabi Nuh yang mendustakan ajakan ayahnya. Lebih lucu lagi ada yang menghubungkan antara “Uncle Sam” dengan Samiri, yang notabenenya adalah pencipta penyembahan terhadap sapi dalam cerita Nabi Musa As.

Saya kira, asumsi ini kelewat berlebihan dan kurang sesuai dengan fakta histories. Pengagum teori ini hanyalah orang-orang yang mempercayai teori konspirasi dengan menghubungkan setiap perubahan atau peristiwa dengan komunitas tertentu yang dianggap amat dominan dan berkuasa serta juga dianggap kelompok yang menyimpang dari ajaran ketauhidan islam (Yahudi). Hanya karena di Amerika Serikat memiliki komunitas yahudi yang dominant, maka kita dengan serius menghubungkan setiap hal yang berhubungan dengan Amerika Serikat dengan yahudi atau freemasonry.

Dalam perspektif historis, maka istilah “Uncle Sam” bukanlah berasal dari kecurigaan di atas. Bahkan narasinya jauh berbeda dan lebih didasarkan kecelakaan memberi istilah dalam sejarah. Istilah “Uncle Sam” sesungguhnya berasal dari nama Samuel Wilson, seorang tukang bungkus daging dari Troy, New York. Samuel Wilson lahir di Arlington (dikenal sebagai Menotomy pada saat tu), Massachusetts, untuk orang tua berasal dari Greenock, Skotlandia. Untuk menandai lokasi dekat tempat kelahirannya. Dibuatlah monumen uncle sam yang terdapat patungnya. Sebagai seorang anak, ia pindah bersama keluarganya ke Mason, New Hampshire. Pada tahun 1789, Samuel dan saudaranya Ebeneezer pindah ke Troy, di mana mereka terjun ke dunia usaha. Tahun 1797, Samuel menikah Betsey Mann dari Mason dan membawanya kembali ke Troy dengan dia. Mereka memiliki empat anak dan tinggal di sebuah rumah di Ferry Street. Samuel Wilson meninggal pada usia 87 pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy.

Adapun istilah “Uncle Sam” berasal dari peristiwa perang 1812. Pada saat Perang 1812, Samuel Wilson, seorang pembungkus daging memperoleh kontrak untuk memasok daging untuk Angkatan Darat dalam Perang sipil di utara. Daging yang dikirim kemudian dikemas dalam tong dan menjadi milik lembaga pemerintah, sehingga diberi identitas inisial “US”. Saat menerima pasokan daging tersebut, muncul lelucon dikalangan tentara bahwa inisial tersebut adalah kepanjangan dari “Uncle Sam”, yang memasok produk bukan United States. Dari waktu ke waktu, diyakini, apa pun yang ditandai dengan inisial yang sama (milik Angkatan Darat sebanyak itu) juga menjadi dikaitkan dengan namanya. Sejak saat itulah United States menjadi identik dengan Uncle Sam. Istilah ini semakin dikenal ketika dalam Perang Dunia I (1914-1918) seorang ilustrator dan designer poster Amerika bernama “James Montgomery” mengadopsi nama Uncle Sam dan mengadaptasinya menjadi sebuah propaganda ke dalam sebuah poster berwujud kartun. Sosok Uncle Sam digambarkan memiliki jangggut pendek,topi panjang ala tukang sulap dengan gambar bintang di tengah topinya sambil memakai jas berekor ala conductor musik classic lalu lalu tangannya menunjuk dengan tulisan dibawahnya “I Want You” . Maka lengkaplah asosiasi ”Uncle Sam” sebagai simbol Amerika Serikat.

Dengan demikian, maka istilah ”Uncle Sam” sama sekali tidak bernuansa ideologis. Melainkan istilah tersebut, hanyalah sebuah istilah biasa, sama seperti istilah kota banyuwangi dan sebagainya. Terkadang kita terlalu memikirkan hal yang rumit dan global, padahal banyak hal yang terjadi di atas muka bumi ini terjadi karena hal-hal yang sepele dan kecil.

Guru saya, sejarawan senior, RZ Leirissa pernah berkelakar bahwa sebab penjajahan belanda di Indonesia adalah hal sepele, yaitu karena Ibu-ibu. Hal ini karena ibu-ibu di Eropa membutuhkan rempah-rempah untuk mengawetkan bahan makanan, karena suhu di Eropa yang ekstrim. Untuk itulah, untuk memenuhi keperluan ibu-ibu, para laki-laki mereka pergi berlayar mencari rempah-rempah hingga sampai di nusantara (indonesia), dan karena mereka merasa nyaman di Indonesia lama kelamaan mereka tidak mau pulang bahkan menguasai dan tinggal beranak-pinak di Indonesia.

Sungguh banyak hal-hal kecil yang luput dari perhatian kita dan justru karena hal kecil itulah dunia menjadi semakin berwarna!

37 thoughts on “Asal Usul “Uncle Sam”

  1. Saya setuju kalau ‘Uncle Sam’ ternyata berasal dari samuel wilson,tukang bungkus daging. Dan pabila ada orang yg mengaitkan dengan samiri , pendapat itu terlalu berlebihan, karena catatan sejarahnya memang begitu adanya. Tapi saya kurang setuju dengan pendapat anda bahwa banyak yang terjadi di dunia ini karena hal sepele dan kecil, terutama mengenai peperangan. Dari SMP qta tahu kedatangan orang eropa karena 3G, gold,glory,dan gospel. Tidak mungkin karena hanya tuntutan ibu-ibu, orang2 eropa begitu banyak membunuh orang dan mau menantang maut menghadapi lautan luas (walaupun itu hanya kelakar sejarawan senior). Satu hal lagi, kadang kita memandang sesuatu hanya hal spele dan kecil, tapi kadang itu juga membuat kita lalai bahwa ternyata ada sesuatu yang besar sedang menuju kita.

  2. Anda tidak setuju dengan nama paman sam diambil dari nama anaknya nabi Nuh,tapi anda setuju dengan alasan bangsa eropa menjajah indonesia…huh bodoh sekali anda..!

  3. ada juga yang bilang nama paman SAM itu dari nama SAMIRI dan SAMURI dan nama tsb aadalah nama DAJJAL… yang akan memerangi mns… dan yang MENGAJAK para MUSLIM kpd kekefiran….
    betul ga ya???

  4. yang pasri sarmili nama pak RT

    suka lebay deh apa2 dikait-kaitkan sama dajjal lah yahudi lah

    katanya islam cinta damai tapi su udon dan terlalu kritis ga jelas

    merusak citra islam yg bikin tu gossip

  5. gw br denger basahan ttg ini,kalo dipikir2 lucu jg ya sebuah negara paling berpengaruh n adidaya cuma dijuluki hanya dari nama seorang tukang bungkus daging yg dipopulerkan oleh lelucon para prajurit militer yg nyaris tidak ada kiprah or jasa2 patriotisme.slama ini gw kira Si Sam tu seorang tokoh kharismatik pejuang besar or apalah yg pernah berjasa seabrek bt membangun negara,sampe2 namanya diidentikkan sbg julukan negara.lucu n unik ya..^^

  6. dalam bahasa batak daging itu disebut jagal. jadi si paman sam (uncle sam = US) adalah si tulang pemasok jagal kata orang batak (tulang itu maksudnya paman ya..!)

  7. wah wah,.. kalau memang paman sam anaknya nabi nuh,.. trus siapa nama keponakannya itu ya?? LOL (setidaknya yg memakai teori konspirasi tau jawaban saya nih hehehehe)

    paman sam tukang jagal yah,.. gara gara paman sam nih irian jaya masih saja dijagalin ama anak cucunya paman sam😦

  8. Ping-balik: Mengunjungi American Corner (AMCO) di Universitas Tanjungpura Pontianak

  9. yang saya tau dari beberapa buku sejarah paman sam (uncle sam) itu kepanjangan dari samuel yaitu seorang pemasok daging sapi dari Amerika.
    pendapat lain tentang nama samuel yang artinya dalam bahasa Yahudi (EL) adalah TUHAN dan samu’el berarti (sebagai Tuhan) tidak menutup kemungkinan kalau sam itu = Samiri yang memang di akhir zaman dia akan mengaku sebagai Tuhan alias (dajjal)..
    Wa’allahualam.. (hanya Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu)

  10. islam2 ….knp u slalu bikin gerah….orang baik di komentari jelek….mang lu padhe turunan orang jahat,,,,padahal kita orang jawa yang jauh lbh luhur dr bangsa gurun yg bodoh

  11. ya ampun..yang beginian bikin lu pade menghina..
    namanya juga pendapat ya pasti beda2 lah, kalo orang percaya ama satu teori ya kita nggak bisa nyalahin, kita juga kan punya teori sendiri yang kita yakinin..keep peace everybody!

  12. yusminah setelah di kota berganti nama Yasmine. Sutiyem setelah jadi PRT di Jakarta berganti nama Zuyuti. Eh… siapa tahu Samiri setelah sampai Amerika, biar terdengar okey, berganti nama Samoel.

  13. Hahaa lucu lucuu trnyata uncle sam cm tukang jagal eah, kox bs jd ikon negara adidaya yg super duper ngeri itu
    Jangan2 tu tukang jagal bkn tukang jagal sembarangan tp tukang jagal pala manusia

  14. ente yang punya ne blog juga copas kan ?
    gak hidup pada zaman itu kan ?
    artinya ente juga menilai berdasarkan logika ente !
    laaaahhh.. kok bilang berlebihan itu gimana ?
    emang ada yang gak mungkin di dunia ini ?
    semua nya mungkin bro. sejarah itu bisa diputar balikan. jadi fleksibel ja dengan pendapat orang lain. karena mungkin, pendapat anda yang salah. PEACE !!!!!

  15. halo semua…ini cuma mau meluruskan aja ya…brhubung sya mahasiswa seni dri slah stu Institut seni di Indonesia, sya mau kasi penjelasan ttng siapa itu paman sam dri segi desain (penyebab utama adanya istilah paman sam),.
    Paman Sam bermula dri perang dunia pertama, seorng illustrator brnama james montgomery flagg mndpt mandat untk mmbuat poster perrekrutan army ato militer pda masa itu. krna pada masa perang dunia prtama amerika mmbutuhkan bnyak skli sukarelawan untk pergi brperang. dengan itulah james montgomery flagg membuat suatu karakter tegas brwibawa dan kuat sprti yang trgambar pda sosok Paman Sam. dan kalian pasti kaget krna sbnernya sosok paman sam yang ada di gambar itu adalah sosok dri James montgomery flagg sendiri…. gk percya? buka aja james montgomery flagg d google…hahha msalah samuel wilson, itu cuma debat kusir kok. gada yang perlu di permsalahkan ttng itu🙂 ..semoga mmbntu….

  16. Sungguh alasan dari dari seorang guru anda tentang sebab penjajahan di nusantara karena oleh ibu-ibu tidaklah ilmiah, dan terlalu dangkal. sejarah tidaklah sedangkal itu, ada hukum kausalitas tersendiri di dalamnya…!! Enak sekali bilang seperti itu… Mending ngajar stand-up comedy aja….

  17. kwakkkkk samuel wilson is uncle sammmm,..negara adidaya yg mnghargai tukang jagal mnjadi julukann utk usa,..bukankah ini kebohongan publikkk hahaha

  18. Anda hanya tau sejarah dari mulut guru sejarawan anda dan anda tidak pernah melewati masa sejarah itu dan anda dengan mudah begitu saja mempercayainya. Sungguh buodoh sekali anda. Mungkin anda tidak pernah membaca AL – QUR’AN atau anda pernah membacanya tp tidak mengetahui arti – arti dr AL – QUR’AN tsb.
    Dimana iman anda? Kalau memang anda warga negara indonesia,tentu saja saya sangat malu indonesia mempunyai warga negara seperti anda.
    GO TO HELL!

  19. Uncle sam adalah keturunan dajjal dr suku yahudi juga….Dah jelas dia lahir di Mason…..dan sekarang gerakan dajjal adalah iluminati dan FreeMason….jd berkemungkinan besar dia adalah Samiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s